5 Jenis Bahan Yang Cocok Dijadikan Sarang Burung Kenari

Sarang Kenari Burung kenari merupakan salah satu jenis burung yang paling populer untuk ditangkarkan atau dibudidayakan. Untuk membudidayakan burung kenari sebenarnya tidaklah sulit, hanya perlu ketelatatenan dan perawatan yang benar. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah sarang yang akan digunakan untu perkembangbiakan burung kenari. Ada beberapa jenis bahan yang cocok diguanakan untuk membuat sarang burung kenari. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.

Bahan Untuk Sarang Burung Kenari

Sarang Kenari (source: pixabay.com)

Sarang dari Serat nanas

Salah satu jenis bahan yang cocok untuk dijadikan sebagai sarang burung kenari serat nanas. Jenis sarang ini sangat sering digunakan peternak burung kenari di Indonesia karena harganya yang terjangkau dan mudah ditemukan. Selain itu bahan serat nanas ini juga lembut dan nyaman untuk perkembangbiakan burung kenari.

Untuk membuat sarang dari serat nanas, pilihlah serat nanas yang tidak terlalu kasar namun juga tidak terlalu lembut. Sebelum digunakan, pastikan serat nanas dalam kondisi bersih yaitu dengan mencucinya terlebih dahulu . Setelah dicuci keringkan serat nanas baru kemudian bentuk menjadi sarang yang nyaman untuk burung kenari.

Sarang dari Serat kapas

Di alam liar, burung kenari biasa membuat sarang dengan menggunakan serat kapas yang mereka temukan di pohon kapas. Serat kapas dipilih burung kenari karena memiliki tekstur halus, lembut serta lebih hangat. Nah, bagi peternak burung kenari, kapas bisa digunakan untuk bahan tambahan sarang burungnya. Caranya yaitu dengan meletakkan kapas di dalam sarang yang terbuat dari serat goni maupun serat nanas. Kapas akan membut sarang lebih nyaman dan hangat pastinya.

Serat sabut kelapa

Selain serat nanas, serat atau sabut kelapa juga kerap dijadikan sebagai bahan pembuatan sarang burung kenari. Tekstur serat kelapa hampir sama dengan serat nanas hanya saja sedikit lebih kasar sehingga perlu penanganan lebih. Akan tetapi bagi yang tidak mau membuat sendiri, di kios-kios burung juga sudah banyak dijual sarang sabut kelapa yang praktis tinggal pasang. Untuk menambah kenyamanan, bisa ditambahkan kapas atau sobekan kertas pada sarang ini.

Baca juga : Jenis Burung Kenari Lengkap

Serat Goni

Sarang yang terbuat dari serat karung goni adalah jenis sarang yang paling sering digunakan untuk sarang burung kenari. Sarang ini biasanya terbuat dari serat karung goni bekas beras atau jagung. Sebelum digunakan untuk membuat sarang, karong goni diurai seratnya kemudian dicuci sampai bersih. Setelah kering barulah serat tersebut dibentuk menjadi sarang. Jenis sarang ini juga paling sering di gunakan peternak burung kenari di Indonesia bahkan sampai luar negeri karena bahannya yang nyaman dan mudah ditemukan di kios-kios burung.

 

Rumput kering

Selain kapas, di alam liar burung kenari juga biasanya membuat sarang dari rumput-rumput kering yang memang banyak ditemukan disekitar habitat mereka. Rumput dipilih karena memiliki tekstur yang lentur sehingga mudah mereka bentuk menjadi sangkar. Saat ini beberapa peternak juga mencoba rumput kering untuk dijadikan bahan alternatif membuat sarang untuk burung kenari karena mudah ditemukan di sekitar mereka.

Demikianlah ulasan tentang beberapa bahan yang biasa digunakan untuk membuat sarang burung kenari. Selain bahan-bahan di atas kamu juga bisa membuatkan sarang dari daun cemara kering, serat rambut atau bulu hewan serta bahan-bahan lain yang memiliki tekstur lembut dan nyaman untuk dijadikan bahan pembuat sarang. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat…