Cucak Ijo

Kenali Tips Sukses Menjinakkan Burung Cucak Hijau Yang Giras

cucak ijo giras

Memelihara jenis burung bakalan yang masih sangat giras seringkali membuat stress pemiliknya. Terlebih lagi ketika burung yang Anda miliki grabag-grubug di dalam sangkar saat Anda mendekatinya meskipun untuk memberi pakan. Berbeda lagi dengan jenis burung kicauan lain yang harganya relative mudah dijinakkan. Cucak Hijau terkadang memang cukup sulit untuk dibuat jinak dengan cara-cara yang biasa. cucak hijau memang terkenal sangat giras.

Meskipun sudah banyak sekali panduan tentang cara menjinakkan burung bakalan, namun faktanya masih banyak ijomania yang seringkali dibuat repot dengan piaraannya yang ternyata masih giras. Bahkan terlihat tetap liar.

Tidak sama seperti jenis burung kicauan yang lainnya, karakter cucak Hijau memang terbilang unik. Ketika seseorang membeli Burung Cucak Hijau Bakalan, umumnya mereka tidak terpengaruh oleh proses penjinakan yang  dilakukan sesuai dengan cara-cara yang biasa. di dalam berbagai kasus, banyak ijomania yang sudah berminggu-minggu melakukan penjinakan, tetapi Cucak Hijaunya tetap saja tidak mau jinak. Oleh karena itu, saat Anda hendak memelihara burung Cucak Hijau, maka dibutuhkan tips khusus untuk menjinakkannya supaya Anda tidak kesulitan lagi dalam memeliharanya. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjinakkan Burung Cucak Hijau Anda yang giras.

Biarkanlah burung beradaptasi

Ketika Anda baru saja membeli Cucak Hijau bakalan di pasar burung, mula-mula yang perlu Anda lakukan adalah menyimpan burung yang sudah Anda beli tersebut ke dalam kandang yang bersih kemudian menggantungkannya di tempat yang tergolong sepi. Artinya, tidak bersandingan dengan burung yang lainnya. Lakukanlah hal ini selama beberapa hari.

Tujuan dari dilakukannya proses adaptasi ini adalah supaya Cucak Hijau terbiasa dengan kondisi sangkar dan segala aksesoris di dalamnya, seperti tempat makan, minum, dan tenggeran. Hal tersebut dapat mencegah burung berperilaku di luar kontrol sebagaimana ketakutan yang sangat kemudian menabrak jeruji sangkar. Hal tersebut tentu akan dapat melukai tubuhnya.

Simpanlah  burung di tempat yang tenang. Jika Anda tidak memiliki lokasi untuk menggantung  burung, kerodong saja burung Anda selama beberapa hari. Anda hanya bisa membuka kerodong saat mengganti pakaian atau sekedar membersihkan sangkar.

Berikanlah pelajaran kepada burung

Saat burung Anda sedang dilatih untuk jinak, namun ia tetap merasa kenyang dengan pakan yang berlimpah, tentu hal tersebut akan efektif. Banyak burung yang masih tetap giras meskipun sudah menjalani latihan penjinakan selama berhari-hari, bahkan berminggu-minggu.

Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan memberikan pelajaran kepada burung bahwa Anda bukanlah musuh yang harus ditakuti, tetapi kawan dan pelayan yang akan memberikannya bahan makanan lezat untuknya.

Sebagian besar burung cucak Hijau memiliki ritme waktu tersendiri. Mereka tahu kapan ingin istirahat dan kapan ingin melakukan aktifitasnya. Hal tersebut jarang ditemukan pada spesies burung yang lainnya yang umumnya tetap aktif meskipun di malam hari.

Biasakan dalam keramaian

Setelah Cucak Hijau mulai memiliki keberanian, selanjutnya waktunya untuk mengenalkannya pada lingkungan manusia. Cara yang umum dilakukan adalah dengan menggantung burung di tempat yang ramai. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya adaptasiya supaya bisa mengenali lingkungan sekitar. Selain itu, juga membiasakan burung menghadapi lalu lalang manusia. Dengan demikian, karakter burung serta mentalnya akan terbentuk.

Itulah beberapa tips sukses menjinakkan Burung Cucak Hijau giras yang bisa Anda lakukan. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda dan selamat mencoba.

Source : 

menjinakkan cucak ijo liar, menjinakkan cucak ijo yang giras, menjinakkan cucak ijo muda, menjinakkan cucak ijo mini, Menjinakkan Cucak Ijo, menjinakkan cucak ijo bakalan, menjinakkan cucak ijo giras, menjinakkan cucak ijo muda hutan, menjinakkan cucak ijo bakalan liar, menjinakkan cucak ijo trotol,

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top