Poin Penting Dalam Merawat Burung Kacer Bakalan

Merawat burung Kacer memang merupakan hobi yang menyenangkan, bahkan juga bisa membuat pemilik burung mendapat kepuasan batin dan keuntungan yang lumayan besar. Artinya jika burung yang dipelihara dapat memenangkan perlombaan, tentu hadiah uang jutaan pun bisa menambah kekayaan pemilik burung. Burung yang dimaksud adalah burung Kacer, yang bentuknya tidak terlalu besar namun memiliki suara yang merdu. Pada umumnya burung kacer yang memiliki bentuk kepalanya yang agak kotak dengan matanya yang bulat besar ini memiliki peluang menang lomba yang lebih besar.

Sebelum membeli jenis burung Kacer, perkaya dahulu pengetahuan tentang burung tersebut, hingga bagaimana perawatannya ? Ini dikarenakan burung Kacer tersebut tidak semudah itu bisa langsung berkicau ataupun langsung juara. Apalagi perawatannya hanya sekedar memberi pakan dan membersihkan kandangnya saja. perlu perawatan dan perhatian ekstra agar burung kacer mau berkicau

Cara Perawatan Burung Kacer Bakalan

Burung Kacer Gacor (sumber : youtube.com)

Perawatan burung kacer yang intensif akan membuat burung juga merasakan kasih sayang dari pemiliknya, tidak sekedar burung peliharaan saja. Ada tiga poin penting agar burung kacer yang anda miliki bisa cepat gacor yang perlu anda perhatikan. Tiga poin penting yang saya maksud adalah sebagai berikut :

Pastikan Kacer yang Anda Peliharan Berjenis kelamin jantan

Ini dikarenakan burung jantan lebih agreaif dan cepat gacor, sehingga dapat dengan mudah diikutsertakan dalam perlombaan. Cirinya pada burung kacer jantan memiliki bercak hitam pada bagian lidahnya. Ciri tersebut menandakan burung kacer jantan yang mudah gacor jika didengarkan suara audio Kacer.

Baca Juga : Keuntungan Memelihara Kacer 

Ciri lain burung kacer jantan yang mudah gacor adalah pada bagian punggung dan sayapnya berwarna hitam. Yang memiliki ciri tersebut memang sebagian besar adalah burung kacer jantan, jadi sangat mudah memastikan jenis kelamin jantan pada burung kacer.

Jelas kacer jantan memiliki suara yang nyaring sebagai ciri kejantanan mereka, dan juga untuk menarik kacer betina. Jadi jika burung kacer jantan Anda tidak nyaring suaranya pastikn kondiainya sehat dan prima, serta pakan jangkrik yang rutin diberikan juga tersedia.

Pemberian Pakan dan Perawatan Harian

Untuk burung kacer bakalan usahakan dalam 2 minggu awal hanya di beri pakan pokok yang sekiranya mudah dimakan oleh burung kacer seperti ulat kandang. Sedangkan jangkrik ataupun ulat hongong anda bisa memberikannya sesekali tapi jangan terlalu sering. Kemudian Setelah 2 minggu Pastikan pakan burung yang diberikan lebih bervariasi dan menyehatkan serta cukup protein, sebagai contoh cacing tanah, jangkrik, belalang, hingga kroto dan lainnya.

Jenis makanan ini akan terlihat alami dan membuat burung kacer seolah berada dalam habitatnya. takaran cukup berikan 2-3 ekor perhari untuk jangkrik, dan untuk ulat hongkong berikan 1 sendok teh saja sehari. Jika ingin menggunakan pakan voer bisa diberikan namun yang memiliki kandungan protein minimal 12 persen, dan minuman selalu gunakan air matang. Barulah jika burung sudah terlihat lebih lincah dan sehat anda bisa mengajarinya makan voer.

Kebersihan harus disiplin dilakukan jangan sampai terlambat, agar kotoran burung tidak berjamur dan akhirnya membuat kondisi burung pun menurun. Jika burung kacer yang anda pelihara sudah terlihat sehat dan mapan anda bisa mencoba untuk menjemur dan memandikan burung kacer tersebut. Untuk memandikan burung kacer sebaiknya dianginkan terlebih dulu sekitar 15 menit, kemudian baru dimandikan dan dijemur antara matahari jam 8-10 pagi.

Burung Kacer Gacor (sumber : youtube.com)

Lingkungan yang tepat

Pastikan lingkungan ketika menempatkan burung kacer dalam suasana yang tenang dan jauh dari binatang yang mengganggu seperti cicak, ular, kucing semut hingga tikus. Selain itu saya sarankan jangan mendekatkan burung kacer dengan jenis burung lain yang memiliki jiwa fighter yang tinggi. Seperti burung murai ataupun burung kutilang, ditakutkan jika mental burung akan drop jika keseringan didekatkan dengan burung gacor lainnya.

Dari beberapa cara melakukan perawatan yang intensif tersebut. Anda yang masih pemula bisa menerapkannya dan dipastikan akan mendapatkan hasil maksimal pada burung kacer yang dipelihara. Jika burung kacer yang dimiliki adalah burung liar, maka pastikan langsung ditempatkan disuasana tenang agar tidak stress. Jadi sudah siap memelihara burung kacer yang memiliki potensi keuntungan besar? jika iya silahkan berburu kacer liar atau membeli kacer dewasa atau anakan kemudian memeliharanya dengan intensif.

Source : mengatasi kacer stres, contoh terapi kacer macet, mengatasi kacer stres pindah tempat, penyebab kacer malas bunyi, cara agar kacer mau bunyi, merawat burung kacer, perawatan burung kacer, cara merawat burung kacer