Apakah Anis Merah Betina Bisa Teler Juga? Berikut Pembahasannya

Anis Merah Betina maupun jantan merupakan salah satu jenis burung kicauan yang terbilang rajin berkicau. Bukan hanya yang jantannya saja namun juga Anis Merah Betina juga rajin berkicau. Seperti yang diketahui bahwa Anis Merah Jantan merupakan jenis Anis Merah yang memiliki kicauan bervariasi dan bisa teller saat bunyi. Namun apakah hal tersebut hanya berlaku untuk Anis Merah jantan saja? bagaimana dengan Anis Merah Betina?

Pada umumnya, jenis kicauan yang dimiliki burung dengan gender / jenis kelamin betina terkadang monoton dan tidak bervariasi namun terkadang ada beberapa hal yang bisa menepis pernyataan tersebut. Seperti yang penulis temukan di sumber terpercaya yang ditulis oleh Arda Pandawa, ternyata ada beberapa fakta mengejutkan seputar Anis Merah Betina ini.

APAKAH ANIS MERAH BETINA BISA TELER? BERIKUT FAKTANYA!

 

Anis Merah (source: niaobaike.com)

Anis Merah Betina ternyata bisa mengeluarkan bunyi yang bervariasi bahkan teler dan bahkan lagunya tidak monoton

Berdasarkan pengalaman dari sumber yang didapat, ternyata di tahun 1998 ada seorang penulis (saya lupa namanya) pernah memiliki Anis Merah Betina (hal ini diketahui karena Anis Merah tersebut bertelur) dan Anis Merah rajin teler dari pagi sampai sore meski volume yang dihasilkan sedang dan variasinya sendiri bagus namun untuk lagunya sendiri didominasi oleh siul.

Anis Merah betina bisa berkicau dengan lagu kasar dan berbunyi bahkan saat lepas trotol

Di tahun 1999 penulis bernama Arda Pandawa juga pernah memelihara Anis Merah dari trotol (karena belum bisa membedakan Anis Merah jantan atau betina) yang ternyata Anis Merah tersebut berjenis kelamin betina, saat ngeplong lagu yang dibunyikan cenderung kasar saat usianya menginjak 3-4 bulanan.

Bukan hanya anis merah jantan saja yan bisa teler, Anis Merah betina bisa bunyi teler juga

Di pembahasan pertama tentu telah dijelaskan bahwa Anis Merah betina ini juga memiliki kemampuan untuk teler saat bunyi, namun kejadian ini super langka dan hanya orang-orang pilihan saja yang bisa menyaksikannya. Hal ini dinyatakan oleh Arda Pandawa pada tulisannya bahwa ia memiliki teman di Malang yang memelihara Anis Merah betina tahun 2012 dan hyper teler, volumenya bagus dan bertelur.

Selain itu bukti lain yang menyatakan bahwa Anis Merah betina juga bisa teler yakni pernyataan dari Duto Sri Cahyono (om kicau) yang menceritakan bahwa di wilayah Magelang ada yang melakukan ternak Anis Merah dan berhasil, di kandang ternaknya tersebut kedua burung yang berjenis kelami berbeda ini sesekali teler secara bersamaan.

Meski dalam fakta-fakta yang disebutkan di atas menyimpulkan bahwa Anis Merah betina ternyata memiliki kemampuan teler dan memiliki lagu yang bervariasi serta tidak monoton, namun pada kenyataannya kejadian ini sangat langka untuk ditemukan. Jadi saran penulis untuk para penghobi burung yang ingin ikut serta dalam berbagai lomba kicauan dan mengincar Anis Merah karena kicauannya, belilah Anis Merah jantan untuk dipelihara.

 

Referensi bacaan:

Facebook (Komunitas Anis Merah Karawang (KAMK))