Cara Mengatasi Burung Kenari Yang Over Birahi

Kenari Over Birahi – Sama seperti hewan lainnya, burung kenari juga memiliki hasrat alami yaitu birahi. Saat sudah dewasa dan matang maka secara alami hasrat itu akan muncul dengan sendirinya. Akan tetapi menjadi masalah jika birahi burung kenari tersebut muncul pada burung kenari kontes yang akan mengikuti perlombaan. Jika sudah begini, maka cara satu-satunya adalah dengan mengatasi over birahinya tersebut karena jika dibiarkkan akan mempengaruhi performanya saat bertanding nanti.

Biasanya burung kenari yang sedang mengalami over birahi menunjukkan beberapa cirri seperti  ketika berkicau sering mengepak-ngepakkan sayapnya, terlihat agresif saat melihat burung sejenis dan akan semakin agresif jika melihat burung kenari betina.

Berikut Pencegahan & Cara Mengatasi Kenari Over Birahi

Pasangan Kenari (source: pixabay.com)

Nah, bagaimanakah cara untuk mengatasi burung kenari yang over birahi tersebut? Berikut penjelasannya.

Kurangi asupan protein burung kenari

Saat burung kenari mengalami oer birahi, maka sebaiknya kamu mengurangi porsi pakan yang mengadung protein tinggi seperti biji-bijian, telur kroto, telur puyuh rebus dan egg food. Hal ini karena makanan-makanan tersebut  mengandung cukup tinggi protein yang justru akan meningktkan birahi kenari tersebut.

Berikan buah ketimun dan buah pir

Berikanlah buah pir dan ketimun pada burung kenari yang sedang mengalami over birahi. Beberapa pecinta burung kenari yakin bahwa buah-buah tersebut mampu  memperbaiki mood burung kenari menjadi baik kembali saat sedang over birahi.

Mandikan burung kenari

Burung kenari termasuk jenis burung yang suka mandi dan berjemur. Saat sedang mengalami over birahi, sebaikknya memperbanyak atau menambah jatah mandi burung kenari. Jika biasanya burung kenari dimandikan sehari sekali, maka tambahlah menjadi 3 kali sehari. Setelah dimandikan jangan menjemur burung kenari terlalu lama karena akan membuat mood burung ini rusak kembali.

Mengkawinkan burung kenari

Jika dengan menggunakan cara-cara di atas burung kenari masih saja menunjukkan gejala over birahi, maka jlan satu-satunya adalah dengan mengkawinkannya. Caranya yaitu dengan menyatukan burung kenari jantan dan burung kenari betina dalam satu sangkar dan membiarkan mereka kawin dengan sendirinya.

Baca Juga :  Berbagai Jenis Makanan Yang Baik Untuk Kenari

Setelah burung kenari jantan mengawini betinanya, maka cepat-cepat pisahkan mereka dan pastikan burung kenari jantan tidak melihat lagi pasangannya tadi. Amatilah apakah burung kenari jantan sudah over birahi atau tidak. Jika masih, maka ulangi lagi keesokan harinya sampai burung kenari jantan benar-benar normal kembali.

Nah, itulah ulasan tentang beberapa cara mengatasi burung kenari yang sedang mengalami over birahi. Setiap burung biasanya memiliki cara penanganan yang berbeda-beda dan cara di atas hanya contoh cara dari beberapa kasus burung kenari yang mengalami over birahi. Sebelum mencoba cara-cara itu, ada baiknya kamu kenali dulu karakter burung kenari peliharaan kamu, kemudian baru mencari cara penaanganannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Source : ciri ciri kenari jantan birahi, ciri kenari birahi tinggi, penyebab kenari over birahi, tanda kenari birahi, mengatasi kenari birahi saat lomba, ciri kenari kurang birahi, kenari galak tangan, kenari over birahi saat lomba