Seputar Burung Pleci Lengkap, Jenis, Makanan dan Harganya

Burung Pleci merupakan burung berukuran kecil yang cukup digemari dewasa ini. Meskipun kecil, kemampuan kicau burung ini bisa diandalkan dan cukup menghibur. Bahkan telah ada perlombaan burung yang sering melibatkan jenis burung Pleci ini.

Jenis Pleci ini sangat populer pada tahun 2014 hingga 2015. Namun hingga saat ini, masih memiliki banyak penggemar. Hal itu membuat permintaan burung jenis ini di pasaran cukup tinggi. Tidak sedikit juga yang menangkarkan jenis burung ini karena hal tersebut.

Spesies burung ini memiliki habitat di kawasan tropis dan subtropis. Kita bisa menemukan persebaran di Asia, seperti India, China, dan Indonesia. Dinegara kepulauan seperti Indonesia, terdapat spesies Pleci endemik yang hanya hidup di tempat itu saja.

Burung Pleci yang berukuran kecil dan berwarna kehijauan ini cukup diminati karena suaranya yang menarik. Dengan harga yang relatif terjangkau, burung ini memiliki segmen tersendiri. Melatih burung ini bisa membuat penggemar burung akan lebih rileks dan terhibur.

Burung Pleci

jenis burung pleci

jenis burung pleci

Dalam hal perilaku, burung Pleci merupakan jenis burung yang bergerombol atau memiliki koloni. Dalam mencari makan dan berburu, burung ini selalu berkelompok. Dengan demikian, bila kita melihat 1 ekor burung Pleci di alam liar, berarti disekitar tempat itu ada banyak burung Pleci yang mencari makan.

Ketika bergerombol membentuk koloni, burung Pleci ini bahkan bisa bergabung dengan jenis lain. Dengan demikian, burung yang lincah ini bisa terlindung dari predator. Jumlah mangsa yang banyak bisa mengecilkan kemungkinan burung ini tertangkap.

Jenis Burung Pleci di indonesia

di indonesia ada beberapa burung pleci yang sering beredar di pasaran pada umumnya orang indonesia menyebut burung pleci berdasarkan ciri fisik dan juga daerah asalnya seperti burung pleci dakun maput untuk burung pleci yang memiliki dada warna kuning dengan mata yang berwarna putih, pleci dakun mata coklat, kemudian ada juga pleci dada putih / daput, pleci bali, pleci sumbawa, pleci flores dan bahkan ada yang menyebut dengan isitilah pleci jawa. terlepas dari penyebutan-penyebutan di atas berdasarkan informasi dari berbagai sumber hobiburung.org merangkum kurang lebih ada 4 jenis burung pleci yang populer di indonesia diantaranya :

Pleci Jawa (Zosterops flavus)

mengacu pada informasi dari wikipedia mengenai burung kacamata jawa, burung ini memiliki ciri fisik berupa warna tubuh yang didominasi oleh warna kucing dan memiliki ukuran yang cukup kecil. berbeda dengan pleci laut yang memiliki ukuran lebih besar.

Pleci Auriventer (Zosterops palpebrosus auriventer)

salah satu ciri fisik dari burung pleci auriventer adalah warna pada bulu dada yang dimilikinya. berbeda dengan burung pleci jawa yang memiliki dada berwrna kucing. pleci auriventer memiliki dada yang berwarna abu-abu dan memiliki ukuran tubuh dan kacamata lebih besar Jjika di bandingkan dengan pleci jawa. di indonesia berdasarkan informasi dari omkicau.com burung pleci jenis ini hanya bisa di temui di sumatra dan kalimantan.

Pleci Montanus (Zosterops montanus)

pleci montanus atau sering juga disebut dengan pleci gunung. ciri fisik untuk jenis burung ini adalah memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari pleci buxtoni maupun dari pleci auriventer sedangkan bulu pada bagian dada / perut didominasi oleh warna keabu-abuan dan sebagian ada juga yang memiliki garis kuning seperti pleci buxtoni.

Pleci Buxtoni (Zosterops palpebrosus buxtoni)

pleci buxtoni memiliki daerah penyebaran di sekitar sumatran dan jawa barat. secara fisik burung ini memiliki ukuran yang lebih kecil jika di bandingkan dengan pleci daput (dada putih lain seperti pleci montaus dan pleci aruventer).

selain 4 jenis burung pleci di atas sebenarnya di indonesia masih terdapat cukup banyak jenis burung pleci yang tersebar di indonesia misalnya saja kacamata papua, kacamata sulawesi, kacamata laut, kacamata makasar, kacamata biak, kacamata ambon dan ada satu lagi kacamata togian (Zosterops somadikartai).

Makanan Pleci

pisang kepok untuk pleci

Pisang kepok sebagai salah satu makanan untuk burung pleci (sumber : kuliner.cahiya.com)

Makanan bagi burung Pleci di alam liar adalah buah buahan seperti pisang, pepaya danserangga kecil yang biasanya ada di sela pohon. Namun burung ini juga bisa mengonsumsi nektar atau sari tanaman dan juga buah-buahan. Dengan cara makan yang fleksibel, burung jenis Pleci ini bisa bertahan hidup dan mudah beradaptasi.

Apabila ditangkarkan atau dijiakkan, burung Pleci bisa makan berbagai jenis makanan buatan seperti voer. Selain itu, kita bisa menambahkan sayuran dan serangga agar makanan bisa lebih bervariasi. Dengan demikian, maka burung akan lebih sehat dan bisa berkicau dengan sempurna.

Dengar Suara Pleci

seperti yang sudah di sebutkan di atas burung pleci memang memiliki cukup banya jenisnya. akan tetapi salah satu suara pleci yang paling disukai oleh kebanyakan kicaumanai di indonesia adalah suara pleci ketika sedang ngalas sambil membawakan isian-isian yang dimilikinya. sebagai contoh adalah suara pleci bukaparuh dengan isian suara kenari yang saya rasa sangat bagus untuk di dengarkan.

Video Pleci

walaupun burung pleci memiliki ukuran yang tidak terlalu besar akan tetapi kalau sudah “jadi” jangan sekali kali meremehkan suara kicauan dan gaya burung pleci ketika sedang berkicau. pada lomba burung berkicau khususnya kelas pleci pada umumnya burung pleci hanya akan diam di satu tempat sambil membawakan lagu dan isian yang dimilikinya.


berikut adalah salah satu video pilihan dari youtube yang saya rasa cocok untuk di lihat dan di dengarkan oleh para kicaumania khusunya pengunjung situs hobiburung.org.

Kumpulan Gambar Pleci

Banyak jenis Pleci yang bisa kita identifikasi sesuai dengan corak bulu yang ada. Dengan teknologi persilangan saat ini, kita bisa mendapatkan jenis baru yang selama ini belum ditemukan. Burung yang memiliki migrasi terbatas ini memiliki corak yang berbeda antara satu tempat dengan tempat lain.

Burung Pleci yang memiliki ukuran cukup kecil 10 hingga 11 cm ini memiliki warna hijau dengan kombinasi kuning. Seain itu, ada juga warna hijau kekuningan dengan warna putih, hingga akan tampak sebagai burung yang bersih dan terawat.

Makanan Untuk Pleci

Makanan Untuk Pleci

Burung Pleci Buka Paruh

Burung Pleci Buka Paruh (IG : @ilhampleci)

Suara Burung Pleci Gacor

Burung Pleci (IG : @aditya_5146)

Kisaran Harga

Patokan harga burung jenis ini terkadang memiliki perbedaan antara satu tempat dengan tempat yang lainnya. Burung  Pleci anakkan dada kuning akan memiliki harga yang berbeda dari yang berdada putih. Karena itu, corak burung akan mempengaruhi harga yang ditawarkan.

Baca Juga : Seputar Burung Jalak Nias, Ciri Fisik, Makanan, dan Suara Kicauannya

Dari berbagai macam jenis burung Pleci, rata-rata untuk anakkan bisa mencapai harga 50 ribu rupiah. Sedangkan untuk burung yang belajar buka mulut akan berada pada kisaran 150 ribu. Apabila kita menginginkan burung yang sudah gacor, harga bisa mencapai 250 ribu rupiah bahkan lebih. Harga ini jauh lebih murah dibandingkan dengan harga Murai Batu yang bisa sampai jutaan rupiah.