Jenis-Jenis Makanan Yang Bagus Untuk Suara Burung Kenari

Makanan Kenari – Burung kenari merupakan salah satu jenis burung yang paling banyak dipelihara baik untuk ditangkarkan atau hanya sebatas hobi. Memelihara burung kenari sebenarnya tidaklah susah, hanya saja perlu ketelitian dan ketelatenan. Salah satu yang harus diperhatikan adalah makanannya.

Pada dasarnya burung kenari merupakan jenis burung yang memakan biji-bijian. Akan tetapi, dalam beberapa alasan, pemberian makanan tambahan juga diperlukan terutama saat proses pembentukan suara burung kenari menjadi matang dan siap untuk diikutkan kontes kicau burung. Nah, makanan apa sajakah yang harus diberikan untuk membuat suara burung kenari menjadi bagus? Berikut Ulasannya.

Berbagai Jenis Makanan Yang Baik Untuk Kenari

Kenari di alam (source: pixabay.com)

Telur kroto

Telur semut rangrang atau yang biasa disebut kroto mengandung protein yang tinggi yang bagus untuk meningkatkan vitalitas, stamina dan membentuk suara burung kenari semakin melengking. Telur kroto juga memiliki cita rasa yang lumayan enak sehingga tak perlu ada usaha lebih agar burung kenari mau memakannya.

Untuk burung kenari yang baru pertama kali mencoba telur kroto, kamu bisa mencampurkan kroto ke makanan utama burung kenari yaiti biji-bijian. Akan tetapi, pemberian pakan telur kroto juga harus dibatasi, karena apabila burung kenari terlalu banyak mengkonsumsi protein, dapat menyebabkan burung kenari mengalami over birahi.

Telur puyuh rebus

Selain telur kroto, telur puyuh rebuh juga dapat diberikan kepada burung kenari untuk mengingkatkan vitalitas dan pervorma suaranya. Telur puyuh dipilih karena memiliki kandungan protein yang lebih bagus dibandingkan telur unggas lainnya. Selain itu, ukuran telur puyuh yang kecil pas untuk porsi burung kenari.

Irisan buah apel

Walaupun burung kenari dikenal sebagai burung pemakan biji-bijian, akan tetapi untuk membuat suara yang melengking dan gacor, kamu perlu menambahkan irisan buah apel pada menu makanan burung kenari. Buah apel kaya akan vitamin C yang dapat membuat mood burung kenari menjadi baik sehingga kicauannya menjadi panjang dan stabil. Pilihlah buah apel merah karena memiliki rasa yang cukup manis dan tekstur yang cukup lembut.

Baca Juga : Tips Lengkap Perawatan Burung Kenari Bagi Pemula

Daun mengkudu muda

Selain buah apel, burung kenari juga menyukai sayuran. Salah satu jenis sayuran yang biasa di berikan untuk membentuk suara burung kenari agar gacor adalah daun mengkudu muda. Daun mengkudu dikenal memiliki kandungan antibakteri yang baik untuk pencernaan burung kenari. Jika pencernaan baik maka volume suara yang dikeluarkan juga akan panjang dan stabil. Untuk pakan sehari-hari burung kenari juga bisa diberikan sayuran sawi hijau segar.

Bijian mix

Untuk meningkatkan volume dan intensitas suara burung kenari, perlu diberikan biji-bijian mix atau yang terdiri dari banyak jenis seperti canary seed, biji sawit, milet merah dan putih, egg food dan sebagainya. Biji-bijian mix ini mengandung protein nabati yang cukup tinggi yang bagus untuk burung kenari.

Multivitamin burung kenari

Selain beberapa jenis pakan di atas, pemberian multivitamin juga perlu dilakukan untuk menunjang suara burung kenari. Salah satu multivitamin yang biasa digunakan adalah Ekstra Canary Fit. Multivitamin tersebut berisi beberapa nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan stamina, menjaga burung kenari dari serangan penyakit serta memperkuat intensitas suara burung kenari. Pemberian multivitamin ini bisa dilakukan secara berkala tergantung kebutuhan si burung kenari.

Baca juga : Poin Penting Dalam Merawat Burung Kacer Bakalan

Demikianlah ulasan tentan beberapa jenis makanan yang bagus untuk suara burung kenari. Selain pemberian pakan yang benar, rutin melatih burung kenari juga akan membuat suara burung kenari menjadi bagus dan panjang. Selamat mencoba

Source : sayuran buat kenari biar gacor, makanan kenari biar gacor keras, merk pakan kenari, makanan kenari juara, kenari biar gacor panjang, sayuran pakan kenari, makanan kenari agar cepat birahi, buah untuk kenari