Hobi Burung

Lovebird Kepala Abu-Aabu / lovebird Madagaskar (Agapornis canus)

Lovebird kepala abu-abu / lovebird madagaskar (Agapornis canus) – Halo lovebirdlover, selamat datang di hobiburung.org. Di sini kamu akan menemukan beragam artikel menarik dan inspiratif seputar burung kicauan.

Kali ini kita akan melihat sejenak satu spesies dari lovebird yang tidak boleh terlewatkan. Adalah lovebird kepala abu-abu atau lovebird madagaskar yang akan menjadi perbincangan kita saat ini.

lovebird madagaskar

lovebird madagaskar – sumber: sayapeternak.com

Sekilas Tentang Lovebird Kepala Abu-Abu

Lovebird kepala abu-abu adalah satu-satunya spesies lovebird yang berasal dari Afrika, khususnya Madagaskar. Itulah mengapa burung ini juga dijuluki dengan lovebird madagaskar. Pada abad ke – 19 burung ini dieksport ke benua Eropa dan mulai tersebar luas.

Lovebird kepala abu-abu sangat sulit untuk ditangkar, mengingat sifatnya yang kurang mampu beradaptasi dengan lingkungan serta pergantian cuaca yang baru. Selain itu, burung memang ini cukup sensitif dan mudah terserang stres.

Jadi apabila ada yang berhasil menangkarnya hingga tahap Hand Feeding (meloloh), hal tersebut tidak akan menghilangkan sifat aslinya.

Di alam liar, lovebird kepala abu-abu hidup dalam kelompok atau koloninya di hutan yang terbuka. Kendati demikian, para lovebird ini kerap mendatangi lahan pertanian penduduk dan memakan aneka biji-bijian hingga rerumputan.

Untuk perilaku kawinnya, lovebird kepala abu-abu lebih menyukai musim gugur karena tidak mampu bertoleransi dengan musim dingin, hal tersebut tentu saja semakin menambah catatan tentang sulitnya menangkar burung ini.

Ciri Khusus pada Lovebird Kepala Abu-Abu

Warna dari lovebird kepala abu-abu didominasi oleh warna hijau cerah mulai dari punggung, sayap, dan juga ekornya. Sementara untuk bagian kepala hingga sebatas dada didominasi dengan warna abu-abu seperti sebutannya.

Tidak sulit untuk membedakan antara lovebird madagaskar jantan dan betina, muda atau pun dewasa. Untuk keterangan lebih jelasnya, silahkan amati ciri-ciri yang telah kami susun berikut ini.

Lovebird kepala abu-abu jantan

  • Dominasi warna hijau nampak pada tungirnya dan semakin kekuningan di bagian bawahnya.
  • Kepala dan dadanya abu-abu, sedangkan pada bagian ketiaknya terdapat warna hitam
  • Paruhnya berwarna abu-abu muda
  • Iris cokelat
  • Kakinya berwarna abu-abu

Lovebird kepala abu-abu betina

Jika pada pejantan ada kombinasi warna abu-abu di bagian kepala hingga dadanya, maka lovebird madagskar betina memiliki warna hijau terang hampir di seluruh tubuhnya, mulai dari kepala hingga ekornya.

Lovebird kepala abu-abu muda

Sedangkan untu membedakan apakah  lovebird kepala abu-abu berusia dewasa atau muda, bisa dilihat dari warna paruhnya. Lovebird yang berusia lebih muda memiliki ciri warna khas yang sama dengan lovebird dewasa, namun paruhnya lebih terang dan berwarna kuning dengan kombinasi bercak hitam di pangkalnya.

Kesimpulan

Lovebird kepala abu-abu / lovebird madagaskar ini termasuk jenis burung yang sulit untuk ditangkar karena kemampuan adaptasinya yang rendah. Oleh sebab itulah kita berkewajiban untuk ikut melindungi dan tidak melakukan perburuan liar terhadap jenis lovebird ini.

Jangan sampai terjadi kepunahan terhadap lovebird yang unik ini. Sehingga anak cucu kita hanya mampu mengenal spesies cantik ini melalui internet, salam lovebird lover…