Pleci

8 Jenis Burung Pleci Mulai dari Buxtoni, Auriventer sampai Montanus

Jenis Burung Pleci menjadi salah satu burung kicauan yang patut diperhitungkan. Cukup banyak jenis burung pleci dunia ini kebanyakan orang menyebut burung pleci berdasarkan daerah asal maupun ciri fisik burung pleci tersebut. Misalnya saja Pleci Dakun, Pleci Daput, Pleci Bali, Pleci jawa, Pleci Buxtoni, Pleci gunung, pleci singapur, pleci jepang dan masih banyak lagi nama-nama pleci yang populer di kalangan kicau mania.

Bukan hanya karena penampilannya yang mungil dan menarik. Namun juga karena jenis burung yang satu ini menjadi salah satu burung yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti dengan adanya beberapa jenis burung pleci yang populer di kalangan masyarakat Indonesia, seperti yang akan dibahas pada artikel ini.

8 JENIS BURUNG PLECI POPULER DI INDONESIA

Pleci Dakun Macok (Pleci Mata Coklat)

Sebutan unik burung pleci yang satu ini tentunya bukan sebutan asal. Sebab jenis burung pleci yang satu ini memiliki warna kuning pada bulu bagian dadanya. Burung Dakun Macok termasuk salah satu jenis pleci yang banyak  dikenal oleh masyarakat sebagai burung yang memiliki suar nyaring, Anda dapat menemukan burung jenis ini di Pulau Jawa.

Pleci Dakun Maput (Pleci Mata Putih)

pleci mata putih (source: situsburung.com)

Jenis burung pleci yang satu ini juga memiliki warna bulu kuning pada bagian dadanya. Selain itu warna pada bagian bola matanya berwarna putih sehingga banyak masyarakat yang menyebutnya dengan pleci mata putih. Pleci mata putih memiliki jiwa sebagi petarung dan juga pemberani, hal inilah yang menjadi keunikan lain pleci dakun maput selain dari warna matanya. Burung pleci ini dapat ditemui di kawasan Kudus (Jawa), meski demikian pleci dakun maput masuk kategori burung langka yang sudah sulit ditemukan keberadaannya.

Pleci Dakun Bali

Pleci Dakun Bali (source: situsburung.com)

Sulit untuk membedakan jenis pleci dakun bali dengan maput ataupun macok, meski begitu ukuran tubuh pleci yang satu ini lebih besar dan juga berisi serta memiliki warna bulu yang lebih hijau dan terang dengan kacamata putih nan lebar. Suara kicauannya sendiri sangat khas menyerupai suara anak ayam ngalas, meski begitu pleci ini masuk kategori penakut ketika berada di dekat manusia. Pleci Dakun Bali dapat ditemukan di Pulau Bali.

Jenis Pleci Auriventer

pleci auriventer (source: burungnya.com)

Berbeda dengan pleci dakun macok dan dakun maput, jenis pleci yang satu ini memiliki bulu berwarna ungu pada bagian dadanya, selain itu bulu pada bagian punggungnya berwarna hijau tua. Dibandingkan dengan jenis pleci lainnya, kacamata pleci yang satu ini lebih tebal. Untuk masalah suara sendiri banyak yang mengatakan bahwa pleci auriventer memiliki suara yang ngebas, Anda dapat menemukan jenis burung yang satu ini di Pulau Sumatera.

Jenis Pleci Montanus / Pleci Gunung

Pleci Montanus (source: manukgacor.com)

Bulu dadanya berwarna abu-abu, pada bagian punggung pleci ini memiliki warna bulu coklat dengan postur tubuh yang lebih besar dan terlihat agak memanjang jika dibandingkan dengan jenis pleci lainnya sehingga mudah untuk mengenali jenis pleci yang satu ini. Pleci Montanus dapt ditemukan di berbagai wilayah yang ada di Pulau Jawa.

Pleci Black Capped

Pleci Black Capped (source: situsburung.com)

Sesuai dengan namanya, burung ini memiliki warna bulu hitam pada ujung kepalanya. Kemudian warna bulu pada bagian dadanya berwarna abu-abu, namun pada bagian punggungnya berwarna kuning kehijauan. Ciri khas suara pleci yang satu ini adalah ngebass dan pelan, burung yang satu ini dapat ditemukan di Pulau Sumatera.

Pleci Buxtoni

Pleci Buxtoni (source: merawat burung pleci)

Postur tubuhnya bulat berisi, bagian dada berwarna abu-abu kekuningan dan bagian punggungnya berwarna kuning kehijauan. Suara yang dimiliki pleci buxtoni yakni nyaring dan melengking, sehingga terdengar unik. Pleci Buxtoni dapat ditemukan di kawasan pulau Jawa dan Sumatera.

Pleci Salvadori enggano

Pleci Salvadori enggano (source: situsburung.com)

Warna bulu pada bagian kepala burung ini hampir sama dengan pleci black capped, warna bagian kepalanya serabut kehitaman dengan bagian dada berwarna abu-abu. Postur tubuhnya relative lebih besar, suara yang dimilikinya terdengar ngebass namun mendayu. Jenis pleci ini dapat ditemukan di pulau Sumatera.

Itulah beberapa list jenis pleci yang populer di kawasan Indonesia. Semoga dapat menjadi referensi Anda ketika akan membeli burung pleci yang populer dan digemari oleh masyarakat Indonesia.

Keyword : burung pleci, jenis pleci di indonesia, pleci dada kuning, burung pleci dada putih, suara pleci pilihan, burung pleci juara, pleci gunung murai, jenis pleci terbaik, burung pleci buxtoni, Ciri burung pleci.

Referensi : burungnya[dot]com, memelihara[dot]com, indobirding[dot]info

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top