Cari Apapun Seputar
Burung Kicauan

Penjelasan Mengenai Gelatik Batu Dengan Gelatik Wingko !

Perbedan Gelatik Batu dan Wingko – Indonesia memang memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah, termasuk untuk faunanya sendiri yang memiliki jutaan spesies hewan langka maupun yang biasa ada di Indonesia termasuk salah satunya fauna kategori burung. Ada banyak jenis burung yang bisa ditemukan di Indonesia yang untuk satu jenisnya sendiri ada beragam nama yang bisa disebutkan, termasuk untuk burung Gelatik Batu. Sebelum masuk pembahasan utama mengenai perbedaan Gelatik Batu dan Gelatik Wingko, kita akan membahas telebih dahulu mengenai jenis-jenis burung Gelatik Batu yang ada di Indonesia.

Jenis-jenis Burung Gelatik Batu di Indonesia

Sebenarnya burung Gelatik Batu di dunia ini secara keseluruhan ada 24 spesies (dalam genus Parus), diantara 24 spesies tersebut yang paling populer adalah Gelatik Batu Sejati (Parus Major) yang memiliki 14 subspesies dan bisa dijumpai di berbagai wilayah di dunia seperti Eropa, Afrika, Asia Barat Daya, dan juga Timur Tengah.

Dari ke-24 spesies tersebut, Indonesia memiliki 3 jenis Gelatik Batu yang dahulu dimasukan dalam salah satu subspecies dari Parus Major (Gelatik Batu Sejati), namun karena perbedaan morfologi dan juga wilayah persebarannya menjadikan 3 spesies Gelatik Batu yang ada di indonesia kemudian dikelompokan dalam spesies tersendiri dan masuk dalam subspesies Parus Cinereus.

Parus Cinereus ini terdiri dari 13 subspesies di dalamnya, 3 jenis subspesies yang ada  terdiri dari Gelatik Batu yang berasal dari Indonesia seperti:

  • Parus Cinereus Cinereus à habitatnya berada di Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara
  • Parus Cinereus Ambiguus à habitatnya berada di wilayah Sumatera dan Semenanjung Malaysia
  • Parus Cinereus Sarawacencis à habitatnya berada di Pulau Kalimantan, utamanya berada di wilyah Barat Laut

Asal Mula Penyebutan Gelatik Wingko

Gelatik Wingko (source: hbw.com)

Sampai saat ini, tentu masih banyak kerancuan diantara penghobi burung mengenai identitas penamaan Gelatik Wingko sendiri. Tidak sedikit diantara penghobi burung yang meyakini bahwa Gelatik Wingko dengan Gelatik Batu merupakan 2 spesies yang berbeda, namun sebenarnya Gelatik Batu dan juga Gelatik Wingko merupakan satu spesies burung yang sama.

Baca Juga : Download Suar Gelatik Wingko

Sebagai burung yang kian hari makin digemari, penyebutan nama burung yang satu ini sangatlah penting karena hal ini akan berimbas pada harga jual burung tersebut. Berdasarkan dari sumber terpercaya (bisa dilihat di sumber bacaan), Om Ige yang berasa dari yayasan Kutilang Indonesia menyebutkan bahwa Gelatik Wingko merupakan penyebutan lain untuk burung Gelatik Batu yang hidup di sekitar kawasan Lereng Gunung Merapi oleh masyarakat sekitar Lereng.

Hal ini menjelaskan bahwa Gelatik Wingko sejatinya merupakan salah satu dari puluhan jnis gelatik Batu yang ada di dunia (24 spesies, genus Parus).

KESIMPULAN

Dari berbagai fakta yang telah disebutkan di atas, tentunya Anda sudah bisa mengambil kesimpulan tersendiri mengenai perbedaan antara Gelatik Batu dan Gelatik Wingko.

  • Gelatik Batu yang wilayah persebarannya berada di wilayah Lereng Merapi sebenarnya sama dengan Gelatik Batu yang ada di berbagai wilayah lainnya seperti Jawa, Bali, dan juga Nusa Tenggara hanya saja terdapat perbedaan penyebutaNn nama oleh masyarakat sekitar Lereng.
  • Gelatik Batu yang berada di wilayh Sumatera maupun Kalimantan masih sama satu spesies dengan jenis Gelatik Batu yang ada di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, hanya saja perbedaan kecil diantara burung yang satu ini meang ada sehingga ditempatkan pada sub-spesies yang berbeda. Meski ditempatkan dalam subspecies yang berbeda, namun tetap saja disebut sebagai Gelatik Batu hanya saja tidak disebut sebagai Gelatik Wingko jika Gelatik Wingko dalam bahasa latinnya Parus Cinereus Cinereus.

Sebagai tambahan informasi, hampir keselurhan Gelatik Batu yang masuk spesies Parus Cinereus hanya dijumpai di kawasan Asia Selatan, Asia Tenggara, dan sebagian dijumpai di Asia Barat Daya seperti Afghanistan, Tajikistan, dan Turkmenistan. Namun Gelatik Batu tidak dijumpai di wilayah Eropa maupun Afrika.

Baca Juga : Download Suara Gelatik Batu

Bagaimana apakah sudah bisa membedakan antara Gelatik Batu  dan Gelatik Wingko? atau tambah bingung dengan penjelasan di atas? jika ada kesalahan informasi mohon diperbaiki, bisa memberikan informasi tambahan lewat kolom komentar langsung.