Hobi Burung

Kenali 3 Jenis Burung Merak dan Karakteristiknya

Burung merak atau dalam bahasa inggris dikenal dengan Peacock menjadi salah satu burung keindahan bulunya. Burung merak sendiri termasuk ke dalam genus Pavo serta Afropavo. Selain itu, burung merak juga termasuk ke dalam familia ayam hutan atau pheasant, Phasianidae.

Kebanyakan dari kita mengira sebutan peacock ditujukan pada kedua jenis kelamin burung merak. Namun perlu Anda ketahui bahwa sebutan peacock hanya ditujukan pada burung merak jantan saja. Sedangkan untuk burung merak betina disebut dengan peahens. Dan untuk kedua jenis kelamin bisa disebut dengan peafowl.

Burung merak dikenal dengan bulu ekornya yang indah dengan warna cerak dan memukau siapa saja yang memandangnya. Ekornya yang panjang memiliki hiasan bulatan – bulatan yang menyerupai mata. Saat ekornya dikembangkan, keindahan burung merak memang tidak akan ada tandingannya. Bahkan siapapun yang melihatnya akan takjub.

Jenis burung merak sendiri di dunia ada tiga jenis, yakni merak hijau, merak biru dan merak kongo. Ke semua jenis burung merak tersebut masih termasuk ke dalam familia Galliformes yakni unggas yang hidup di tanah. Kebiasaannya dari familia ini adalah mencari makanan di tanah.

Burung Merak hijau

Gambar Burung Merak Hijau

Gambar Burung Merak Hijau

Spesies pertama yakni merak hijau yang berasal dari suku Phasianidae. Seperti pada umumnya, merak hijau memiliki bulu – bulu yang sangat indah. Di mana bulu – bulu tersebut memiliki warna hijau keemasan.

Pada burung merak jantan ukuran tubuhnya akan lebih besar dibandingkan betina. Bahkan ukurannya bisa mencapai 3 meter dan ekor yang sangat panjang. Pada bagian kepala ada jambul yang menghiasinya. Pada merak betina, memiliki ekor yang pendek dengan warna hijau keabu – abuan.

Baca Juga Indahnya 4 Jenis Burung Cenderawasih Ini, Penghobi Burung Harus Lihat

Habitat burung merak hijau berada di hutan terbuka, seperti padang rumput Tiongkok, Indocina dan Jawa. Sedangkan, merak hijau di India, Malaysia dan Bangladesh telah punah. Di Indonesia sendiri, merak hijau hanya ada di pulau Jawa, seperti Taman Nasional Alas Purwo.

Namun sekarang populasi burung merak hijau semakin menurun. Hal tersebut dikarenakan pemburuan liar. Bahkan di Pulau Jawa saja hanya berkisar 800 ekor. Burung merak hijau termasuk hewan omnivora. Kebanyakan merak hijau akan memakan biji – bijian, dedaunan, serangga, hewan kecil atau pucuk tanaman.

Burung Merak biru

Gambar Burung Merak Biru

Gambar Burung Merak Biru

Jenis merak yang satu ini lebih dikenal dengan merak India. Dengan nama ilmiah Pavo cristatus, merak biru memiliki bulu dengan warna biru gelap mengkilap yang indah.

Untuk merak biru jantan akan memiliki panjang hingga 2,3 meter dan bulu ekor yang panjang dengan warna hijau metaliknya. Pada bagian kepala dihiasi dengan jambul berwarna biru yang tegak dan membentuk kipas.

Sedangkan untuk merak biru betina memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil. Ukuran dari merak betina biasanya kurang dari 2 meter. Warna bulunya adalah coklat kehijauan dengan garis – garis hitam dan tidak mengkilap. Selain itu, tidak memiliki bulu ekor yang panjang.

Populasi dari burung merak biru sendiri berada pada padang rumput, seperti Pakistan, India, Nepal, Bhutan dan Sri Langka. Keunikan burung merak biru adalah spesies yang suka berpoligami. Di mana, sang jantan bisa memiliki pasangan lebih dari satu.

Saat musim kawin tiba, maka burung merak jantan akan mengembangkan ekornya dan memamerkannya di depan si betina. Bulu – bulu ekor tersebut akan membentuk kipas dengan bintik layaknya mata berwarna biru. Sedangkan untuk merak betina akan bertelur tiga hingga enam butir telur.

Sama halnya dengan merak hijau, merak biru juga termasuk hewan omnivora. Beberapa makanan di antaranya adalah pucuk rumput, dedaunan, serangga dan beberapa hewan kecil.

Burung Merak kongo

Spesies terakhir adalah merak kongo yang memiliki ukuran tubuh hingga 70 cm untuk jantan dewasa. Selain itu, merak kongo jantan memiliki warna bulu biru gelap dengan hiasan warna hijau dan ungu yang mengkilap. Pada bagian leher memiliki warna merah. Sedangkan pada bagian kepala ada jambul berwarna putih.

Sedangkan untuk merak betina memiliki warna bulu coklat di bagian sayap. Kemudian, warna hijau mengkilap pada bagian belakang tubuhnya. Pada bagian kepala ada jambul berwarna coklat.

Itulah ketiga jenis burung merak di dunia dan karakteristiknya. Semoga artikel dari hobiburung.org semakin menambah kecintaan kita pada spesies burung merak ini.