Lainnya

Seputar Burung Parkit Australi, Ciri Fisik, Karakter dan Suara Kicauannya

Parkit australi

Parkit Australi Burung Parkit atau dikenal juga dengan Falk / Cockateil, sebenarnya bukanlah burung yang berasal dari Indonesia. Jenis burung ini merupakan hewan yang bisa berasal dari Australia, Belanda, maupun Amerika. Burung yang berasal dari Australia memiliki nama asli Budgerigar yang artinya enak dimakan. Nama lain dari Parkit Australi ini adalah Cockatiel. Selain terlihat cantik, burung ini juga mudah dijinakkan serta dilatih.

Parkit Australi memiliki warna-warni yang cantik. Beberapa warna dominan yang sering dimiliki adalah kuning, biru serta abu-abu. Beberapa burung juga memiliki warna yang merupakan kombinasi dari dua atau lebih warna. Parkit merupakan jenis burung yang pintar. Hal ini dikarenakan jika dilatih, burung ini akan mampu menirukan ucapan manusia, layaknya orang yang bicara. Parkit juga dapat memutar kepalanya sejauh 1800. Hal ini dilakukan untuk melindungi diri dari predator.

Burung Parkit Australi

burung parkit australi

burung parkit australi

 

Cockatiel atau yang dikenal juga dengan Burung Falk, merupakan jenis Parkit asal Australia yang memiliki ukuran 12 hingga 14 inch. Burung ini menyukai lahan yang basah serta semak belukar. Walaupun bisa hidup di daerah yang kering, tetapi mereka selalu ditemukan hidup didekat air. Di alam liar, mereka umumnya berpasangan ataupun berada dalam sebuah kawanan kecil. Terkadang mereka juga berada dalam jumlah mencapai ratusan.

Parkit Australi merupakan burung yang membutuhkan interaksi sosial. Karena itulah jika kita memelihara satu ekor burung, dia akan sangat mudah dekat dengan pemiliknya. Tetapi jika pemilik burung jarang berada di rumah, sebaiknya kita memberinya seekor teman. Akan lebih baik lagi jika kedua burung tersebut telah berteman sejak masih muda. Dalam usaha penangkaran Cockatiel tidak banyak ditemukan masalah, karena mereka memang mudah untuk ditangkarkan.

Makanan Parkit Australi

Perawatan burung Parkit Australi cukup mudah. Demikian halnya dengan makanannya. Pakan utama Cockatiel adalah biji-bijian, contohnya millet. Di Indonesia sendiri, para penghobi umumnya memilih kenari sheet, biji matahari ataupun juwawut untuk makanan burung ini. Sedangkan untuk makanan selingan, bisa dipilih beberapa jenis sayuran seperti sawi, brokoli, wortel maupun taoge. Jagung manis maupun buah-buahan seperti apel, melon dan pisang juga dapat menjadi makanan selingannya.

Kicauan Parkit Australi

Burung Parkit Australi jantan serta betina memiliki karakter suara yang berbeda. Parkit jantan memiliki suara yang lebih keras, lebih kompleks dan kemampuan vokal yang lebih baik. Sedangkan burung betina vokalnya lebih tenang, walaupun mereka lebih agresif dan sering mendesis. Burung Falk pandai menirukan beragam jenis suara, termasuk suara manusia. Mereka akan melantunkannya kedalam bentuk siulan. Suara yang dihasilkan juga sangatlah bervariasi. Silahkan dengan suara murai di bawah ini.

Burung Kenari

Burung Falk atau Parkit Australi memiliki kecerdasan yang mengagumkan. Mereka mampu menirukan aneka jenis suara bahkan lagu-lagu yang sedang populer. Untuk burung yang sudah jinak, kita bisa melatihnya dengan memperdengarkan siulan lagu-lagu tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan audio masteran. Kemudian kita bisa melihat bagaimana lucunya burung tersebut ketika sedang bernyanyi.

Kumpulan Foto Parkit Australi

Cockatiel sering juga disebut sebagai Kakaktua mini. Burung ini memang memiliki paruh yang bengkok serta berjambul layaknya burung Kakaktua. Di habitat liar, warna yang umum ditemui adalah abu-abu. Terdapat juga 5 warna dominan yang sering ditemui, yaitu Lutino, peral, peid, white face serta cinnamon. Warna-warna mutasi yang langka juga dimiliki Parkit Australi. Warna ini diantaranya yaitu warna fallow, silver, olive, pastel dan yellow face.

Selain beberapa warna dominan, Cockatiel juga memiliki variasi warna yang membuatnya tampak semakin cantik. Pada burung jantan dewasa akan terlihat warna oranye terang di bagian pipi, serta kuning cerah pada bagian atasnya. Sedangkan pada betina, akan terlihat adanya garis horizontal di bawah ekor. Burung betina juga memiliki tanda pipi dengan warna oranye.

Parkit australi

Parkit australi

burung cockatiel

burung cockatiel

Kisaran Harga

Jika ingin membeli Parkit Australi, kita bisa memilih anakkan ataupun indukannya. Burung anakkan Parkit ini umumnya memiliki harga sekitar 500ribu rupiah. Sedangkan untuk anakkan Lutino dengan mata merah, harganya akan lebih mahal beberapa puluh ribu perekor.

 

Untuk indukan, harga yang umum ditawarkan adalah sekitar 1,4jutaan. Seperti halnya anakkan, Parkit Lutino indukkan dengan mata merah juga memiliki harga yang lebih tinggi, yaitu sekitar 1,5jutaan rupiah.  Harga ini hampir sama dengan Murai Batu anakkan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top