Murai Batu

Tujuh Perilaku Murai Batu Yang Memalukan Di Arena Lomba Dan Solusinya

Permasalahan Ketika Burung Murai Batu Lomba

Perilaku Murai Batu Yang Memalukan Saat Lomba salah satunya adalah ketika murai batu Ngebatman / ngelowo yang kerap terjadi saat di lombakan. Tidak selamanya dalam kontes burung berkicau akan menampilkan performa terbaik dan memperdengarkan suara yang indah pada lawan tandingnya. Terkadang ada juga justru memperlihatkan tingkah polah burung murai batu yang memalukan. Namun tingkah laku yang memalukan dalam ajang kontes suara burung murai batu tidak serta merta karena burung sedang malas bertanding tapi lebih dari cara perawatannya yang membuat performa burung jadi enggan untuk berlomba.

Berikut adalah beberapa perilaku memalukan yang diperlihatkan burung murai batu di saat lomba:

Burung tidak mau berkicau

Biasanya hal ini terjadi lantaran burung murai batu belum siap mental untuk mengikuti lomba namun sang pemilik memaksakan untuk mengikuti lomba. Dengan alasan agar sang burung terbiasa dengan suasana perlombaan. Maka akibatnya sang burung akan grogi dan tidak bersuara sepanjang perlombaan bahkan hanya berloncat-loncatan di dalam sangkarnya.

Burung yang demam panggung ini biasanya dialami oleh burung yang masih relatif muda atau juga burung murai dewasa yang belum berpengalaman. Dan belum dapat beradaptasi dengan suasana perlombaan yang penuh dengan keramaian ketika orang-orang sekitar sedang menggantangkan sangkar-sangkar.

Namun alangkah baiknya jika sang pemilik memastikan terlebih dahulu agar sang burung menjadi jinak dan rutin melakukan pelatihan dan terapi di rumah. Sehingga burung akan menjadi jinak dan siap untuk dilombakan.

Ngebatman dan turun dari tangkringan

Jika hal ini terjadi pada saat lomba ada kemungkinan bahwa sang burung sedang dalam kondisi tidak fit. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi kenapa murai bersikap demikian, bisa karena dia terlalu lelah karena sering mengikuti lomba. Atau juga karena terlalu berlebihan dalam memberi pakan dan berbagai vitamin menjelang lomba. Sehingga akan mengakibatkan over birahi. Jika hal ini terjadi Anda bisa memandikan sang burung setelah dilakukan fooding menjelang lomba. Dan biasakanlah untuk memandikan burung sebelum berangkat ke arena lomba.

Burung lebih sering mematung

Jika hal ini terjadi berarti burung murai tersebut belum siap mental untuk tanding. Sehingga alangkah baiknya untuk membiasakan burung murai dijejerkan dengan 1-2 burung murai lainnya sehingga dia akan terbiasa dengan adanya lawan. Nah jika sudah mulai terbiasa lanjut dengan tambahan beberapa burung lagi hingga dia akan siap mental untuk berlomba.

Hanya angkat kepala, kemudian menunduk

Ada berbagai penyebab hal ini bisa terjadi. Ada yang karena memang sudah kepribadian burung tersebut atau juga burung tersebut dalam keadaan birahi. Jika sudah tabiat burung berperilaku seperti itu makan sebaiknya untuk tidak dipaksakan untuk mengikuti lomba karena biasanya akan selamanya akan bersikap seperti itu setiap mengikuti lomba. Dan jika dalam keadaan birahi maka sebaiknya dicarikan setelannya.

Terlihat galak, seperti ingin mengejar musuh

Memang jika hal ini terjadi hanya dalam penilaian juri akan tetapi akan memalukan jika hal ini terjadi justru di sepanjang lomba tanpa memperdengarkan suaranya. Biasanya hal ini terjadi karena burung sering diisolasi atau juga selalu digantungkan di tempat yang tenang dan sendirian.

Kicauannya monoton

Hal ini terjadi lebih karena kesalahan sang pemilik karena tidak melatih burung untuk berkicau dengan baik atau tidak pernah menghadirkan masteran baik secara elektronik atau digital. Karena itu, kicauan burung ini terkesan monoton.

Terlambat panas

Jika hal ini terjadi sebaiknya naikkan sedikit porsi foodingnya namun ada kalanya faktor lingkungan menjadi penyebab utamanya.

Source : 

perawatan lomba murai batu ekor hitam, murai lomba mp3, setelan lomba murai batu ekor hitam, juara lomba murai batu lampung, perawatan lomba murai batu borneo, murai lomba tanpa voer, lomba burung murai batu borneo, lomba murai batu lampung, kontes murai batu lampung, lomba murai batu ekor hitam, murai batu lomba mp3, lomba murai batu kalimantan
kontes murai batu borneo

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top
Please wait...

Dapatkan Sekarang

Dapatkan informasi terbaru seputar burung kicauan di hobiburung.org Eksklusif untuk anda masukan email anda sekarang juga