Seputar Burung Prenjak Mulai dari Jenis sampai Harganya

Burung Prenjak ada cukup banyak jenisnya mulai dari prenjak kepala merah, prenjak lumut, Prenjak gunung, Prenjak sawah dan juga prenjak putih. Setiap jenis dari prenjak pada umumnya memiliki ciri fisik yang hampir sama yakni tubuh mungil dan paruh yang cukup panjang. Selain itu prenjak pada umumnya juga memiliki suara kicauan yang cukup lantang walaupun memliki ukuran tubuh yang kecil.

Pada umumnya di setiap daerah menyebut burung prenjak dengan penyebutan yang berbeda-beda. Seperti jika di jawa menyebut burung ini dengan sebutan prenjak / ciblek. Orang Sunda lebih sering menyebutnya dengan cinenen dan beda lagi di betawi yang biasa menyebutnya denga kecici/cici. Entah apapun julukannya kali ini hobi burung akan membahas mengenai Prenjak Mulai dari jenis prenjak, Suara dan harga jualnya lengkap,

Jenis Burung Prenjak

Berdasarkan informasi dari alihamdi.id burung prenjak ini dulunya termasuk kedalam suku Sylviidae. Akan tetapi menurut informasi terbaru menurut taksonomi sibley ahlquist yang di dasarkan pada analisa DNA maka di pecah kekerabatanya menjadi Cisticolidae dan Sykviidae. Berikut infromasi seputar empat jenis prenjak yang perlu anda ketahui.

Prenjak Abu Kepala Merah

Burung Prenjak Kepala merah

Burung Prenjak Kepala merah

Burung Prenjak Kepala merah memang menjadi salah satu jenis prenjak yang paling populer di indonesia. Salah satu ciri khas dari jenis ini adalah warna merah yang berada di bagian kepala burung ini. Selain itu prenjak kepala merah memiliki suara kicauan yang cukup khas dan mudah di kenali terlebih lagi jika  prenjak jantan dan betina saling bersahut-sahutan ketika berkicau.

Prenjak Lumut

Burung Prenjak Lumut pada umumnya memiliki ciri yang hampir mirip dengan burung Prenjak kepala merah. Hanya saja prenjak lumut memiliki ukuran tubuh yang rata-rata lebih kecil. Selain itu prenjak lumut juga memiliki ciri khas yakni warna bulu pada bagian pungung yang memiliki warna hijau muda yang terlihat seperti lumut. Selain dari segi fisik burung prnjak lumut juga memiliki suara kicauan yang cukup khas.

Baca Juga : Seputar Burung Parkit Australi, Ciri Fisik, Karakter dan Suara Kicauannya

Prenjak Gunung

Burung Prenjak gunung atau sering juga disebut dengan ciblek gunung saat ini masih menjadi jenis burung prenjak yang memiliki harga paling tinggi. Prenjak gunung memiliki suara kicauan yang bagus dan sering di jadikan sebagai masteran untuk jenis burung lain. Selain itu Prenjak Gunung Memiliki mental tempur yang bagus juga.

Prenjak Padi

Burung Prenjak padi memang kurang sepopuler jenis prenjak di atas. pada umumnya prenjak padi ini akan mudah di temui di area persawahan. Prenjak padi juga memiliki suara kicauan yang bagus untuk di jadikan sebagai burung master.

Ragam Pakan Untuk Burung Prenjak

ulat kandang Sebagai pakan utama burung prenjak

ulat kandang Sebagai pakan utama burung prenjak (foto dari : google.co.id)

Walaupun prenjak pada umumnya memiliki ukuran tubuh yang lumayan kecil. Akan tetapi prenjak ternyata membutuhkan pakan yang lumayan juga. Hal ini di karenakan prenjak merupakan burung yang cukup aktif sehingga mebutuhkan energi lebih jika di bandingkan dengan jenis burung yang lebih banyak diam. Makanan utama dari burung prenjak adalah seranga-seranga kecil jika anda memilihara prenjak anda bisa memberikan ulat kandang sebagai makanan utamanya dan bisa juga memberikan ulat hongkong dan jangkrik dengan ukuran kecil untuk pakan tambahan. Selain itu anda bisa juga memberikan kroto secara rutin agar prenjak yang anda miliki bisa jadi lebih gacor dan rajin bunyi.

Harga Burung Prenjak

Untuk harga sendiri bisa dibilang cukup berfariasi tergantung tempat dimana anda membelinya. Secara garis besar harga prenjak di bedakan menjadi tiga yakni harga prenjak bakalan, harga prenjak jadi dan harga prenjak prestasi. untuk harga bakalan sendiri biasanya berkisar di angka Rp 25.000 – Rp 50.000, sedangkan untuk yang sudah jadi harganya bisa lebih dari Rp 100.000 sedangkan untuk prenjak prestasi masih belum saya ketahui mengingat minimnya acara lomba untuk prenjak. untuk informasi lengkap seputar harga burung anda bisa mengunjungi halaman ini : Daftar Harga Burung Lengkap.

Kesimpulan

Ada cukup banyak jenis prenjak atau ciblek di indonesia. Akan tetapi menurut saya pribadi ada empat jenis prenjak yang paling populer. Seperti prenjak abu kepala merah, prenjak lumut, prenjak gunung dan prenjak padi. untuk pakan anda bisa memberikan ulat kandang sebagai pakan utama. Sedangkan dari segi harga cukup berfariatif tergantung dari burung prenjak itu sendiri dan penjualnya.