Lainnya

Ragam Pakan / Makanan Terbaik untuk Kenari Gacor Lengkap

Makanan / Pakan untuk kenari memang cukup mudah di dapatkan seperti kenari seed maupun millet. Burung kenari memang memiliki penampilan yang rupawan, sehingga tidak aneh jika banyak masyarakat menyukai jenis burung yang satu ini. Untuk memaksimalkan penampilan serta kualitas si burung, tentunya pakan terbaik wajib diberikan salah satunya berbagai biji-bijian terbaik/unggulan untuk burung kenari.

Ada banyak pakan dan jenis biji-bijian yang dapat dijadikan pakan burung kenari dengan berbagai kandungan di dalamnya. Untuk informasi lebih jelasnya silahkan anda baca artikel di bawah ini sampai habis.

Pakan Burung Kenari

Ada cukup banyak ragam makanan / pakan yang bisa anda berikan untuk burung kenari muali dari biji bijian, sayuran, buah buahan bahkan anda juga bisa memberikan terlur matang pada burung kenari. Semua akan di bahas lengkap disni. untuk yang pertama Ada banyak jenis biji-bijian di dunia ini, namun berikut ini merupakan list biji-bijian terbaik yang baik diberikan kepada burung kenari kesayangan Anda.

Biji-bijian (source: google image)


Ragam Biji-bijian untuk Pakan Kenari

Kenari Seed / Biji Kenari

atau dalam bahasa Indonesia “biji kenari”, memiliki ukuruan sebesar biji beras bentuknya sendiri gepeng dengan bagian ujungnya berbentuk agak runcing. Bagian kulit biji kenari ini licin dan juga keras, namun sangat mudah untuk terlepas. Pilihlah biji kenari dengan kualitas terbaik, yakni biji kenari yang tua, kering namun bersih, tidak berbau, dan berwarna kuning muda mengkilat. Jangan memilih biji kenari yang lunak dan berwarna putih, karena biji-bijian yang satu ini tidak baik untuk burung kenari kesayangan Anda.

biji kenari atau kenari seed

biji kenari atau kenari seed

Untuk rasanya sendiri, biji kenari ini memiliki rasa yang gurih dan juga enak sehingga menjadi salah satu pakan kegemaran kenari. Untuk masalah nutrisi, dalam biji kenari terdapat 14,4% protein, 6,4% lemak, dan 5,3% hidrat arang.

Millet / Gierst / Panicum Miliaceum

millet untuk kenari

millet untuk kenari

merupakan salah satu biji-bijian yang cocok dijadikan pakan kenari dengan tujuan untuk menggemukan kenari yang kurus serta kurang sehat, sebab di dalam biji yang berwarna putih (ada pula yang berwarna coklat) ini terkandung 11,3% protein, 4,2% lemak, dan 60,5% hidrat arang di dalamnya.

Biji Sawi / Brassica Rugosa

biji sawi untuk kenari

biji sawi untuk kenari

adalah biji dari sawi, memiliki warna hitam dan berbentuk bundar dengan besar sama dengan biji jewwawut. Pada bagian kulitnya tipis dan juga sulit untuk dikupas, rasanya sendiri agak pahit namun memiliki khasiat yang sangat baik karena jenis biji-bijian yang satu ini mengandung vit. A yang melimpah.

Jewawut 

dikenal dengan kunyit/otek, memiliki kandungan 9,8% protein, 75% hidrat karang, serta kandungan zat kapur yang cukup besar yang tentunya sangat dibutuhkan oleh burung utamanya saat bertelur dan juga sangat baik untuk memperkuat tubuh kenari. Bagian kulit bijinya sangat keras, oleh karenanya kenari yang masih muda akan kesulitan memakannya, namun hal ini dapat diakali dengan mengupas kulit kemudian menumbuknya sebelum diberikan sebagai pakan kenari muda.

Biji Selada

biji selada

biji selada (sumber : https://ag.purdue.edu )

merupakan biji dari pohon selada, memiliki warna hitam serta bentuknya yang kecil gepeng agak memanjang. Biji Selada ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh burung kenari, terutama karena khasiatnya yang dapat membuat bulu burung menjadi kehijauan.

Biji Lobak / Raphanus Satipas

merupakan jenis bijian yang berasal dari lobak, berwarna merah coklat dengan kulit tipis dan juga mudah untuk dikupas. Untuk rasanya sendiri pahit pedas serta mengandung banyak minyak, bijian yang satu ini sangat digemari oleh burung kenari. Bijian yang satu ini sangat cocok untuk kenari muda karena mudah untuk dicerna, selain itu kenari yang tengah meloloh anaknya juga sangat cocok diberi pakan ini.

Linseed / Linjsaad / Linim Usitatissimum

merupakan jenis bijian dengan kadnungan 21,9% proteunm 34,6% lemak, serta 24,6% hidrat arang, bisa dijadikan sebagai pakan kenari sewaktu-waktu saja (utamanya saat musim hujan atau ketika keadaan udara sangat dingin).

Haver / Avena Sativa

merupakan sejenis tumbuhan jewawut dengan kandungan 11,3% protein, 5,6% lemak, dan 56,9% hidrat arang, bagian kulitnya keras sehingga pakan ini lebih cocok diberikan untuk kenari dewasa agar ujung paruh yang terlalu runcing dapat ditumpulkan. Bisa juga dikupaskan kemudian ditumbuk dan diberikan kepada kenari agar mudah dicerna, selain itu bijian yang satu ini dapat dijadikan obat sakit perut di burung.

Ragam Sayruan Untuk Makanan Kenari

Gambas / Oyong

gambas atau oyong

gambas atau oyong

Ketika burung kenari jadi malas bunyi / kegemukan. [akan tambahan ini cukup efektif untuk menangani kedua hal tersebut secara bersamaan. Pernah ketika saya memilihara burung kenari yang sudah gacor jadi agak malas bunyi setelah mabung / ganti bulu dan saya cek ternyata kenari tersebut “Terlalu Gemuk” kemudian saya coba untuk memberikan gambas / oyong ini dan tidak butuh waktu yang lama. Kenari yang awalnya agak malas bunyi setelah di beri gambas / oyong jadi lebih gacor.

Jagung Muda

salah satu pakan yang bisa anda berikan kepada burung kenari adalah jagung muda. Biasanya jagung muda di berikan pada burung kenari ketika burung kenari tampak memiliki bulu yang kusam.

Sawi

Sawi merupakan salah satu pakan tambahan untuk burung kenari yang cukup sering di berikan oleh para kicaumania. di kutip dari seperti yang sudah ditulis di burungmaster.com, daun sawi mengandung cukup banyak antioksidan. hal ini cukup bermanfaat untuk menjaga kesehatan burung kenari yang anda miliki.

Mentimun

mentimun juga merupakan salah satu pakan yang cukup baik untuk burung kenari. Terlebih lagi jika kenari yang anda miliki terlihat kegemukan. anda bisa memberikan mentimun setiap hari dan mengurangi pemberian porsi biji-bijian dan lebih sering menjemur burung kenari tersebut.

Ragam Pakan Lainnya

Telur Puyuh

telur puyuh untuk kenari

telur puyuh untuk kenari

telur puyuh juga merupakan salah satu pakan tambahan yang baik untuk burung kenari. Terllebih lagi jika kenari yang anda miliki memiliki tubuh yang terlalu kurus. akan tetapi jika burung kenari yang anda miliki sudah memiliki tubuh yang ideal saya sarankan agar tidak terlalu sering memberikan telur puyuh ini. Dikhawatirkan nanti burung kenari yang anda miliki malah jadi kegemukan dan jadi malas bunyi.

Pakan Bahaya / Dilarang

Fumayin / Hemp seed

BIji fumayin

BIji fumayin sumber :bibitbunga.com

walaupun menurut banyak yang mengatakan jika biji fumayin ini cukup bermanfaat bagi burung kenari. Akan tetapi perlu anda ketahui jika biji fumayin ternyata termasuk dalam kategori ganja karena di dalamnya terkandung candu. Berdasarkan informasi dari omkicau biji fumayin ini termasuk narkotika golongan 1 (UU Narkotika 2009). Sehingga sangat saya sarankan untuk tidak menggunakan / membeli / memperjualbelikan biji-bijian ini.

Jenis Burung Kenari Lengkap

 

Referensi :

forum kicaumania, omkicau, burungmaster dan google

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top