Hobi Burung

Ciri Lovebird Kaca Mata Topeng (Agapornis personata)

lovebird kacamata topeng

Lovebird kaca mata topeng – sumber: lovebirdindonesia.com

Ciri lovebird kaca mata topeng – Berasal dari timur laut negara Tanzania, lovebird kaca mata topeng lalu menyebar ke bagian Tanzania Utara dan Tengah. Begitu dikenal luas oleh masyarakat dunia, burung lovebird kaca mata topeng ini secara perlahan menyebar ke berbagai penjuru dunia dan memikat para lovebird lover.

Tepatnya pada tahun 1800 an-lah burung lovebird kaca mata topeng mulai dikenal, dan akhirnya dibawa keluar Afrika sekitar tahun 1920. Sementara itu, habitat asli dari burung ini adalah padang rumput dengan pohon baobab yang banyak menyediakan celah.

Lubang-lubang atau celah inilah yang dijadikan sarang oleh lovebird kaca mata topeng. Burung ini membangun sarangnya dengan bahan-bahan yang diangkut menggunakan paruhnya.

Dibangun di antaran celah-celah pohon baobab, sarang ini biasanya memuat sekitar 4 – 5 butir telur. Dalam kurun waktu 23 hari saja, maka telur-telur berwarna putih tersebut akan menetas dan melahirkan generasi baru lovebird kaca mata topeng.

Sebenarnya apa yang membedakan lovebird kaca mata topeng dengan jenis lovebird lainnya? Silahkan simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Ciri Lovebird Kaca Mata Topeng

Memiliki panjang tubuh rata-rata 14,5 dan bobot antara 43 – 47 gr, lovebird kaca mata memiliki ciri paling menonjol berupa klep yang lebih tebal dan menonjol dibanding dengan lovebird lainnya.

Sangat sulit untuk membedakan antara lovebird kaca mata jantan dan juga betinanya, karena keduanya mempunyai kemiripan dalam ciri fisik. Namun untuk ciri umumnya, bisa Anda lihat di bawah ini.

Lovebird kaca mata topeng dewasa

Ciri dari lovebird kaca mata topeng dewasa adalah sebagai berikut:

  • Warna bulu tubuhnya didominasi oleh warna hijau
  • Lorus, ubun-ubun, serta pipi bagian depannya berwarna hitam kecokelatan
  • Bulu di bagian kepala lainnya kehitam-hitaman namun sedikit pudar
  • Bulu pada kerongkongan berwarna oranye mengarah kemerahan
  • Bagian atas dada dan juga kerahnya memiliki warna kuning
  • Bulu ekor identik dengan warna hijau
  • Lingkar matanya putih
  • Paruh berwarna merah, dengan iris kecoklatan, dan kakinya abu-abu.

Lovebird kaca mata topeng muda

Sementara itu, lovebird kaca mata topeng muda dapat dikenali dengan:

  • Warna bulu yang lebih pudar dibandingkan dengan lovebird kaca mata topeng dewasa, utamanya di bagian kepalanya
  • Pada pangkal paruhnya, terdapat semacam bercak hitam.

Mutasi Warna Lovebird Kaca Mata Topeng

Sejak tahun 1920, telah dikenal mutasi warna pada burung lovebird kaca mata topeng ini. Mutasi tersebut adalah warna biru yang juga menjadi mutasi awal dalam genus lovebird.

Mutasi lainnya merupakan hasil dari penangkaran selektif semisal Biru Kobalt yang selanjutnya bermutasi kembali menjadi ungu muda (hitam).

Burung lovebird kaca mata topeng ini tergolong salah satu jenis lovebird yang mudah dikembang biakkan. Oleh sebab itulah, di Indonesia kita dapat menemukan burung ini dengan mudahnya.

Kesimpulan

Lovebird kaca mata topeng yang berasal dari Tanzania Utara dan Tengah ini memiliki ciri khusus pada klep atau lingkar matanya. Berwarna putih dan lebar, klep tersebut mempertegas penampakan mata burung ini yang berwarna kecoklatan.

Hingga kini, mutasi warna yang dikenal pada lovebird kaca mata topeng adalah warna biru, yang pertama kali diketahui sekitar tahun 1920.

Itulah ciri-ciri dari lovebird kaca mata topeng yang bisa kami sampaikan pada halaman ini. Jika ada yang perlu ditambahkan atau dikoreksi, silahkan hubungi kami via kolom komentar yang tersedia.

Terima kasih atas kunjungannya, tetap pantau hobiburung.org untuk mendapatkan info lengkap dan akurat tentang burung peliharaan kesayangan Anda.