Hobi Burung

Ragam Mutasi Warna Burung Parkit Australi Beserta Harganya

Ragam mutasi warna burung parkit australi beserta harganya – Parkit australi atau yang disebut juga dengan cockatiel adalah jenis burung yang menjadi favorit para breeder karena sangat mudah untuk dieksplorasi ragam warnanya melalui mutasi.

Yang lebih unik lagi, biasanya para breeder tidak akan berhenti pada satu mutasi. Tetapi terus melakukan perkawinan silang demi mendapatkan varian atau turunan baru yang berbeda lagi.

Berikut ini adalah ragam warna parkit australi yang paling populer dan dianggap sebagai warna dasar mutasi.

Ragam Mutasi Warna Burung Parkit Australi Beserta Harganya

1. Pearl

pearl cockatiel

Pearl cockatiel – sumber: birdsnow.com

Pearl atau mutiara memiliki ciri berupa pola bintik-bintik yang menutupi seluruh tubuh burung parkit australi. pola atau bintik-bintik tersebut umumnya ditemukan pada bulu di bagian punggung dan juga sayap.

Keunikan dari burung parkit ini adalah saat menginjak usia dewasa, secara perlahan burung jantan akan kehilangan bintik-bintiknya dan akan semakin memudar seiring bertambahnya usia.

Hal tersebut mulai terjadi saat burung mengalami mabung pertamanya, sementara untuk betinanya, bintik atau pola tersebut akan tetap bertahan. Keunikan tersebutlah yang membuat kita dapat membedakan burung pearl jantan dan betina.

2. Cinnamon

cinnamon cockatiel

cinnamon cockatiel – sumber: kmbreeding.weebly.com

Pada cinnamon, mutasi yang terjadi adalah perubahan warna bulu yang semula abu-abu menjadi kecoklatan. Pada cockatiel jantan dengan warna cinnamon, tampilannya akan terlihat normal. Hanya saja warna wajahnya menjadi kuning cerah.

Sementara itu untuk sang betina penampilan fisiknya mirip, perbedaan ada pada tompel di pipinya yang berwarna oranye kusam, dan punya warna kuning atau putih di ekornya.

3. Pied

pied cockatiel

Pied cockatiel – sumber: pet4homes.co.uk

Pied adalah pola warna yang umum dijumpai pada burung parkit australi. Mutasi ini menghasilkan warna bulu putih atau juga kuning di area yang tidak diisi oleh burung normal.

Parkit australi dengan warna pied juga memiliki beberapa bercak dan warna pola, sedangkan di lokasi lainnya terdapat pula warna kuning atau putih tebal.

4. Whiteface

whiteface cockatiel

whiteface cockatiel – sumber: gumtree.com

Dinamakan whiteface karena mutasi ini menghilangkan semua pigmen kuning dan oranye, sehingga bagian yang biasanya berwarna kuning atau oranye akan berubah menjadi putih saat dikawinkan dengan cockatiel whiteface.

Wajah serta kenampakan warna kepalanya akan berubah putih total. Untuk burung betina dan juga anakannya, wajah akan terlihat kusam, namun sebenarnya itu adalah warna abu-abu kusam dan tompel yang pudar.

Perlu diingat, burung dengan mutasi pied whiteface ini akan memiliki bercak berwarna putih. Hal yang sama terjadi pada mutasi pearl whiteface, alasannya adalah karena gen whiteface akan menghilangkan semua pied kuning.

5. Lutino

lutino cockatiel

Lutino cockatiel – sumber: thebirdstore.com

Lutino merupakan warna umum yang kerap kita jumpai pada mutasi parkit australi. Warnanya terdiri dari cockatiel putih atau cockatiel dengan warna kuning solid.

Burung jantan, betina, dan juga anakannya memiliki ciri fisik yang sama, yaitu pada bagian kepalanya diisi dengan warna kuning cerah dengan tompel oranye terang. Jadi, Anda jangan percaya jika ada yang berkata bisa membedakan jenis kelamin burung ini lewat kecerahan warna tompelnya.

Pada dasarnya, kecerahan tompel dari jantan dan betina sama saja. Begitu pula dengan warna matanya yang merah, itu merupakan ciri khas dari lutino. Baik itu untuk cockatile, kenari, atau pun lovebird.

Yang membedakan adalah kadar merahnya. Ada yang merah tua, merah yang terdegradasi dari gelap ke terang, atau merah terang saja.

6. Albino

albino cockatiel

albino cockatile – sumber: queenslanderaviariess.com

Warna ini berasal dari perkawinan antara pasangan yang berwarna lutino berwajah putih. Cockatiel albino sudah tidak memiliki pigmen warna sehingga wajahnya tidak memiliki warna seperti jenis lainnya.

7. Dominant silver

dominant silver

dominant silver cockatiel – sumber: petsplus.ae

Warna ini mulai dikembangbiakkan di Inggris pada tahun 1979. Pejantannya memiliki warnayang rlatif lebih gelap dibanding dengan betina. Meskipun ada pula betina yang warnanya lebih gelap dibanding dengan betina lainnya. Untuk itulah kejelian diperlukan saat kita membedakan jenis kelamin burung ini.

8. Mutasi langkah pada cockatiel

fallow cocaktiel

fallow cockatiel – sumber: dailymotion.com

Selain warna-warna mutasi umum yang sudah kami sebutkan di atas, ada pula bebrapa mutasi langkah yang perlu Anda ketahui, berikut diantaranya:

  • Fallow
  • Silver
  • Olive
  • Pastel
  • Yellow face / Yellow cheek

Parkit australi merupakan salah satu jenis burung paruh bengkok yang kemampuannya menyamai kakaktua. Kita pun bisa melatih mereka menirukan siulan, atau diajak melakukan berbagai atraksi.

Kisaran harga yang kami dapatkan sampai saat ini adalah antara Rp 500 ribu untuk anakannya, dan Rp 1 juta – 3 juta untuk parkit dewasa. Harga ini bisa lebih tinggi lagi jika jenis mutasinya semakin langkah.

Kesimpuan

Itulah ragam warna mutasi burung parkit australi beserta harganya, semoga bisa membantu para pembaca sekalian yangberminat memlihara burung berbulu cantik ini.

Sampai bertemu di artikel-artikel menarik lainnya, salam kicau mania!