Hobi Burung

Ternyata Ada Juga Lovebird Kacamata Pipi Hitam (Agapornis nigigrenis) Jenis Lovebird yang Unik

Lovebird kacamata pipi hitam (Agapornis nigrigenis) – Selamat datang kembali di hobiburung.org, ruang untuk berbagi informasi seputar burung peliharaan dan juga fakta menarik lainnya.

Kali ini kita akan membahas tentang salah satu spesies lovebird yang istimewa oleh karena perpaduan warna bulunya yang unik.

Lovebird kacamata pipi hitam, atau dalam bahasa latin disebut Agapornis nigregenis adalah burung lovebird yang senang mendiami hutan gugur untuk mencari persediaan makanan dan minuman. Pakan dari hewan cantik ini bisa berupa biji rumput tahunan, sayuran, larva serangga, atau juga milet.

lovebird kacamat pipi hitam

Lovebird kacamata pipi hitam – sumber: bogorlovebirdcommunity.blogspot.com

Sekilas Tentang lovebird Kacamata Pipi Hitam

Berasal dari Zambia bagian barat, lovebird kacamata pipi hitam sebenarnya sangat muda untuk ditangkarkan. Namun beberapa peraturan di negara asalnya membatasi ekspor ke luar negeri. Maka keberadaan lovebird jenis ini memanglah masih langkah di Indonesia.

Dengan kenyataan yang demikian, penggemar dari lovebird kaca mata hitam pun akhirnya berkurang. Padahal dalam hal perawatan, burung ini tidaklah sulit, bahkan bisa dicampur dengan burung lainnya. Saat musim kemarau tiba, burung ini dapat berkumpul dalam sebuah kelompok besar.

Tidak tanggung-tangung, jumlah dalam tiap kelompoknya bisa mencapi 800 ekor atau lebih.

Ciri-Ciri Lovebird kacamata pipi hitam

Panjang tubuh dari lovebir kacamata pipi hitam adalah sekitar 13,5 cm,dan bobotnya mencapai 36 hingga 52 gr. Dominasi warna hijau pada lovebird jenis ini membuat kita akan kesulitan saat harus membedakan pejantan dan betina.

Namun berdasarkan ciri-ciri fisik dan juga warna bulunya, berikut ini kiat membedakan burung lovebird kacamata pipi hitam dewasa dan lovebird kacamata pipi hitam muda.

Lovebird kacamata pipi hitam dewasa

  • Bulu tubuhnya didominasi warna hijau, dan akan berubah kekuningan pada tubuh bagian bawahnya serta tunggir.
  • Dahi dan ubun-ubun depannya memiliki warna cokelat kemerahan, sedangkan ubun-ubun belakang dan tengkuknya berwarna hijau kekuningan sedikit tua
  • Lorus, kerongkongan, dan juga pipinya berwarna kecoklatan
  • Pada bagian atas dadanya didominasi warna merah oranye pucat
  • Ekornya berwarna hijau
  • Lingkar mata atau klep berwarna putih
  • Paruh berwarna merah tua dengan iris yang kecoklatan
  • Sementara untuk kakinya berwarna abu-abu kecoklatan

Lovebird kacamata pipi hitam muda

Warna bulunya serupa dengan lovebird kacamata pipi hitam dewasa, hanya saja yang membedakan adalah pada pangkal paruh bagian atasnya terdapat bercak hitam. Sementara warna iris matanya adalah cokelat muda.

Kesimpulan

Burung lovebird kacamata pipi hitam ini termasuk langkah di Indonesia, namun tidak di negara asalnya. Peraturan setempat melarang jenis lovebird yang cantik ini meyeberang ke lain negara.

Namun melalui gambarnya kita dapat melihat bahwa lovebird ini memiliki perpaduan warna yang unik dan juga cantik.

Semoga artikel yang kami sajikan ini dapat membantu para pembaca sekalian untuk mengenal lovebird kacamata pipi hitam ini. Jika ada kritik atau pun saran yang perlu disampaikan, kami akan menyambut dengan senang hati. Terima kasih telah mampir, sampai berjumpa kembali di artikel-artikel menarik lainnya.

Salam lovebird lover!