Murai Batu

Beberapa Ciri Burung Murai Batu Medan

Membedakan burung Murai Medan dengan jenis burung murai yang lainnya memang tidak terlalu mudah. Belum lagi, untuk saat ini banyak oknum penjual nakal yang memang sengaja menempelkan atau memasang ekor pasangan pada jenis burung Murai abut non-Medan supaya terlihat mirip dengan Murai Medan yang asli. Burung Murai Medan itu sendiri umumnya memang memiliki ciri khas tersendiri. Misalnya tubuh Murai Batu Medan berbentuk lebih besar namun tetap proporsional dikarenakan bodinya yang panjang dan terlihat atletis.

Saat ini, Murai Batu Medan dianggap jenis Murai yang lebih baik dari jenis Murai yang lainnya. Dilihat dari segi suaranya, Burung Murai Batu Medan memang memiliki kelebihan dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Selain itu, juga tergantung dari mana Anda mendapatkan Murai tersebut sebagaimana yang tertulis pada kelebihan dan kekurangan burung Murai Hutan. Semisal juga burung Murai Kalimantan sebenarnya juga ada yang memiliki suara yang bagus. Namun, pada kesempatan kali ini, hanya akan difokuskan pada Murai Batu Medan.

Apa Saja Ciri Khas Murai Medan ?

Berikut ini adalah beberapa cir ciri Murai Medan yang dapat Anda jadikan patokan untuk membedakan dengan jenis burung yang lainnya.

Dilihat dari bentuk tubuh Burung Murai

Jika dilihat dari bentuk tubuhnya, burung Murai Medan cenderung memiliki badan yang lebih besar tetapi tetap atletis. Bentuk tubuh Burung Murai Medan ini memang cenderung lebih istimewa dan menarik jika dibandingkan dengan Burung Murai yang lainnya.

Dilihat dari warna bulu pada Burung Murai

Umumnya, Burung Murai Medan memiliki warna bulu hitam legam dan mengkilat, jika bulu tersebut terkena sinar matahari, biasanya akan cenderung terlihat kebiru-biruan. Warnanya memang sangat indah.

Dilihat dari sisi warna kaki murai batu

Pada jenis Burung Murai Batu Medan muda, warna kakinya cenderung merah kehitam-hitaman. Namun, juga tidak jarang ditemukan murai Medan Muda yang memiliki kaki hitam. Dan Murai dengan kaki hitam tersebut menurut orang-orang Murai termasuk kaki yang bagus dibandingkan dari yang lainnya. Kemudian, saat beranjak usia tua, Warna kaki Murai Medan akan semakin menghitam.

Dilihat dari ekor yang dimiliki

Ekor pada burung Murai Medan umumnya memiliki 4 pasang bulu putih yang mempunyai strip berwarna hitam yang yang menyerupai huruf U / V dan jangan sampai salah dengan jenis burung murai luar negeri. Selain itu, ekor burung Murai Medan juga lebih panjang jika dibandingkan dengan jenis burung Murai lainnya.

Motif Ekor Murai Batu

Motif Ekor Murai Batu

Di samping jenis burung Murai Medan, sebenarnya ada pula Burung Murai dari luar negeri yang memiliki ekor yang sama panjang atau bahkan lebih panjang jika dibandingkan dengan burung Murai Medan ini. burung yang dimaksud di sini adalah burung Murai Malaysia. Berdasarkan data di atas berikut :

Ciri – Ciri Burung Murai Medan yang perlu anda ketahui :

  1. Pada umumnya murai medan memiliki bentuk fisik yang lebih besar jika di bandingkan dengan burung murai lainnya.
  2. Ekor pada murai medan pada umumnya memiliki motif U / V.
  3. Panjang ekor murai medan cukup berfariasi mulai dari 14 cm – 27 cm itupun untuk murai hasil tangkapan hutan.
  4. Warnak kaki tidak bisa digunakan sebagai tolak ukur untuk menentukan asal dari burung murai batu tersebut.

Sekilas. Burung Murai Malaysia ini mirip dengan burung Murai Medan, tetapi pada umumnya burung Murai dari Malaysia memiliki ekor yang lebih tipis serta lebih lentur. Yang dimaksud lentur dari Burung Murai Malaysia ini adalah cenderung melengkung ke bawah. Namun, perlu juga Anda ketahui bahwa Burung Murai Malaysia tidak hanya yang memiliki ekor yang panjang. Namun, juga ada yang memiliki ekor yang pendek.

Itulah beberapa ulasan mengenai bagaimana cara membedakan Burung Murai Batu Medan dengan jenis yang lainnya. Dengan mengetahui cirri-ciri yang dimiliki oleh Burung Murai Batu Medan serta keistimewaannya, Anda akan bisa lebih berhati-hati dalam memilih burung yang asli mengingat saat ini sudah banyak yang membuat Burung Murai palsu atau gadungan.

 

sumber gambar :

http://www.burungmaster.com/2013/04/ciri-khusus-murai-batu-medan.html

Source : 

arga murai medan bahorok, murai medan asli mp3, murai medan trotol betina, murai medan betina, suara murai medan mp3, murai medan betina gacor, murai medan trotol jantan, murai medan trotolan hutan, murai medan juara nasional mp3, murai medan juara dijual, murai medan bahorok betina, murai medan asli ekor panjang,

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Kenali 6 Jenis Burung Murai Batu Lengkap dengan Motif Ekornya | Hobi Burung

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top
Please wait...

Dapatkan Sekarang

Dapatkan informasi terbaru seputar burung kicauan di hobiburung.org Eksklusif untuk anda masukan email anda sekarang juga