Tips Memilih Sangkar untuk Murai batu

Memilih Sangkar untuk Murai batu seperti yang kita ketahui sangkar dan burung memang menjadi dua hal yang tidak terpisahkan. jika anda ingin memelihara burung tentunya anda harus memiliki sangkar begitu pula sebaliknya sangkar akan kurang berguna apa bila tidak di isi oleh burung kicauan. sangkar memang menjadi salah satu kebutuhan primer untuk para kicaumania, harga sangkarpun cukup beraneka ragam mulai dari puluhan ribu, ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Namun bagaimana cara memilih sangkar yang tepat untuk burung kicauan terutama untuk burung murai batu ?

langkah pertama yang perlu anda perhatikan adalah tujuannya untuk apa ? untuk kandang harian untuk burung rumahan atau kandang yang nantinya akan anda pakai untuk ikut lomba / latber burung kicauan ? tentu saja kandang untuk latber / lomba anda mungkin perlu membeli kandang yang bagus dari segi kualitas dan juga desainnya di karenakan nantinya  selain burung murai batu kandangnya pun  secara langsung juga akan menjadi perhatian para juri maupun perseta lain. jadi bisa di katakn gengsi lah jika menggunakan kandang yang harganya hanya puluhan ribu.

akan tetapi jika anda berniat untuk memelihara burung murai untuk hiburan di rumah mungkin anda bisa membeli kandang yang tidak terlalu waw. namun anda juga harus memperhatikan kenyamanan burung murai yang anda miliki agar nantinya burung bisa betah dan merasa nyaman berada di kandangnya. apa saja hal yang perlu di perhatikan berikut informasi mengenai tips memilih sangkar untuk Murai Batu :

Ukuran Kandang Murai Batu

mengingat burung murai memiliki ekor yang lumayan panjang dan body yang lumayan besar maka anda perlu menyiapkan kandang dengan ukuran yang besar pula dan merekomendasikan kandang dengan diameter sekitar 60cm dengan tinggi sekitar 75 cm dengan demikian di harapkan ekor burung tidak rusak karena terkena ruji pada kandang.

Bentuk kandang Murai Batu

untuk bentuk kandang pada umumnya burung murai batu di tempatkan pada kandang yang berbentuk melingkar bukan kotak. akan tetapi itu tergantung selera dari pemiliknya sih, kalu saya sendiri lebih suka jika burung murai di tempatkan di kandang bundar.

Tangkringan

untuk tangkirngan saya menyarankan agar anda membuat tangkringan “T” dan itu akan sangat terlihat bagus dan tidak akan merusak bulu ekor pada murai karena di tempatkan di tengah apabila di tempatkan di tengah dalam kandang bundar murai batu.

Yang Terahir Adalah Harga

untuk masalah harga silahkan anda sesuaikan dengan budget / uang yang anda miliki dan perlu di ingat jangan sampai harga kandang lebih mahal dari harga burung murai batunya ya walaupun itu tergantung selera anda sih hahah. untuk gambaran saja bisanya kandang bundar sekitar Rp 400.000 sampai Rp 500.000, sedangkan sangar yang memiliki ukiran dan terbuat dari kayu jati biasanya harganya bisa mencapai lebih dari satu juta.

Source :

warna sangkar untuk murai batu, Sangkar untuk Murai batu, sangkar murai batu di alam, sangkar sesuai untuk murai batu, sangkar murai batu malang, sangkar murai batu malaysia, sangkar murai batu no 2, sangkar murai batu cina, sangkar murai batu terbaik, sangkar murai batu indonesia