Hobi Burung

Taukah Kamu Tentang Lovebird Kacamata Nyasa (Agapornis lilianae) ?

Lovebird kaca mata nyasa (Agapornis lilianae) – Kumpulan dari burung lovebird yang satu ini banyak terdapat pada daerah Tanzania Selatan di bagian barat laut Mozambique, Malawi, Bagian tenggara dari Zambia, serta Zimbabwe utara.

Di habitat aslinya, lovebird kacamata nyasa senang berada di pepohonan Mopane atau di area yang memiliki pepohonan akasia. Biasanya daerah tepi danau atau sungai menjadi tempat favorit dari lovebird kacamata nyasa ini.

Sekilas Tentang Lovebird Kacamata Nyasa

lovebird kacamata nyasa

lovebird kacamata nyasa – sumber: lovebird.info

Hidup dalam kelompok-kelompok besar di musim dingin atau saat musim kawin tiba, jumlah populasi dari burung ini diketahui kian hari kian menurun.

Pada tahun 2004 saja, populasi burung ini tinggal 20.000 ekor, dan menyusut dari tahun ke tahun. Yang jelas, menurunnya jumlah dari lovebird kacamata nyasa ini adalah disebabkan oleh habitatnya yang rusak oleh tangan manusia.

Penggundulan hutan untuk lahan budidaya ata pertanian, serta penebangan liar menjadi aktor utamanya.

Kini selain mengandalkan pertumbuhan secara alami di alam liar, konservasi dari lovebird kacamata nyasa dilakukan dengan cara penangkaran di rumah ternak oleh para breeder. Diketahui dalam sekali bertelur, lovebird kacamata nyasa mampu menghasilkan 3 – 8 butir telur.

Telur ini akan dierami selama 22 hari, dan anakannya akan keluar dari sarang saat berusia 44 hari pasca menetas. Selain mudah untuk diternak, metode penangkarannya pun tidak terlalu sulit, bahkan dapat ditangkar dalam kandang koloni atau secara berkelompok.

Pakan yang disukai oleh jenis lovebird ini adalah millet, beras liar, biji rumput, bunga, biji-bijian, dan juga buah segar.

Ciri-Ciri Lovebird Kacamata Nyasa

Lovebird kacamata nyasa jantan dan betina agak sulit untuk dibedakan karena penampakan fisik mereka nyaris sama. Namun untuk menilai usia sang burung, kita bisa melihat pada ciri-ciir berikut ini.

Ciri lovebird nyasa dewasa:

  • Warna dominan pada bulunya adalah hijau dan lebih kekuningan pada bagian bawahnya, demikian pula untuk tunggirnya.
  • Dahi, kerongkongan berwarna oranye dan akan berubah menjadi merah muda kekuningan saat tiba di bagian mahkota, lorus, pipi, serta bagian atas dada.
  • Ekornya hijau
  • Klep atau lingkar matanya putih dengan paruh berwarna merah tua
  • Iris berwarna kecoklatan mengarah ke merah tua
  • Sementara kakinya berwarna abu-abu kecoklatan

Ciri lovebird kacamata nyasa muda

Sementara itu burung lovebird kacamata nyasa muda memiliki ciri:

  • Bulu pada pipinya berwarna kehitaman
  • Pada pangkal paruhnya terdapat bercak kecil berwarna hitam

Kesimpulan

Burung lovebird kacamata nyasa memiliki perpaduan warna yang menarik yaitu hijau terang dengan kepala didominasi oleh warna oranye mengarah ke merah pada dahinya.

Untuk membedakan pejantan dan betinanya memang sulit, namun tidak demikian dengan usianya. Lovebird kacamata muda memiliki penampakan yang jauh berbeda dengan lovebird kacamata nyasa dewasa.

Jika bagian kepala dari lovebird ini berwarna kehitaman, maka dipastikan itu adalah lovebird kacamata nyasa yang masih muda.

Semoga informasi ini bisa membantu, salam kicau mania!