Ragam Pakan dan Vitamin untuk Pleci agar Gacor

Hobiburung.org – Ragam Pakan dan Vitamin untuk Pleci agar Gacor mulai dari buah – buahan, serangga serta beragam vitamin yang bisa anda berikan untuk menunjang kebutuhan tubuh burung pleci yang anda miliki. selain kesabaran faktor yang tidak kalah penting agar burung pleci yang anda miliki adalah faktor pakan, cukup banyak ragam pakan yang bisa anda berikan untuk burung pleci mulai dari buah buahan seperti pisang kepok, apel, pepaya buah peer bahakan ada juga yang memberikan strobery untuk burung pleci, selain buah buahan pleci juga mau memakan seranga kecil seperti ulat kandang, ulat hongkong dan juga kroto sedangkan jangkrik tidak semua pleci mau memakannya salah satu penyebabnya adalah pada umumnya jangkrik memiliki ukuran yang terlalu besar untuk di konsumsi burung pleci (pengecualian untuk jangkrik alam).

Sedangakn vitamin saya rasa cukup banyak di jual di pasaran mulai dari produk milik om kicau seperti birdfit, TestoBird Booster, ebod joss dan masih banyak lainnya, selain vitamin kadang juga banyak yang memberikan larutan penyegar untuk burung peci salah satu tujuan di berikannya penyegar adalah untuk mengatasi serak dan untuk melancarkan suaranya akan tetapi perlu di perhatikan jangan sampai memberikan larutan penyegar berlebihan seperti pemberian setiap hari tentu di samping memiliki efek yang bagus perlu di perhatikan juga efek negatifnya. anda bisa memberikan larutany penyegar 2 minggu sekali atau cukup satu minggu sekali dan jangan berlebihan.

untuk pemberian pakan saya sarankan agar tidak terlalu berlebihan cukup jadikan voer sebagai makanan utamanya. cukup pilih satu produk yang voer misalnya leopard, ebod ronggolawe, chirpy, kroto sari, 220 volt, dan masih banyak yang lainnya dan cukup pilih salah satu sedangkan untuk vitamin bisa anda berikan ketika burung pleci yang anda pelihara terlihat kurang sehat seperti ketika pleci lebih banyak diam dan juga mengembungkan bulu – bulunya dan juga terlihat lemas.

Pakan dan Vitamin untuk Burung Pleci

Makanan Untuk Pleci

Makanan Untuk Pleci

1. Pisang Kepok

Pakan Pleci Pisang Kepok

Pakan Pleci Pisang Kepok

ini merupakan salah satu pakan favorit untuk burung pleci, agar pleci cepat mau makan voer biasanya para kicaumania mencampurkan voer dengan pisang selama beberapaa hari dengan tujuan agar pleci mau mengkonsumsi voer. dalam pisang kepok terdapat kandungan seperti kalori, vitamin c, vitamin b6, kalium dan lain sebaginya. cukup banyak manfaat yang bisa di dapat dari pisang kepok di antaranya :

  • Melancarkan Pencernaan hal ini di karenakan kandungan serat yang terdapat dalam buah ini selain itu jika anda amati fases yang dihasilkan juga tidak terlalu lunak dan encer.
  • Dapat Mengatasi Stress burung pleci bakalan memang sangat cocok jika di berikan pisang kepok hal ini di karenakan pisang kepok juga bisa digunakan untuk menghilangkan stress dan depresi

2. Gambas / Oyong

Pakan Pleci gambas

Pakan Pleci gambas

jika pleci yang anda pelihara terlihat kegemukan anda bisa memberikan gambas . oyong di karenakan dalam gambas / oyong rendah kalori, bebas lemak dan juga padat nutrisi. selain itu gambas memiliki kandungan seperti serat yang cukup tinggi, vitamin k dan vitamin c, vitamin b3, vitamin b1 dan juga vitamin b6 dan lain sebagiannya banyak manfaat yang bisa di dapatkan dari sayur yang satu ini di antaranya :

  • Membantu menyembuhkan cacingan
  • Melancarkan peredaran darah
  • Memberikan energi untuk tubuh
  • dan mamsih banyak lagi manfaat dari gambas / oyong

3. Pepaya

Pakan Pleci Buah Pepaya

Pakan Pleci Buah Pepaya

Pepaya juga menjadi salah satu makanan favorit untuk burung pleci anda juga bisa memberikan pepaya setiap hari untuk burung pleci ang anda miliki banyak manfaat yang di dapatkan setelah mengkonsumsi pepaya, didalam buah pepaya terdapat berbagai vitamin seperti vitamin c, b1, b2, b3, b5, b6, b9, e dan k. dan perlu anda ketahui vitamin c yang terkandung dalam buah pepaya bisa dikatakan lebih yinggi jika di bandingkan dengan jeruk dan lemon dan berikut beberapa manfaat dari buah pepaya :

  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Dapat mengurangi risiko hipertensi
  • Baik untuk pencernaan

4. Ulat Kandang / Ulat Balap

di setiap kios pakan burung biasanya selalu menjual ulat kandang selain memiliki harga yang cukup murah ulat kandang juga bisa dikatakan cukup mudah di temui. banyak yang menggunakan ulat kandang sebagai salah satu pakan tambahan untuk burung pleci auventer maupun pleci buxtoni Dan berikut beberapa manfaat ulat kandang yang perlu anda ketahui :

  • Dapat merangsang birahi burung
  • Banyak yang mengatakan ulat kandang cukup bermanfaat untuk mengacorkan burung pleci

5. Ulat Hongkong

ulat hongkong memang memiliki bentuk yang hampir mirip dengan ulat kandang hanya saja ukuran yang dimilikinya lebih besar jika di banidingkan dengan ulat kandang. biasanya para kicau mania memberikan ulat hongkong ketika burung akan di ikut sertakan dalam lomba dan dengan porsi yang tidak terlalu banyak mungkin hanya sekitar 2 ekor / hari. bayak yang mengatakan jika memberikan ulat hongkong pada burung akan menghasilkan efek panas (belum ada penelitian secara ilmiah) dari dalam yang bisa mengakibatkan burung jadi lebih rajin bunyi akan tetapi jika di berikan dalam porsi yang bayak dapat mengakibatkan bulu burung pleci jadi rontok .

6. Kroto

sejak dari dulu kroto memamng menjadi salah satu pakan yang dianggap paling bagus untuk mengacorkan burung kicauan. memang cukup banyak manfaat yang bisa di dapatkan ketika mengkonsumsi kroto akan tetapi menurut pengalaman om yuli yang di tulis dalam artikel omkicau.com yang kurang lebih intinya burung pleci yang di berikan kroto kebanyakan hanya rajin ngriwik dan teler berbeda dengan pleci yang di berikan ulat kandang yang rata-rata malah mau bersuara keras dan ngalas.

Baca Juga : Cara Cepat Agar Pleci Jadi Gacor dan Buka paruh

pemberian pakan untuk burung pleci memang cukup berpengaruh terhadap rajin atau tidaknya burung pleci dalam berkicau selain pakan juga banyak fator lainnya seperti burung pleci itu sendiri, kebersihan kandang dan pakan, suasana lingkungan sekitar, penjemuran, mandi dan lain sebagianya. pemberian pakan tergantung dari kebutuhan misal jika pleci sedang kurang bersemangat berkicau anda bisa memberikan ulat kandang / ulat balap, jika pleci terlihat sedang stres anda bisa memberikan pisang kepok, jika pleci sering sakit-sakitan anda bisa memberikan pepaya selain itu jika di rasa masih kurang anda bisa memberikan vitamin tambahan.