Hobi Burung

Lovebird Muka Merah (Agapornis pullaria)

Lovebird muka merah (Agapornis pullaria) – Banyak sekali jenis atau spesies burung lovebird yang tersebar di dunia ini. Jika menghitung satu per satu, mungkin kita akan dibuat pusing sendiri.

Salah satu spesies lovebird yang cukup langkah dan mungkin juga belum Anda kenal adalah lovebird muka merah atau yang diberi nama latin Agapornis pullaria.

Sesuai dengan namanya, ciri utama yang menonjol dari lovebird ini adalah wajahnya yang tertutup warna bulu merah terang, seolah-olah memakai topeng. Sementara itu, warna tubuh hingga ekornya didominasi oleh warna hijau serupa fiscery.

lovebird muka merah

lovebird muka merah

Asal Usul Lovebird Muka Merah

Lovebird muka merah ditengarai berasal dari pesisir pantai Afrika tengah hingga ke barat Ethiopia. Pada habitatnya di alam bebas, lovebird muka merah punya cara unik dalam membangun sarangnya. Ia akan membuat sarang di atas sarang rayap di pohon atau bahkan di tanah.

Untuk membangun sarang tersebutlah, lovebird betina akan menggali terowongan sepanjang 30 cm dan hidup di dalam kolong rayap bersama koloni lovebird yang lain.

Hal tersebutlah yang kerap merepotkan para peternak jika hendak menangkarkan burung ini. Para breeder wajib melengkapi kandang ternaknya dengan gundukan tanah yang kemudian akan digali oleh lovebird betina. Namun jika tidak tersedia tanah, tidak perlu khawatir, karena bisa coba diganti dengan gabus atau steroafoam.

Selain itu, demi keberhasilan penangkaran, suhu ruang di dalam sangkar wajib dijaga, yaitu berkisar 27 derajat selcius. Memang sedikit sulit untuk menangkar lovebird jenis ini, selain harus menyiapkan kandang yang “mirip” dengan habitatnya di hutan, lovebird ini juga bersifat pemalu.

Cara Membedakan Jenis kelamian Lovebird Jantan dan Betina

Lovebird muka merah jantan dan betina sesungguhnya cukup mudah untuk dibedakan, terlebih lagi melalui warna tubunya. Untuk lebih memahami lagi, silahkan dilihat pada ciri-ciri berikut ini.

Lovebird muka merah pejantan

  • Hampir seluruh tubuhnya hingga bagian ekornya berwarna hijau dengan bagian bawah yang sedikit kekuningan. Dahi dan mukanya berwarna oranye
  • Tunggir berwarna biru terang
  • Warna bulu di bawah sayapnya hitam
  • Warna paruhnya merah oranye
  • Iris cokelat tua
  • Kaki berwarna abu-abu

Lovebird muka merah betina

Sementara untuk sang betina tidak banyak ciri yang bisa kita lihat selain warna bulunya yang dominan hijau dan begitu pula pada bawah sayapnya.

Lovebird muka merah muda

Untuk lovebird muka merah yang masih berusia muda, ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

  • Warna dahi hingga mukanya kuning
  • Bulu pada bagian bawah sayapnya hitam untuk pejantan, dan hijau untuk betina
  • Paruh berwarna cokelat kemerahan dengan bercak hitam dekat pangkal paruh bagina atasnya

Kesimpulan

Mengenal lovebird muka merah merupakan suatu kewajiban bagi Anda yang mengaku sebagai lovebird lover. Jika belum bisa membantu untuk menangkar lovebird dengan warna unik ini, cukup lakukan dengan tidak mendukung perburuan liar.

Kekayaan alam hayati di bumi ini wajib kita syukuri dan jaga agar tetap lestari. Karena jika bukan kita, siapa lagi?