Jenis Burung

Seputar Burung Pelatuk Lengkap, Jenis, gambar dan suaranya

Burung Pelatuk di temukan di berbagai belahan dunia dengan berbagai jenis yang berbeda. Hingga saat ini ada sekitar 218 jenis burung Pelatuk yang hidup di berbagai tempat. sedangkan di indonesia berdasarkan sumber dari john mackinnon dalam buku burung-burung di sumatra, jawa, bali dan kalimantan kurang lebih ada 23 jenis burung pelatuk yang memiliki ciri-ciri yang berbeda.

diantaranya adalah burung pelatuk bawang, pelatuk kundang, pelatuk merah,  pelatuk kijang, pelatuk besi, pelatuk ayam dan burung pelatuk pangkas. burung Pelatuk memiliki ciri 2 jari kaki yang mengarah ke depan dan 2 jari kaki mengarah ke belakang. Desain kaki tersebut memungkinkan burung Pelatuk untuk berpegangan ditempat dengan permukaan vertikal. Selain itu, kaki-kaki burung Pelatuk juga bisa digunakan untuk bertengger dan menggenggam layaknya burung lain.

Nama dari burung Pelatuk ini berasal dari kebiasaannya mematuk batang pohon dengan paruhnya. Hal tersebut dilakukan untuk mencari makanan yang berupa serangga di bawah kulit kayu pada batang pohon. Selain itu, hal ini juga menjadi salah satu sinyal komunikasi yang ditujukan untuk saingannya. Burung Pelatuk mampu menyadap batang pohon dengan paruhnya yang kuat dan genggaman kakinya yang tajam pada batang pohon.

Burung Pelatuk

3 jenis burung pelatuk yang populer di indonesia

3 jenis burung pelatuk yang populer di indonesia

Kebanyakan burung pelatuk ini hidup berkelompok. Mereka biasanya akan melakukan reproduksi sepanjang tahun. Keberadaan burung Pelatuk saat ini sudah sangat mengkhawatirkan. Hal tersebut diakibatkan oleh kehilangan habitat aslinya di hutan oleh penebangan liar. Berbagai upaya dalam perlindungan dan penangkaran burung Pelatuk ini pun sudah mulai dilakukan.

Mereka biasanya tinggal dikawasan hutan yang lembab serta terbuka, diwilayah hutan bakau, semak belukar dan juga didaerah perkebunan kelapa sawit. Makanan utama dari burung Pelatuk dialam liar adalah jenis larva serangga yang biasanya hidup di bawah kulit kayu pepohonan, semut, kecoa, dan berbagai jenis serangga lain yang dapat ia temukan.

Jenis Burung Pelatuk

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas cukup banyak jenis burung pelatuk yang tersebar di seluruh dunia. akan tetapi untuk kali ini hobiburung hanya akan membahas beberapa jenis burung pelatuk yang berasal dari indonesia saja dan itupun tidak semuanya hanya beberapa jenis saja yang saya rasa sering di perjual belikan dan di pelihara oleh sebagian kicaumania di indonesia.

Pelatuk Bawang (Dinopium Javanse)

burung pelatuk bawang jantan

burung pelatuk bawang jantan

Burung pelatuk bawang atau sering juga di sebut dengan nama pelatuk besi ini memang memiliki ciri khas berupa jambul yang berwarna merah dan warna bulunya yang didominasi oleh warna hijau. anatara pleatuk bawang jantan dan betina bisa di bedakan melalui warna bulu yang dimilinya terutama pada bagian kepala (jambul) untuk pelatuk jantan biasanya memiliki jambul yang berwarna merah. dari segi suara burung pelatuk bawang juga memiliki suara yang tidak kalah tajam dari suara burung cililin.

Pelatuk Ulam (Dendrocopus macei)

burung pelatuk ulam jantan

burung pelatuk ulam jantan

burung pelatuk ulam atau sering juga di sebut dengan caladi ulam (sunda) memang menjadi salah satu burung masteran favorit yang memiliki suara yang tidak kalah tajam dengan burung pelatuk bawang. secara fisik burung ini memang memiliki ciri bulu (jambul) yang hampir sama dengan burung pelatuk bawang. bedanya untuk burung jenis ini lebih didominasi oleh bulu yang berwarna hitam.

Pelatuk Tungir emas (Chrysocolaptes ludicus)

burung pelatuk tungir emas JANTAN

burung pelatuk tungir emas JANTAN

burung pelatuk jenis ini merupakan salah satu burung pelatuk yang bisa di katakan lebih besar jika di bandingkan dengan jenis burung pelatuk lainnya. secara fisik burung ini memang sangat mirip dengan pelatuk bawang. akan tetapi jika anda amati lebih dalam lagi ada satu perbedaan yang saya rasa bisa anda gunakan untuk membedakan kedua jenis burung tersebut. perbedaanya terletak pada warna hitam di sekitar matanya untuk lebih jelasnya anda bisa melihat gambar di bawah ini secara langsung.

Makanan Burung Pelatuk

Pelatuk memakan segala jenis serangga kecil yang bisa mereka temukan. Di mulai dengan segala jenis larva serangga hingga serangga dewasa sejenis kumbang, kecoa, kalajengking dan jenis lainnya. Kemampuan paruhnya yang kuat dapat membuatnya sangat mudah berburu berbagai jenis larva di balik kayu pepohonan. Jika Anda ingin memelihara burung Pelatuk, Anda dapat memberi tambahan makanan seperti kroto agar pertumbuhannya jadi optimal.

Suara Kicauan Pelatuk

Burung Pelatuk juga digunakan untuk isian atau masteran yang paling favorit di Indonesia. Karakter suaranya dengan lagu yang rapat serta iramanya yang cepat menjadikannya salah satu isian unggul. Pelatuk kepala merah adalah salah satu masteran yang memiliki kualitas baik dan banyak di incar oleh para pencinta burung. Kemampuan kicauannya ini sudah banyak dibicarakan hingga sampai level perlombaan. Silahkan dengan suara burung pelatuk di bawah ini.

 

Burung Pelatuk terkenal dengan irama lagu yang panjang, bahkan suara tersebut nyaris tanpa jeda sehingga bisa melanjutkan atau beralih ke suara isian lainnya. Kualitas suara dari burung Pelatuk ini tak perlu Anda ragukan lagi. Alunan lagunya pun cukup bervariasi dengan irama cepat dan rapat. Burung Pelatuk sangat populer dalam skala perlombaan. Jika Anda tertarik untuk mendengarkan salah satu burung dengan kicauan indah, mungkin Pelatuk salah satunya.

Kumpulan Gambar Pelatuk

jenis burung pelatuk memang sangat banyak dan pada umumnya burung pelatuk memiliki warna yang sangat beragam dan bisa dikatakn rata-rata memiliki warna yang cukup mirip dengan “batang pohon” Selain stabilitas dan kualitas suara yang dihasilkan sangat indah. Ternyata hal lain yang menyebabkan burung Pelatuk menjadi incaran adalah keindahan tampilan fisiknya. Ada berbagai jenis burung Pelatuk yang diminati di Indonesia.

Baca juga : Penjelasan burung kacer lengkap, jenis, harga dan suaranya

Namun biasanya warna utama dari burung Pelatuk ini adalah warna hitam / hijau / coklat . Bentuk tubuhnya yang kecil dan atletis juga menjadikannya tampak sangat simpel dan elegan. Dilihat dari berbagai keunggulan tersebut burung Pelatuk ini menjadi pilihan burung peliharaan yang bagus.

burung pelatuk merah

burung pelatuk merah (sumber : http://redzlan.blogspot.com)

BUrung pelatuk besi

Burung Pelatuk besi betina (sumber wikimedia.org)

Kisaran Harga

untuk masalah harga saya rasa tidak terlalu mahal berdasarkan pengamatan saya kisaran harga burung pelatuk mulai dari anakan sampai dewasa yakni muali dari Rp 150.000 sampai Rp 400.000 ada beberapa hal yang menyebabkan perbedaan harga burung pelatuk di antaranya :

  • Jenis burung pelatuk
  • Usia Burung Pelatuk
  • Gacor tidak nya burung pelatuk

walaupun peminantnya kurang begitu banyak akan tetapi suara burung pelatuk dinilai cukup rapat Hal tersebut menjadikan burung Pelatuk menjadi salah satu burung masteran alternativ bagi para kicaumania. Selain itu, harga yang tinggi juga dapat disebabkan oleh tampilan fisik burung Pelatuk yang menarik, dengan warna dan bentuk tubuhnya yang indah.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top