Lainnya

Seputar Burung Jalak Nias, Ciri Fisik, Makanan, dan Suara Kicauannya

Burung jalak nias

Jalak Nias terkadang dikenal juga sebagai Jalak Tengahan. Hal ini karena popularitasnya diantara dua burung. Burung ini lebih populer dibandingkan dengan Jalak Kebo namun masih kalah populer dibandingkan dengan Jalak Suren.

Meskipun memiliki nama Jalak Nias, namun asal burung ini bukan dari Nias. Burung Jalak jenis ini memiliki persebaran merata di kawasan Asia Tenggara, Afrika, dan Amerika. Di Indonesia sendiri, Jalak Nias menyukai habitat dengan ketinggian sekitar 3.000 mdpl di kawasan pegunungan.

Burung jenis ini dialam bebas tergolong memiliki kemampuan reproduksi yang tidak terlalu tinggi. Hal ini karena Jalak Nias bersifat monogami atau yang hanya memiliki 1 pasangan saja. Dengan demikian apabila salah satu mati atau tertangkap secara otomatis reproduksi akan terhenti.

Burung Jalak Nias

Burung Jalak Nias

Burung Jalak Nias

Di alam bebas, apabila telah tiba waktu masa reproduksi maka Jalak Nias akan mencari ceruk atau lubang pada pohon besar. Hal itu karena lubang pada pohon besar dianggap lebih aman dari predator. Namun demikian, dengan maraknya penangkaran maka terjadi perubahan pola hidup.

Makanan Jalak Nias

Di alam liar, burung ini tidak terlalu pilih-pilih makanan untuk disantap. Namun, sesuai ukuran dan jenis paruh, biasanya burung Jalak Nias makan serangga dan buah-buahan yang tersedia. Karena itu, di habitat yang masih alami, burung ini bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

jangkrik untuk pakan jalak

Jangkrik sebagai salah satu pakan untuk burung jalak nias

Apabila kita mendapatkan burung dari penangkaran atau hasil penjinakan, makanan yang diberikan tidak terlalu berbeda. Kita bisa memberikan burung Jalak Nias ini makanan berupa jangkrik polosan dan buah. Kita bisa bergantian memberikan jenis makanan ini hingga burung bisa tumbuh sehat.

Kicauan Jalak Nias

Jenis Burung Jalak sangat pandai menirukan suara manusia, burung lain, bahkan binatang lain. Tidak terkecuali juga dengan Jalak Nias ini. Karena kemampuan yang dimiliki ini, maka banyak penggemar burung yang menyukai jenis burung ini.

Secara alami burung Jalak Nias bisa belajar menirukan suara untuk bertahan hidup. Apabila kita melatih dengan tepat, maka suara yang dihasilkan bisa lebih bervariasi dan lebih menarik. Latihan yang dilakukan secara rutin akan membuat nada semakin menarik dan pas didengarkan.

Untuk melatih burung Jalak Nias, kita bisa memperdengarkan suara burung dengan perangkat audio. Semakin baik suara, misalkan hasil juara lomba, maka akan semakin baik untuk latihan burung Jalak Nias yang kita miliki. Silahkan dengan suara jalak nias di bawah ini sebagai pembanding dalam latihan.

Video Jalak Nias

Untuk melatih burung agar lebih menarik dan memiliki nyali dalam lomba dan berhadapan dengan burung lain kita bisa menyimak video yang dibawah ini. Dengan demikian, kita bisa membandingkan kualitas Jalak Nias yang kita miliki.

 

Ketepatan nada dan suara yang tidak pecah menjadi daya tarik dan nilai tersendiri. Selain itu, kita juga bisa memperhatikan durasi burung ketika berkicau. Dengan latihan yang cukup dan kesehatan yang terjaga, maka Jalak Nias yang kita miliki bisa memiliki kemampuan yang unggul.

Gallery Gambar Jalak Nias

Dengan melihat gambar burung Jalak Nias, kita bisa mengamati keindahan yang ada. Keindahan bulu akan bisa membedakan jenis kelamin burung. Apabila dibandingkan, maka burung jantan akan memiliki bulu yang lebih cantik dan mengkilap.

Ciri burung jantan juga bisa kita lihat dari warna bulu bentuk kepala yang berbeda dengan burung betina. Untuk burung jantan, akan terlihat memiliki kepala lebih oval, terdapat jambul dan memiliki warna yang lebih gelap dari jalak nias betina. Dengan mengamati ciri dan bentuk fisik, maka kita bisa membedakan jenis kelamin burung Jalak Nias tersebut. dan berikut beberpa gambar pilihan burung jalak nias / Acridotheres tristis.

Sepasang jalak nias

Sepasang jalak nias (sumber)

Jalak Nias

Jalak Nias (sumber)

indukan jalak nias

indukan jalak nias (sumber)

Kisaran Harga Jalak Nias

Untuk harga burung sendiri, biasanya akan dibagi menjadi 3, yaitu untuk burung anakkan, bakalan, dan yang sudah jadi. Demikian juga dengan harga burung Jalak Nias juga mengalami hal yang sama. Kita bisa memilih spesifikasi burung yang sesuai dengan kebutuhan dan selera.

Untuk burung anakkan, kita bisa mendapatkan dengan kisaran harga 100 ribu yang bisa kita beli di pasaran. Sedangkan untuk Jalak Nias tipe ini biasanya memiliki harga yang sama antara satu tempat dengan tempat lainnya. Kita perlu berhati-hati karena sulit membedakan jantan dan betina pada fase ini.

Baca Juga : 3 Jenis Jalak Suren Lengkap dengan Ciri-cirinya

Burung Jalak Nias pada level bakalan memiliki harga pada kisaran 150 ribu hingga 200 ribu rupiah. Bila kita masih awam, sebaiknya jangan dulu membeli dalam fase ini, karena masih repot dalam perawatan. Selain itu, karena masih muda, biasanya masih rentan dan rawan.

Apabila kita mencari burung Jalak Nias yang sudah jadi, bisa kita dapatkan dengan kisaran harga 250 ribu hingga 500 ribu rupiah. Harga dari burung Jalak Nias ini juga tidak jauh berbeda dengan burung Murai Batu yang hampir jutaan rupiah untuk yang sudah jadi.

1 Comment

1 Comment

  1. Dwi

    Juli 2, 2017 at 3:31 am

    Saya rasa peminatnya tidak sebanyak burung jalak suren

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top
Inline
Inline