Murai Batu

Kenali 6 Jenis Burung Murai Batu Lengkap dengan Motif Ekornya

Jenis Murai Sabang

Hobiburung.orgPeminat Burung Murai Batu memang dari dulu tidak pernah sepi peminantya, mulai jenis murai batu ekor hitam sampai murai batu blorok yang saat ini sedang naik daun. bayak para pecinta murai mulai sadar akan berkurangnya jumlah populasi murai batu di hutan yang kini mulai menangkar kan burung murai batu. dari sekian banyak jenis burung murai batu yang masuk kedalam keluarga Muscicapidae ada beberapa jenis yang sangat populer di indonesia mulai dari murai nias, murai aceh / medan, murai borneo dan ada juga murai sabang yang terkenal memiliki ekor yang berwarna hitam dan panjang.

Setiap jenis dari murai batu pada umumnya memiliki karakteristik nya sendiri sendiri, misalnya saja murai kalmantan / borneo yang memiliki ciri khas pada saat berkicau, kemudian ada juga murai batu nias yang terkenal dengan ekornya yang berwarna hitam polos dan ada juga murai sabang yang terkenal memiliki ekor hitam dan panjang yang bahkan menurut informasi yang saya peroleh murai sabang bisa memiliki ekor dengan panjang lebih dari 30 cm sedangkan untuk sabang betina panjang ekornya bisa lebih dari 20 cm.

Akan tetapi saat ini banyak para kicaumanai yang agak ragu dengan KTP dari burung murai muda hutan yang beredar di pasaran. bukan tanpa alasan ya mungkin di karenakan stock murai hutan dari sumatra kian susah di dapatkan. Saat ini banyak pengepul murai yang mendatangkan burung murai batu dari negara tentanga. kalau di lihat sepintas nyaris tidak ada perbedaan yang cukup mencolok antara murai yang berasal dari negeri tetangga dengan murai yang berasal dari sumatra.

walaupun murai batu dari negeri tetangga bisa memiliki panjang ekor yang lebih dari 27cm akan tetapi kebanyakan para kicau mania di indonesia agak ragu dengan mental tempur yang dimilikinya. hal ini di karenakan tujuan utama para pemain murai indonesia adalah mengikutsertakan burung kicaunnya kedalam arena lomba bukan semata-mata di karenakan panjang ekor yang dimilikinya.

Ragam Jenis Murai Batu di Indonesia

Saat ini jenis yang masih mendominasi juara di latberan adalah murai WT (white tail)  / ekor putih yang berasal dari sumatra. Pada tahun 2008 – 2012 murai nias memang kurang di minati oleh para kicaumania. akan tetapi semua berubah ketika adanya burung murai nias yang bernama NATALIA ikut dalam kompetisi sekala nasional burung murai batu. yang awalnya murai nias kurang diminati, akan tetapi saat ini bisa di katakan banyak orang yang mencari murai nias. selain murai nias ada juga ragam jenis murai batu yang cukup banyak peminatnya apa saja itu ? silahkan di simak Kenali 7 Jenis Burung Murai Batu Lengkap dengan Motif Ekornya :

1. Murai Medan / Aceh

Murai medan ya menurut saya pribadi penyebutan murai medan adalah untuk burung murai yang memiliki ekor panjang saja yang berasal dari sumatra (baca lengkap tentang murai medan disini). saat ini saya rasa sudah sangat jarang di temui burung murai liar terutama di daerah medan mengingat banyaknya orang yang memburu burung tersebut. saat ini kebanyakan murai medan bukan berasal dari medan akan tetapi kebanyakan malah di ambil dari daerah sekitarnya misalnya saja pasaman, padang sidempuan bahkan di ambil dari semenanjung malaysia. untuk motif ekor sendiri kebanyakan burung murai medan / aceh memiliki ekor bermotif w / u / v. untuk burung yang menyandang nama murai medan pada umumnya memiliki ekor panjang dan juga body yang relatif lebih besar jika di bandungkan dengan burung murai asal indonesia lainnya (pengecualian untuk murai sabang).

Murai medan aceh

Murai medan aceh

2. Murai Batu Nias

Berbeda dengan murai batu aceh, murai nias atau sering disebut juga dengan blacktail pada umumnya memiliki ekor yang keseluruhan berwarna hitam mulus. dari segi fisik murai nias memiliki ukuran tubuh yang cenderung lebih kecil jika di bandingkan dengan murai medan / aceh. selain itu dada yang dimilikinya memiliki warna merah mirip punya murai lampung. saat ini permintaan pasar untuk burung nias bisa dikatakan cukup tinggi mengingat banyaknya para pengepul murai yang mendatangkan murai batu dari negeri tetangga. Murai black tail sendiri di bedakan menjadi 2 jenis lagi oleh para pedangang yakni nias biasa yang panjang ekornya kurang dari 17cm dan Nias Raja yang panjangnya berkisar 17 – 20cm.

Murai Nias

Murai Nias

3. Murai Balak Sabang

Mungkin bagi anda murai balak sabang masih terdengar agak asing. tapi perlu anda tau murai balak sabang merupakan salah satu murai asli indonesia yang memiliki ekor panjang berwarna hitam.berbeda dengan murai balak yang panjang ekornya kurang lebih di bawah 20 cm. Panjang ekor murai balak sabang bahakan bisa mencapai 28cm lebih dan bisa di katakan juga untuk saat ini merupakan salah satu burung murai yang memiliki harga jual paling tinggi. untuk indukan jantan saja harganya bisa lebih dari 20 juta. sedangkan untuk betinanya juga bisa lebih dari 15 juta. untuk anakan yang masih trotol ada teman saya yang kebetulan habis membeli trotol murai sabang usia 1,5 bulan dengan harga kisaran 4,8 juta coba bandingkan dengan trotol murai jenis lain ? cukup jauh bukan perbedaannya ?

Jenis Murai Sabang

Jenis Murai Sabang (sumber : balakdigdaya.blogspot.co.id)

4. Murai Kalimantan / Borneo

untuk jenis burung murai batu kalimantan ini juga sering dengan murai plendungan di karenakan gaya khasya ketika berkicau dengan mengembungkan bulu dadanya, selain itu murai borneo juga memiliki motif ekor yang berbeda dengan murai batu asal aceh yakni murai borneo pada umumnya memiliki 4 pasang ekor berwarna putih polos. untuk harga jualnya sendiri murai borneo / kalimantan pada umumnya memiliki harga pasaran sekitar Rp 1.500.000 untuk burung yang sudah gacor.

Ciri Khusus Murai Batu Kalimantan yang Perlu Anda Ketahui

Ciri Khusus Murai Batu Kalimantan yang Perlu Anda Ketahui

5. Murai Jawa

Murai batu asal jawa ini memang cukup sulit di temui di habitat aslinya bahkan di pasar pun burung larwo juga agak susah di temui. salah satu ciri khusus murai asal pulau jawa ini adalah gayanya yang khas ketika sedang berkicau. pada umumnya ketika berkicau murai jawa akan mengembungkan bulu-bulu di sekitar kepalanya. secara fisik murai jawa memiliki ukuran tubuh yang tidak terlalu besar (Seputar murai larwo lengkap : baca disini)

Ekor Murai Jawa

Ekor Murai Jawa

6. Murai balak 4 / 6 / 8

hampir mirip dengan murai sabang. murai balak pada umumnya juga memiliki notah putih di ujung ekornya akan tetapi pada umumnya murai balak ekornya tidak lebih dari 20 cm. dan biasanya mura balak merupakan hasil kawin silang antara murai medan / aceh dengan murai nias yang memiliki ekor warna hitam. untuk lebih jelasnya anda bisa melihat gambar di bawah ini :

Murai Balak 4 6 8

Murai Balak 4 6 8

mengidentifikasi asal murai batu berdasarkan ekronya memang cukup ampuh terlebih lagi kalau burung murai tersebut memiliki motif ekor yang jelas. seperti halnya murai nias yang memiliki ekor hitam ataupun murai borneo yang memiliki 4 pasang ekor berwarna putih polos. tapi terlepas dari motif ekor yang dimilikinya kembali lagi ke alasan utama memlihara burung kicauan adalah untuk memperdengarkan suara kicaunnya. dan panjang ekor menjadi nilai tambah ketika akan membeli burung kicauan.

Source : 

pola ekor murai batu, jenis murai batu, murai batu ekor panjang, murai bordan, ciri murai medan, harga murai sabang, murai balak sabang, gambar murai batu, murai kalimantan

7 Comments

7 Comments

  1. Kostrad

    Februari 16, 2017 at 4:06 pm

    Jos ajib bener murai sabangnya

  2. Murai Batu Lovers

    Februari 18, 2017 at 3:50 pm

    buset ga nangung – nagung panjang ekor murai sabangnya. tapi ane kok jarang ya liat murai sabang / ekor panjang lain ikut lomba burung berkicau, tau kenapa min ?

  3. Jiman

    Februari 19, 2017 at 5:31 am

    ada yang tau tempat yang jual trotol murai sabang ?

  4. Pingback: Download Suara Murai Nias / Ekor Hitam Kualitas Bagus Disni | Hobi Burung

  5. Pingback: Download Gratis Suara Murai Borneo / Kalimantan Disini | Hobi Burung

  6. Pingback: Download Mp3 Suara Murai Batu Juara dengan Isian Mewah Disini | Hobi Burung

  7. Pingback: Download Suara Murai Batu Gacor rasa Cililin Disini | Hobi Burung

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top
Please wait...

Dapatkan Sekarang

Dapatkan informasi terbaru seputar burung kicauan di hobiburung.org Eksklusif untuk anda masukan email anda sekarang juga