Cucak Ijo

Tips Agar Burung Cucak Hijau Tetap Berbunyi Meski Tak Dikerodong

tips-agar-burung-cucak-hijau-tetap-berbunyi-meski-tak-dikerodong

Tidak sedikit cucakmania yang merawat burung cucak hijau sejak ia masih bakalan. Banyak diantara mereka yang mengeluh karena gaconya hanya rajin berbunyi ketika sangkarnya dikerodong. Namun, jika kerodong tersebut dibuka, burung cucak hijau tersebut kembali diam dan tak mau bersuara. Tentu hal ini akan menjadi hal yang sangat membingungkan bagi Anda yang kebetulan memelihara burung bakalan.

Cucak hijau yang hanya rajin berbunyi ketika dikerodong dapat disebabkan karena berbagai faktor. Termasuk diantaranya adalah karena kebiasaan dari pemiliknya. Semisal saja, pemilik selalu ingin mendengar kicauan cucak hijaunya dengan membiarkan jagoannya tersebut dikerodong secara terus menerus selama ia mau berkicau.

Faktor lain yang menyebabkan burung hanya mau berbunyi saat dikerodong adalah karena burungnya yang terlalu giras. Untuk bisa membuatnya menjadi lebih tenang dan mau berbunyi, pemilik menggunakan kerodong. Tentunya masih ada berbagai faktor lain yang menyebabkan Anda harus membuat kerodong untuk sangkar Anda. misalnya karena lingkungan Anda yang terlalu ramai atau karena Anda juga tengah memelihara jenis cucak hijau yang lainnya.

Dikarenakan faktor kebiasaan tersebutlah, cucak hijau menjadi terbiasa bunyi hanya kalau sangkarnya dikerodong karena pada saat itulah burung Anda merasa aman dan nyaman sehingga hal it uterus mendorongnya untuk menjadi lebih rajin mengeluarkan kicauan.

Untuk bisa menghilangkan berbagai kebiasaan tersebut, Anda harus mendobrak aturan yang sudah dijalankan, yaitu membiarkan burung hidup bebas tanpa dikerodong seksama beberapa hari atau beberapa minggu. Dengan demikian, secara tidak langsung, Anda akan dapat melatih mentalnya sehingga burung Anda tidak akan menjadi demam panggung lagi. ia pun akan mau berbunyi meskipun tidak dikerodong.

Tahap pelatihan supaya cucak hijau menjadi gacor tanpa dikerodong

Pada tahap awal pelatihan, singkirkan terlebih dahulu kerodongnya untuk sementara waktu. Kemudian gantunglah burung di tempat yang tenang dan nyaman. Untuk bisa membuat burung merasa nyaman, maka berikanlah pakan tambahan secukupnya. Jika Anda memberikan buah pisang, sebaiknya oleskan dengan madu terlebih dahulu sebelum Anda memberikannya kepada burung.

Pada hari-hari pertama, burung Anda mungkin enggan untuk mengeluarkan suaranya. Namun, jika Anda rutin memberikan pakan berupa protein tinggi seperti jangkrik, ulat, kroto dan lain sebagainya. Selain itu, juga diimbangi dengan buah-buahan yang bervariasi. Dengan demikian, maka cucak hijau akan terpancing untuk mengeluarkan suaranya.

Setelah burung Anda mulai berbunyi, meskipun belum serajin saat sangkarnya dikerodong. Maka tahap selanjutnya adalah menanamkan keberanian dan mentalnya dengan menggantung sangkarnya di tempat yang relatif lebih ramai. Yang paling umum dilakukan adalah menggantung sangkar di teras rumah atau di depan rumah yang banyak dilewati aktifitas manusia.

Selama pelatihan tersebut, cucak hijau tetap diberi pakan tambahan yang cukup serta buah-buahan yang bervariasi. Pada tahap ini, burung Anda mungkin akan ketakutan dan merasa kurang nyaman terhadap kondisi lingkungan di sekitar, sehingga masih enggan berbunyi. Namun, jika Anda bertahan dan tetap membiarkannya tanpa dikerodong, maka lama kelamaan cucak hijau Anda akan mengeluarkan kicauannya.

Jika pelatihan dan perawatan tersebut dilakukan secara rutin dan teratur, maka dalam waktu yang tidak terlalu lama, cucak hijau Anda akan terbiasa dengan situasi dan kondisi tersebut sehingga dia mulai nyaman dan akhirnya mengeluarkan suaranya.

Itulah beberapa tips supaya burung cucak hijau tetap berbunyi meskipun tidak dikerodong. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Source : 

cucak hijau banyuwangi asli, cucak hijau medan, cucak hijau jantan masih muda, cucak hijau betina dan jantan,
cucak hijau jawara om kicau, beda cucak hijau sumatra dan banyuwangi, cucak hijau banyuwangi trotol, kicau burung cucak hijau jawara, cucak ijo jantan yg bagus, cucak hijau jawara, cucak hijau betina trotolan, cucak ijo jantan umur 6 bulan, cucak hijau betina,

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Please wait...

Dapatkan Sekarang

Dapatkan informasi terbaru seputar burung kicauan di hobiburung.org Eksklusif untuk anda masukan email anda sekarang juga