Perawatan Burung Kenari Sebelum dan Sesudah Kontes

Perawatan Kenari Sebelum dan Sesudah Kontes – Bagi para pecinta burung, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya burung kenari. Burung yang menurut sebagian orang berasal dari Amerika Latin tepatnya spanyol ini di kenal karena memiliki suara yang bagus serta corak bulunya yang sangat cantik. Maka tidak sedikit dari pecinta burung yang menjadikannya sebagai burung kontes.

Bagi para pecinta burung kenari yang berniat mengikutkan burung peliharaan mereka dalam ajang kejuaraan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk perawatan sebelum dan sesudah kontes. Hal ini bertujuan agar performa burung kenari mereka bisa maksimal saat perlombaan. Nah apa sajakah hal-hal yang perlu diperhatikan tersebut?

Perawatan Kenari Sebelum dan Sesudah Kontes

Perawatan Burung Kenari Sebelum dan sesudah Lomba (source: burungnya.com)

Perawatan kenari sebelum lomba            

Memandikan setiap pagi

Memandikan burung kenari setiap pagi menjelang perlombaan sangat dianjurkan. Caranya yaitu dengan menyemprotkan air ke bulu-bulu burung kenari sampai basah. Akan tetapi jika cuaca sedang mendung atau hujan, sebaiknya burung kenari tidak dimandikan karena akan membuat ia kedinginan dan stress.

Menjemur burung kenari

Setelah selesai dimandikan, burung kenari selanjutnya dijemur di bawah terik matahari secara langsung. Hal ini agar bulu-bulunya kembali kering sehingga gerakan burug kenari menjadi aktif kembali. Untuk waktu menjemurnya, setiap burung kenari berbeda-beda sesuai dengan ketahanan tubuh masing-masing.

Atur pola makan burung kenari

Menjelang kontes, sebaiknya para pecinta burung kenari lebih memperhatikan pakan burung-burung mereka. Berikan pakan sayuran dan buah-buahan seperti selada, sawi dan apel setiap hari. Selain itu pemberian vitamin khusus untuk burung kenari juga perlu di berikan minimal seminggu dua kali.

Baca Juga : Kenali 7 Jenis Burung Kenari yang Paling Populer di Indonesia

Memberikan telur untuk suplemen

Pemberian telur sebaiknya diberikan 2 kali seminggu. Hal ini bertujuan untuk menambah stamina dan membuat suara burung kenari semakin nyaring. Jangan memberikan telur terlalu sering kepada burung kenari karena dapat meningkatkan kegemukan serta birahinya. Selain itu berikan juga grit untuk memperlancar sistem pencernaan serta memenuhi kebutuhan kalsium dan yodium burung kenari.

Berikan pakan kroto menjelang kontes

Sesaat sebelum mengikuti kontes, berikan kroto putih ke burung kenari peliharaan anda. Hal ini untuk membuat suara burung kenari semakin melengking atau gacor. Yang perlu anda ingat, anda hanya perlu memberikan sedikit saja pakan kroto pada burung kenari anda menjelang kontes tersebut.

Setelah kontes selesai, bukan berarti anda langsung membiarkan burung kenari peliharaan anda begitu saja. Ada beberapa perawatan yang musti anda berikan. Apa sajakah itu?

Perawatan setelah kontes

Menyemprotkan air ke kaki burung kenari

Setelah kontes selesai, sebaiknya semprotkan air ke kaki burung kenari peliharaan anda dengan halus dan pelan. Hal ini bertujuan agar kondisi badan burung kenari kembali netral dan adem kembali

Memberikan multivitamin

Sehari setelah burung kenari mengikuti kontes burung, berikan multivitamin dengan mencampurakan ke dalam wadah air munimnya. Hal ini untuk mengembalikan stamina dan mencegah burung kenari mengalami stress.

Menjemur burung kenari

Setelah selesai lomba, burung kenari masih perlu untuk dijemur minimal 3 hari pasca perlombaan. Lama penjemurannya cukup 30 menit setiap harinya.

Baca juga : Download Suara Pancingan Kenari Betina Agar Kenari Jantan Mau Berkicau

Kembalikan ke perawatan normal

Setelah 4 hari pasca kontes dan hari- hari berikutnya, perawatan burung kenari bisa kembali normal seperti biasanya. Jangan lupa juga untuk terus melatih burung anda agar semakin stabil dan bagus suaranya.

Nah, itu tadi ulasan tentang perawatan burung kenari sebelum dan sesudah mengikuti kontes. Semoga bermanfaat..

Source : ciri kenari siap lomba, cara melatih kenari agar ngerol panjang, jenis kenari lomba, perawatan kenari lomba om kicau, settingan kenari gacor, kenari fighter, settingan kenari harian, melatih mental kenari untuk lomba