Tips Lengkap Perawatan Burung Kenari Bagi Pemula

Perawatan Burung Kenari – Memiliki hewan peliharaan kadang bisa membuat mood seseorang menjadi baik. Tidak hanya dapat dijadikan hiburan, hewan peliharaan kadang juga bisa dijadikan teman sehingga membuat suasana rumah menjadi semakin hangat. Salah satu hewan yang sering dijadikan hewan peliharaan selain kucing dan anjing adalah burung. Bagi para pecinta burung, memelihara burung dirumah memberikan kepuasan dan hiburan tersendiri. Jenis burung yang sering dijadikan hewan peliharaan adalah burung kenari. Burung yang berasal dari kepulauan Canary Spanyol ini, memiliki corak bulu yang warna warni dan kicauan yang indah sangat cocok untuk dijadikan hewan peliharaan.

Nah, bagi Anda yang ingin memelihara burung kenari namun bingung harus memilih yang mana, ada baiknya simak dulu tips berikut ini.

Burung kenari sangat banyak jenis dan variannya. Kalau dari jenisnya, burung kenari dibedakan menjadi dua kelompok yaitu kenari lokal dan kenari import. Burung kenari lokal memiliki harga yang lebih terjankau dibandingkan dengan burung kenari import. Walaupun demikian bukan berarti kualitas burung kenari lokal lebih jelek dibandingkan dengan burung kenari import.

Tips Lengkap Perawatan Burung Kenari

Tips Lengkap Perawatan Burung Kenari (source: burungkicau.fajar.co.id)

Sedangkan berdasarkan varietasnya, burung kenari di bagi menjadi lima.

  1. Pertama varietas lagu (song variety). Burung kenari varietas ini memiliki kemampuan bernyanyi yang bagus sehingga sangat cocok untuk diikutkan kontes atau perlombaan.
  2. Kedua, varietas kenari warna (color bred variety). Burung kenari jenis ini memiliki keindahan warna bulunya.
  3. Varietas ketiga dalah kenari postur atau canary of posture. Burung kenari varietas ini memiliki postur badan yang bagus dan kurang memperhatikan kualitas suara dan warna bulunya.
  4. Varietas keempat adalah kenari bagal atau hybrid (the mule and hybrid canaries). Burung kenari ini merupakan hasil persilangan antara burung kenari dengan burung jenis finch lainnya yang bertujuan untuk mendapatkan keturunan yang memiliki sifat tertentu yang menonjol, misalnya warna, lagu, ataupun postur.
  5. Varietas yang terakhir adalah varietas hasil persilangan dari semua jenis varietas sebelumnya. Persilangan ini direkayasa dengan tujuan untuk memuaskan hasrat pemiliknya semata.

Baca Juga : Kenali 7 Jenis Burung Kenari yang Paling Populer di Indonesia

Tentukan tujuan memeliharanya

Saat berniat memelihara burung kenari maka Anda harus menentukan terlebih dahulu tujuan Anda ingin memeliharanya. Jika sekedar untuk hiburan maka Anda bebas memilih jenis burung kenari apa saja baik jantan maupun betina. Namun jika Anda berniat untuk mengikutkan burung kenari ke ajang kontes burung maka sebaiknya pilihlah burung kenari jantan. Burung kenari jantan memiliki suara atau kicuan yang lebih melengking dan indah dibandingkan dengan burung kenari betina.

Kenali karakter burung kenari

Sebelum memelihara burung kenari, maka Anda perlu tahu karakter burung kenari itu. Burung kenari mememiliki beberapa karakter dasar seperti mudah beradaptasi, sosok petarung dan penyanyi, mudah jinak, tidak mudah stress dan yang paling penting Anda ketahui adalah birahi burung kenari cenderung mudah naik sehingga Anda harus tahu terlebih dahulu cara mengatasinya.

Mengetahui cara merawatnya

Hal paling mendasar dalam memelihara hewan adalah tahu cara merawatnya. Perawatan burung kenari sebenarnya tidaklah rumit. Cukup rutin memandikan dan menjemurnya serta pemberian pakan yang benar. Pakan utama burung kenari berupa biji-bijan seperti kenari seed dan juga milet selain itu Burung kenari juga lumayan suka memakan sayuran dan buah-buahan seperti sawi dan apel. Selain itu perlu juga sesekali diberikan multivitamin khusus burung kenari.

Melatih burung kenari

Burung kenari yang dipelihara dengan tujuan untuk kontes perlu perawatan ekstra. Salah satunya adalah dengan rutin melatihnya. Latihan untuk burung kenari kontes terdiri dari dua macam, yaitu latihan fisik dan juga suara. Latihan fisik biasanya dilakukan dengan meletakkan burung kenari di kandang yang besar. Cara ini bertujuan untuk melatih otot-otot burung kenari menjadi kuat sehingga kekuatan nafas dan vocal akan semakin kuat dan panjang.

Baca Juga : Perawatan Kenari Sebelum dan Sesudah Kontes

Sedangkan latihan suara biasanya dilakukan dengan memaster burung kenari dengan burung kenari lain yang memiliki suara panjang. Caranya yaitu dengan meletakkan burung kenari anakan berdekatan dengan burung kenari yang memiliki suara panjang. Dengan begitu burung kenari anakan akan mengikuti dan meniru suara tersebut. Yang harus dipastikan bahwa burung kenari yang dijadikan memiliki kualitas yang baik dan panjang.

Demikianlah ulasan tentang tips bagi para pemula yang berniat ingin memelihara burung kenari. Semoga bermanfaat..