Hobi Burung

7 Burung Kicauan di Indonesia yang Memiliki Harga Sampai Ratusan Hingga Milyaran Rupiah

7 Burung Kicauan di Indonesia yang memiliki harga sampai ratusan hingga milyaran rupiah – Salam jumpa kembali dari Hobiburung.org. Bagaimana kabar Anda hari ini? Jika masih saja berkutat dengan aktifitas yang menjenuhkan, mari jernihkan pikiran sejenak dengan mmebaca artikel menarik ini.

promo

Masih tentang hobi dan bisnis burung kicauan yang menjanjikan omset ratusan juta rupiah per bulannya, kali ini kami akan membahas tentang profil 7 burung kicauan di Indonesia yang memiliki harga tinggi.

Bahkan bisa dikatakan harga-harga burung di bawah ini melegenda, karena tidak banyak yang mampu menyainginya. Sudah tidak sabar? Baiklah, ini dia ulasan selengkapnya.

Profil 7 Burung Kicauan di Indonesia dengan Harga Tinggi

Burung Murai, lovebird dan Kacer adalah jenis burung yang mendominasi daftar ini. Makhlum saja, karena keduanya tergolong ke dalam kasta tertinggi burung kicauan di Indonesia, maka tidak heran jika harganya tentu di atas rata-rata. Namun jangan terburu-buru pula, karena ada kejutan di akhir daftar ini.

1. Kacer Mustika

-gambar belum tersedia-

Mari mengawali daftar kita dengan burung kacer langganan jawara yang diberi nama “Mustika” ini. Sempat ditawar dengan harga Rp. 50 juta, namun pemiliknya menolak secara halus dan rela melepas begitu saja puluhan juta rupiah dibanding harus berpisah dengan burung ini.

2. Kacer Lancang Kuning

kacer lancang kuning

Kacer Lancang Kuning – sumber: omkicau.com

Masih dari dunia kacer, kali ini ada kacer Lancang Kuning milik om Joni yang hendak dipinang dengan segebok uang bernilai Rp. 60 juta. Kendati demikian, om Joni tidak bergeming dan tetap setia memelihara kacer Lancang Kuning kesayangannya. Memang ada kalanya kalau sudah cinta bisa membutakan segalanya, hehehe…

3. Murai Ekor Hitam Black Devil

murai black devil

Murai Black Devil – sumber: omkicau.com

Dari namanya saja, murai ekor hitam ini sudah terlihat garang. Berbekal suaranya yang merdu beserta isian komplit seperti kapas tembak, cililin, lovebird, hingga gereja tarung, Black Devil dilirik oleh seorang kicau mania dengan harga Rp. 200 juta.

Padahal, sejarahnya, murai ekor hitam ini hanya dibeli dengan mahar Rp. 500 ribu saja, dan yang lebih mengejutkan lagi,  sang pemilik ternyata tidak tergoda dengan iming-iming uang sebanyak itu!

4. Murai Batu Marsekal

-gambar belum tersedia-

Jika Anda masih merasa biasa-biasa saja, maka tengoklah om Sen Sen yang menepis bujukan berupa uang Rp. 250 dari seorang kicau mania yang menggandrungi murai batu miliknya.

Murai batu Marsekal ini memang sangat menawan dan kerap menjadi pemuncak jawara dari setiap event gantangan yang diikutinya. Meskipun dulunya dibeli dengan harga standar senilai Rp. 5 juta, namun berkat perawatan yang baik dan pemasteran yang tepat, murai Marsekal ditawar dengan harga yang sangat tinggi.

5. Murai Nias Natalia

murai natalia

Murai Natalia – sumber: kitakicaukan.blogspot.com

Murai Nias Nnatalia semakin mengukuhkan burung murai sebagai burung kicauan dengan harga tinggi. Sempat mendominasi lomba burung di wilayah Solo dan sekitarnya, burung Murai milik om Gunawan ini pernah merasakan tawaran sebesar Rp. 300 juta.

Padahal saat itu, Murai Natalia masih dalam proses mabung, namun Hadi Sadat seorang pecinta murai yang datang jauh-jauh dari Tangerang nekat memintanya dari om Gunawan.

Dilepaskah? Tentu saja tidak, om Gunawan masih sayang dan belum rela jika murai Natalia berpindah pemilik. Namun sayangnya kita tidak bisa lagi mendengarkan kicauan merdu dari murai Natalia, karena pada tahun 2013, Murai Natalia sudah mangkat alias mati.

6. Murai Batu Kitaro

murai batu Kitaro

Murai batu Kitaro – sumber: youtube

Jika ada burung murai yang paling beruntung di seluruh pelosok Indonesia, maka murai batu Kitaro layak menyandang gelar tersebut. Bagaimana tidak, selain pernah bertemu dengan orang no. 1 di Indonesia, yaitu Presiden Joko Widodo, burung murai ini pun sempat ditawar dengan harga Rp. 600 juta.

Tidak sembarangan dalam menawar, murai batu Kitaro memang memiliki keistimewaan tersendiri, dialah yang menjadi pemenang dari kontes  burung berkicau Piala Presiden. Tidak tanggung-tanggung, ada dua gelar juara yang didapat oleh murai Kitaro.

Keduanya dari kelas Murai Batu Radja dan kelas Murai Batu  B n R. Tidak hanya peserta dari pelosok daerah yang dikalahkan, bahkan burung milik Presiden sendiri pun dilewati. Kehebatan Kitaro memang sudah terbukti dan diasah lama melalui berbagai event lomba.

Meskipun ditawar tinggi oleh Presiden sekalipun, namun Alamsyah sang pemilik belum berkenan melepas burung murai yang dulu dibelinya dengan harga Rp 250 juta itu.

7. Lovebird Kusumo

lovebird kusumo

Lovebird Kusumo – sumber: infosurabaya.id

Inilah pemuncak daftar kita kali ini. Bukan kacer, murai batu, atau burung kicauan lainnya, melainkan seekor lovebird cantik bernama kusumo milik Sigit Marwanta alias Sigit Wmp.

Keistimewaan dari lovebird Kusumo ini terletak pada suara ngekeknya yang berdurasi panjang berkisar 4 menitan. Selain itu, lovebird Kusumo dikenal sangat cerdas dan dengan mudah mempelajari suara hewan lain di sekitarnya.

Selama 3,5 tahun mengikuti berbagai lomba, lovebird Kusumo telah memenangkan lomba sebanyak 400 kali. Coba tebak berapa harga tertinggi yang pernah ditawarkan untuk lovebird Kusumo ini? Yup, Rp. 2 milyar saja!

Sayangnya, lovebird legenda ini sudah menghembuskan napas terakhirnya pada pertengahan November 2018 silam. Meski pun berat, namun sang pemilik mengaku iklas.

Kesimpulan

Sudah lihatkan beberapa harga burung yang ada di artikel Hobiburung.org di atas ? Harga-harga fantastis yang melekat pada burung-burung kicauan di atas tentu tidak datang begitu saja. Semua berasal dari kejelihan sang pemilik dalam melihat kualitas burung, serta ketelatenan mereka dalam melakukan perawatan hariannya.