Hobi Burung

Indahnya 4 Jenis Burung Cenderawasih Ini, Penghobi Burung Harus Lihat

Jenis Burung Cenderawasih – Siapa yang tidak mengenal Burung Cenderawasih yang hidup di Papua ini yang memiliki bulu yang begitu indah khususnya di bagian ekornya yang sering di sebut burung paradise atau burung surga. Lewat artikel ini akan kita bahas berbagai jenis Burung Cenderawasih ini yang mungkin belum Anda tahu.

Burung Cenderawasih, Burung Surga

Memang bukan hanya di Papua terdapat habitat Burung Cenderawasih. Namun untuk wilayah Indonesia memang hanya di Papua saja habitat asal dari Burung Cenderawasih yang sering di sebut Burung surga ini.

Burung yang termasuk ke spesies keluarga paradisaeidae ini memiliki ekor yang sangat indah, panjang dan berwarna cerah. Saat ini sudah cukup mengkhawatirkan eksistensinya dimana masih sering terjadi pemburuan liar yang mengancam kepunahannya.

Wajar jikalau dia disebut burung surga karena jenis bulu-bulunya yang indah dan berbeda dengan jenis burung-burung lainnya. Burung jenis ini hidup di hutan dataran rendah.

Baca Juga : Perawatan Burung Kutilang Lengkap Mulai dari Makanan, Masteran dan Harian

Dimana di Indonesia bisa kita temukan sebagian di Maluku namun lebih banyak habitatnya di Papua atau di negara tetangga kita Panua Nugini. Dari berbagai jenis Cenderawasih yang hidup di Indonesia yang terdiri dari jenis Cenderawasih Merah, Cenderawasih Botak dan Cenderawasih Kuning dan Cendrawasih Panji.

Cenderawasih Merah

Gambar Burung Cenderawasih Merah

Gambar Burung Cenderawasih Merah (sumber gambar : hewanpedia.com)

Burung Cenderawasih Merah ini memang identik dengan kawasan Indonesia timur, yang mana Papua ada di dalamnya karena memang habitat terbesarnya ada di sana. Menikmati keindahan bulu-bulu merahnya memang memiliki daya tarik sendiri. Namun sayangnya populasinya sudah semakin sedikit dikarenakan ulah manusia serakah yang melakukan perburuan liar untuk jenis ini.

Ada keunikan khusus spesies ini dimana ada kebiasaan cara hidupnya yakni berpoligami pada Cendrawasih Merah Jantan. Dimana setelah mereka menarik para jenis betina dengan kemolekan bulu-bulunya dan setelah terjadi proses reproduksi maka pihak jantan akan dengan bebas meninggalkan betinanya untuk mencari jenis betina yang lainnya. Dimana betina yang ditinggalinya harus mengurus anak-anaknya sendirian. Memang cukup menyedihkan jika terjadi dalam kehidupan manusia.

Cenderawasih Kuning

Gambar Burung Cenderawasih Kuning

Gambar Burung Cenderawasih Kuning (Sumber : goodnewsfromindonesia.id)

Cenderawasih jenis Paradisaea Apoda atau Cenderawasih Kuning Besar memang memiliki tubuh yang cukup besar dengan panjangnya diperkirakan 43 cm. Kenapa dinamakan Paradisaea Apoda karena diasumsikan burung Cenderawasih jenis ini tidak berkaki. Pada awal perdangangan jenis burung ini ke benua Eropa memang dipersiapkan oleh para pribumi dengan tanpa kaki.

Jenis Cenderawasih Kuning ini memiliki ciri-ciri mahkota berwarna kuning dengan warna tubuh coklat marun dengan bagian tenggorokan hijau zamrud dan dada coklat kehitam-hitaman. Bagi yang jantan memiliki bulu-bulu di panggul berwarna kuning sedangkan untuk yang betina bulu-bulu tersebut berwarna coklat marun tanpa garis.

Cenderawasih Botak

Gambar Burung Cenderawasih Botak

Gambar Burung Cenderawasih Botak (sumber : http://dhony-syach.blogspot.co.id)

Nama Burung Cendrawasih yang satu ini secara ilmiah disebut dengan Cicinnurus Respublica. Selain terkenal akan kicauannya yang merdu, warna tubuh Cenderawasih Botak ini juga terkenal atas kecantikannya. Sayangnya jenis ini benar-benar sudah terancam punah karena itu seharusnya burung Cenderawasih Botak ini diberikan perhatian khusus untuk dilestarikan kembali agar tidak punah.

Ukuran badan dari Cenderawasih Kicau ini memiliki panjang tubuh dari paruh sampai ekor berkisar 21 cm saja. Memiliki warna badan di dominasi oleh warna merah dan hitam dan dengan warna kaki yang biru ditambah lagi ekornya yang melingkar unik berwarna hitam.

Cenderawasih Panji

Gambar Burung Cenderawasih Panji

Gambar Burung Cenderawasih Panji (sumber gambar : http://trendburung.blogspot.co.id)

Cendrawasih jenis ini memiliki keunikan yang menarik dimana di bagian kepalanya. Ada 2 bulu kepala yang panjangnya bisa mencapai 2x panjang tubuhnya dan bentuk bulu di kepala itu seperti antena atau tanduk bagi kita yang melihatnya.

Burung yang jantan memiliki bulu-bulu di perut, di dada dan juga ketiaknya berwarna kekuningan. Sedangkan pada jenis betina dihiasi dengan warna bulu keabu-abuan. Pada saat bulan Juli sampai ke bulan April burung jenis ini memiliki waktu yang pas untuk berkembang biak.

Untuk kamu yang tertarik mempelajari Burung Cenderawasih beserta jenis burung lainnya sering silahkan kunjungi gudang ide dan info yang berkaitan dengan burung yakni lewat hobiburung.org maka Anda akan mendapat info yang lebih lengkap seputar burung.