Cara Perawatan Lengkap Anakan Murai Batu dari usia 7 hari

Cara perawatan anakan burung murai batu memang cukup berbed – beda ada beberapa faktor yang perlu anda perhatikan dalam merawatanakan murai batu. Salah satu faktor terpenting adalah mengetahui usia anakan burung tersebut. Tentu saja anakan burung murai batu yang berusia kurang dari 7 hari berbeda perawatannya dengan trotol murai yang berusia 15 hari. Selain dari segi pakan yang berbeda waktu pemberian pakan dan lingkungan juga cukup mempengaruhi sukses tidaknya dalam memlihara anakan burung murai batu.

Seputar Anakan Murai Batu

Anakan Murai Batu usia kurang dari 7 hari

Anakan Burung Murai batu (sumber : david de souza blog)

Harga anakan burung murai batu cukup beraneka ragam tergantung dari umur, jenis, jenis kelamin dan juga indukannya. Untuk anakan burung murai batu trah ekor panjang  (lebih dari 27 cm) bisanya di jual dengan harga lebih dari 10 juta untuk anakannya saja. Sedangkan untuk anakan murai batu ekor panjang standar (berkisar 20cm) harga anakannya untuk murai jantan berkisar 2,5 Jutaan.

Umura anakan juga memiliki pengaruh yang lumayan besar mengingat adanya resiko yang lumayan besar seperti kematian pada trotol murai. Pada umumnya anakan murai batu yang berusia kurang dari 7 hari memang cukup rentan. Jika salah sedikit saja bisa mengakibatkan kematian. Dan tentu saja akan mengakibatkan kerugian yang lumayan besar mengingat harga anakan murai batu yang lumayan tinggi dan sulitnya menangkarkan burung murai batu.

Baca Juga : Harga Murai Batu Ekor Panjang Lebih Mahal dari Motor 150cc kok bisa ?

Jika dituliskan sebenarnya cukup banyak kesalahan umum yang dilakukan oleh pembudidaya murai batu. Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan oleh penangkar adalah kurang tepat waktu dalam memberikan pakan, pemberian pakan yang berlebihan, telat dalam meberikan pakan dan masih banyak lagi kesalahan-kesalahan umum yang dilakukan oleh pembudidaya.

Ragam Pakan untuk Trotol burung murai

Kroto Sebagai Pakan Murai anakan

Gambar Kroto / terlur semut rangrang (sumber: google.com)

Pemberiian pakan untuk trotol burung murai juga tidak boleh di lakukan sebarangan. Sebagai contoh anakan burung murai batu yang berusia kurang dari 7 berbeda dengan pakan yang diberikan untuk murai yang sudah berusia lebih dari 20 hari. Pada umumnya untuk anakan murai yang kurang dari 7 hari cukup di berikan kroto sebagai makanan utamanya. Baru jika burung sudah terlihat agak lebih berkembang (pada usia 15 hari keatas). Anda baru bisa memberikan ulat kandang ataupun pakan-pakan lain yang sekiranya bisa dengan mudah di cerna anakan burung murai batu. Kemudian jika burung murai tersebut sudah menginjak usia lebih dari 30 hari baru anda bisa memberikan jangkrik.

Pemberian Pakan Anakan Murai Batu

Pemberian pakan untuk burung murai batu yang berusia 7 hari sangat di sarankan untuk memberikan pakan berupa kroto yang di celupkan kedalam air yang sudah matang dan di berikan setiap satu jam sekali dan wajib anda perhatikan apakah trotol tersebut lapar atau sudah kekenyangan karena jika berleibhan bisa mengakibatkan kematian.

Sedangkan untuk burung murai yang sudah bisa nangkring sendiri. Anda juga bisa melolohnya ketika burung terlihat lapar dan berhenti ketika burung terlihat sudah kenyang jangan terlalu memaksakannya.

Baca juga : Kenali 6 Jenis Burung Murai Batu Lengkap dengan Motif Ekornya

Sedangkan jika anakan sudah bisa makan sendiri yang paling penting adalah selalu lihat / pantau jangan sampai pakan (serangga) habis. Jika habis segera di isi lagi

Perlu dicatat

Untuk anakan burung murai batu yang berusia kurang dari 7 minggu usahakan jangan sampai terlalu lapar atau terlalu kenyang. Menurut pengalaman dari para penangkar hal tersebut dapat mengakibatkan anakan murai batu mati. Selain itu untuk piyik murai batu jangan langsung di kasih makan voer tapi berikan kroto sebagai makanan utamanya. baru ketika anakan murai batu sudah bisa nangkring ((umur 12 hari )kita bisa sedikit memberikan pakan campuran serangga (kroto / ulat balap) dengan voer. Baru ketika anakan murai batu berusia 15 hari atau lebih anda bisa memnaikan porsi voer yang di campurkan dengan kroto.

Source : anakan murai batu jantan, harga murai batu piyik, ananakan murai batu ring, anakan murai batu medan super, cara merawat anakan murai batu yang baru menetas, cara mengambil anakan murai batu, cara merawat anakan murai umur 10 hari, piyik murai batu jantan, vitamin untuk anakan murai batu, pakan lolohan anakan murai, cara memanen anakan murai batu, umur berapa anakan murai bisa makan sendiri