Hobi Burung

Lovebird Sayap Hitam / Lovebird Abisinia (Agapornis taranta)

Lovebird Sayap Hitam / Lovebird Abisinia (Agapornis taranta) – Apa kabar lovebird lover? Ada yang istimewa pada pembahasan kita kali ini. Setelah membahas tuntas mengenai Lovebird kepala abu-abu dan juga lovebird muka merah, kini saatnya berpaling pada Agapornis taranta.

Masih dari dataran Afrika, Agapornis taranta atau lovebird sayap hitam berasal dari tanah Ethiopia. Habitat aslinya alah di dataran tinggi pada bagian selatan Eritra hingga ke barat daya Ethiopia.

lovebird sayap hitam

Lovebird sayap hitam – sumber: burungdunia27.blogspot.com

Sekilas Tentang Lovebird Sayap Hitam

Lovebird sayap hitam menghuni dataran tinggi Ethiopia yang dingin, berkabut, serta basah. Mereka bertahan hidup dengan memakan biji-bijian seperti biji buah ara atau biji bunga matahari. Namun tidak jarang pula burung ini tampak memakan jagung dan juga apel.

Saat musim kawin, lovebird sayap hitam akan membangun sarangnya di rongga-rongga pohon. Saat bertelur, lovebird sayap hitam betina mampu memproduksi tiga hingga empat butir telur.

Telur-telur tersebut dierami oleh sang betina selama kurang lebih 23 hari, dan baru akan keluar sangkarnya saat menginjak usia 45 hari pasca menetas. Sama halnya dengan karakter burung lovebird asal Afrika lainnya, lovebird sayap hitam pun tergolong sulit untuk ditangkar.

Ciri Pada Lovebird Sayap Hitam

Sesuai dengan namanya, pada bagian sayap, khususnya di bagian pinggirnya terdapat bulu berwarna hitam yang memanjang dari pangkal sayap hingga ke ujungnya. Ukuran tubuh dari lovebird ini bisa mencapai 15 – 16,5 cm dengan berat pada kisaran 55 – 65 gr.

Untuk lebih jelasnya, silahkan disimak ciri atau kenampakan umum lovebird sayap hitam berdasarkan alat kelamin dan juga usianya.

Lovebird Sayap Hitam Jantan

  • Warna bulu pada lovebird sayap hitam jantan didominasi dengan warna hijau dengan kombinasi kekuning-kungingan pada bagian ujungnya.
  • Dahi, lorus, dan juga lingkaran mata berwarna merah
  • Bulu terbangnya berwarna hitam, sedangkan ekornya berwarna hijau
  • Untuk paruh pada pejantannya lebih condong ke waran merah merjan tua, sedangkan iris matanya berwarna cokelat gelap
  • Bagian kaki dari lovebird sayap hitam jantan berwarna abu-abu

Lovebird Sayap Hitam Betina

Pada lovebird sayap hitam betina, warna hijaunya lebih dominan lagi. Pada bagian bawah saya, jika tidak berwarna hijau, maka warnanya cenderung pada hitam kecoklatan. Demikian pula untuk lingkar matanya berwarna hijau.

Lovebird Sayap Hitam Muda

Untuk menandai lovebird sayap hitam muda dan dewasa tidaklah sulit. Coba diamati pada warna bulunya. Bulu pada lovebird sayap hitam muda memiliki karakter yang sama dengan jenis betinanya. Yang membedakan adalah warna paruh dari Agapornis taranta muda lebih mengarah ke kuning kecoklatan.

Kesimpulan

Lovebird sayap hitam identik dengan ciri warna buluny yang didominasi dengan warna hijau. Untuk pejantan, warna hijau ini berkombinasi dengan warna merah di dahi, lorus, dan juga lingkar matanya. Sedangkan untuk sang betina, warna hijau bisa menutup seluruh tubuh mulai dari lingkar mata hingga ke ekornya.