Penjelasan Kenari F1, F2, F3, AF, Yorkshire, Import Lengkap dengan Gambar

Burung Kenari Ada beberapa istilah janggal yang masih belum difahami oleh banyak orang yang menggemari kenari, seperti misalnya istilah kenari AF, F1, F2, F3, dan lainnya. Pada dasarnya, istilah F1, F2, F3, dan lainnya merupakan istilah yang digunakan pada keturunan kenari dari hasil persilangan yang dilakukan guna menghasilkan jenis kenari baru dengan kualitas yang diinginkan.

Kenari menjadi salah satu jenis burung kicau yang banyak disukai oleh para pecinta burung kicauan, meski tidak sepopuler burung Murai Batu atau jenis lainnya yang nilainya lebih tinggi, namun burung yang satu memiliki peminat yang tidak kalah banyak. Burung kenari memang menjadi pilihan terbaik sebagai salah satu burung kicauan, dengan penampilan yang indah dan suara merdu yang enak didengar.

Meski begitu, istilah seperti ini juga digunakan pada keturunan dari jenis persilangan hewan lainnya dan bukan hanya untuk jenis burung kenari saja. Oleh karenanya, pengertian mengenai berbagai istilah ini sebenarnya sudah umum dan dapat diterapkan untuk berbagai jenis binatang lainnya. Nah, tanpa adanya basa basi lagi berikut akan dijelaskan mengenai berbagai istilah yang ada dalam dunia kenari ataupun binatang dari hasil persilangan.

ISTILAH DALAM KENARI

Ada banyak istilah yang seringkali digunakan dalam dunia kenari, mulai dari P1, F1, F2, F3, dan sebagainya, untuk lebih jelasnya silahkan disimak penjelasan berikut ini.

Kenari YorkShire

Kenari yorkshire (source: binatangpeliharaan.org)

Kenari Yorkshire atau biasa disebut Kenari YS merupakan sebutan untuk kenari impor yang berasal dari Negara Inggris. Biasanya kenari yang satu ini dijadikan sebagai indukan pertama (Parental 1/P1) sebab dinilai memiliki postur tubuh yang baik dan warna yang cantik.

Kenari Lokal

Kenari Lokal (sumber burungmaster.com)

merupakan sebutan untuk jenis kenari yang berasal dari Negara Indonesia yang telah lama dikembangbiakan oleh masyarakat. Tentunya istilah yang satu ini sudah banyak dikenal dan diketahui oleh setiap orang/masyarakat Indonesia umumnya.

Kenari Loper / Lokas Super

Kenari Lokal super

Kenari Lokal super (sumber : tokopedia.com)

adalah jenis kenari yang dihasilkan dari persilangan yang dilakukan antara kenari AF dengan kenari lokal (Indonesia). pada umumnya burung kenari lokal memiliki tubuh yang lebih besar jika di bandingkan dengan kenari lokal biasa. Akan tetapi dari segi bentuk paruh dan kepala masih cukup mirip dengan kenari lokal biasa.

Kenari Impor

Gambar Belum Tersedia

Merupakan sebuah istilah untuk kenari yang berasal dari luar negeri yang masuk ke Indonesia atau dengan kata lain kenari impor, misalnya saja seperti kenari Norwegia, Kenari Norwich, Kenari YorkShire, dan masih banyak lagi. Burung kenari import memang memiliki banyak jenis dan setiap jenis pada umumnya memiliki ciri fisik dan suara khas yang dimiliki.

Kenari F1 Yorkshire

Kenari F1 yorkshire

Kenari F1 yorkshire (burungmaster.com)

merupakan jenis kenari yang berupa hasil persilangan antara Kenari YorkShire (P1) dengan jenis kenari lokal, dengan kata lain F1 merupakan keturunan pertama dari persilangan P1 dengan kenari lokal. Secara fisik kenari F1 hasil persilangan antara kenari yorkshire dengan kenari lokal memiliki bentuk fisik yang cenderung mirip dengan kenari Yorkshire.

Kenari F2

Kenari F2

Kenari F2 (olx.co.id)

pada umumnya merupakan sebutan untuk jenis kenari yang dihasilkan dari persilangan antara P1 (YorkShire) dengan kenari F1.

Kenari F3

kenari f3

Gambar Kenari F3 (IG : dinoalfarizi18)

Merupakan sebutan untuk jenis kenari yang dihasilkan dari persilangan antara P1 (YorkShire) dengan kenari F2. untuk bentuk fisik anda bisa melihat pada gambar di atas.

Kenari F4

Gambar Belum Tersedia

Merupakan sebutan untuk jenis kenari yang dihasilkan dari persilangan antara P1 (YorkShire) dengan kenari F3.

Kenari AF

Gambar Kenari AF

Gambar Kenari AF (IG : sotopindang)

Maksud dari kenari AF adalah jenis kenari yang dihasilkan dari upaya persilangan yang dilakukan antara kenari F1 dengan kenari lokal.

Kenari AFS

Gambar Belum Tersedia

merupakan jenis kenari dari hasil persilangan yang dilakukan antara kenari F1 dengan F1.

Jenis Burung Kenari Terbaik

Setelah membaca penjelasan di atas, tentunya istilah F1, F2, F3, dan lainnya merupakan sebuah istilah yang mudah dimengerti bukan? intinya, istilah F1, F2, F3, dan seterusnya merupakan istilah yang digunakan untuk keturunan kenari dari hasil persilangan. Untuk masalah kualitas sendiri, tentunya setiap hasil persilangan memiliki keunggulan masing-masing.