Jalak Suren

Perbedaan Antara Jalak suren Jantan dan Betina

Hobiburung.org – memang cukup susah dalam membedakan antara burung jalak suren jantan dan betina yang berusia kurang dari satu tahun setengah (belum dewasa). antara jalak suren jantan dan betina ketika masih trotol – muda memang memiliki harga dan bentuk fisik yang hampir sama persis mulai dari bentuk paruh, mata, postur tubuh, suara kicauan maupun warna pada bulu burung jalak suren. sangking susahnya membedakan antara jantan dan betina biasanya penjual hanya memberikan prediksi yang mungkin tingkat keakuratanya masih di pertanyakan alias belum pasti, kecuali jika jalak suren tersebut sudah dewasa biasanya penjual berani memberikan jaminan mengenai kepastian jenis kelamin burung jalak suren yang di jual.

Dalam membedakan anatara jalak jantan dan betina ada beberapa cara yang bisa anda gunakan yakni mulai dari mengamati tingkah laku, postur tubuh dan kicauan dan tentu saja hal tersebut memerlukan lebih dari satu burung yang nantinya bisa di jadikan pembanding antara jalak satu dengan burung jalak lainnya.

Membedakan Jalak Suren jantan dan betina yang masih Muda

sepert yang sudah saya katakan di atas untuk membedakan jalak suren jantan dan betina pada jalak yang masih muda memang cukup sulit karena tidak ada ukuran pasti seperti pada burung murai atau kacer yang dimana jantan dan betinanya bisa di lihat jelas pada warna bulu yang dimilikinya. beda kasus dengan jalak suren yang warna antara jantan dan betina hampir sama persis. akan tetapi jangan pesimis dulu anda bisa mencoba mengikuti beberapa cara di bawah ini :

Jalak suren muda

Jalak suren muda (sumber : abangkicaumania.blogspot.com)

Ukuran Tubuh Jalak Suren

jika anda berniat membeli jalak suren yang berjenis kelamin jantan pilihlah yang memiliki ukuran yang lebih panjang dari burung jalak suren lain. pada umunya jalak suren anakan yang di jual di pasaran di satukan dalam satu kandang besar memang cara ini membutuhkan waktu dan kejelian untuk membandingkan antara jalak suren satu dengan jalak suran lainnya.

Dubur Jalak Suren

setelah anda mendapatkan pilihan maka tiba saatnya untuk melihat lebih dalam lagi jalak suren yang anda pilih tadi. coba pegang jalak suren tersebut dan kemudian lihat pada bagian dubur / anus burung jalak suren tersebut jika jalak suren pilihan anda memiliki warna kebiruan di sekitar anusnya kemungkinan besar burung tersebut adalah jalak suren jantan. namun yang jadi masalah adalah pada jalak suren yang masih muda biasanya warna kebiruan tersebut belum keluar.

Warna bulu Jalak Suren

banyak informasi di internet yang intinya kurang lebih mengatakan jika jalak suren jantan pada umumnya memiliki pipi berwarna putih yang ada garisnya sedangkan yang betina biasanya memiliki bulu putih yang berbentuk bulat perlu anda ketahui hal tersebut tidaklah benar di karenakan itu sudah beda jenis jalak suren seperti yang sudah saya tulis pada artikel sebelumnya. sedangkan untuk warna bulu pada anakan menmang susah untuk di bedakan kecuali jika burung tersebut sudah dewasa.

Membedakan Jalak Suren Jantan dan betina Dewasa

Pada jalak suren dewasa biasanya organ reproduksinya sudah matang dan perbedaanya juga sudah bisa di lihat dengan mata telanjang jadi jangan heran jika penjual biasanya berani memberikan garansi / jaminan mengenai jenis kelamin burung tersebut dan apa rahasianya silahkan amati cara di bawah ini.

Dubur Jalak Suren Dewasa

jalak yang masih muda pada umumnya memang belum terlihat ciri – cirinya akan tetapi pada jalak suren yang sudah dewasa yang sudah berumur lebih dari satu tahun setengah biasanya ciri khasnya sudah terlihat yakni warna biru di sekitar dubur burung jalak suren.anda bisa mencoba dan mebuktikannya sendiri dengan melihat secara langsung pada jalak suren yang anda miliki. agar warna biru di sekitarnya bisa terlihat lebih jelas anda bisa membasahi dengan air bulu di dubur jalak suren tersebut agar bulu-bulu di sekitar anusnya tidak menutupi ciri khasnya.

Jalak Suren Jantan dan betina

Jalak Suren Jantan dan betina (sumber agrobur)

Bagaimana dengan Jalak Suren Betina ?

untuk jalak suren betina yang sudah dewasa biasanya tidak memiliki warna kebiruan di sekitar anus / duburnya. jadi ketika anda ingin menangkarkan burung jalak suren anda bisa mencampurkan satu jalak suren yang memiliki anus yang berwarna kebiruan dan yang satunya tidak memiliki warna kebiruan cukup mudah bukan.

1 Comment

1 Comment

  1. Purvoto

    April 28, 2017 at 9:10 am

    yang betina lebih cerewet biasanya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top