Hobi Burung

Solusi untuk Burung Loverbird yang Kegemukan

Solusi untuk burung lovebird yang kegemukan – Tidak hanya manusia, tapi lovebird pun bisa mengalami kegemukan atau obesitas. Pada artikel ini kita akan mengetahui gejala yang timbul dari obesitas burung lengkap dengan cara penanganannya.

Gejala Burung Lovebird Terserang Obesitas

Gambar lovebird kegemukan

Gambar lovebird kegemukan

Gejala dari obesitas pada lovebird sangat kasat mata alias bisa dilihat dengan mudah, berikut diantaranya:

Pada lovebird yang terkena obesitas, kulit pada bagian pangkal ekor serta perut dan dadanya akan nampak berwarna kuning seperti lemak yang menumpuk. Warna kuning yang nampak inilah yang disebut dengan timbunan lemak. Sementara pada lovebird yang sehat, warna kulit di bagian ini terlihat merah muda.

Lovebird nampak makan banyak (rakus), tetapi malas bergerak selain itu lovebird yang kegemukan akan lebih jarang berkicau / malas ngekek.

Download Gratis MP3 Suara Lovebird Gacor Banyak pilihan

Ada benjolan pada pangkal ekor, dekat dengan kloaka dan perut. Ketika ditekan, benjolan berwarna kuning tersebut akan terasa kenyal seperti jelly.

Solusi untuk Mengatasi Lovebird Kegemukan

lemak pada lovebird

penumpukan lemak pada lovebird

Banyak mitos yang beredar seputar solusi penangan lovebird yang kegemukan.

Namun berikut ini adalah fakta dan solusi yang tepat dalam memulihkan lovebird Anda yang menderita obesitas, silahkan disimak.

1. Mengganti pakan dari biji-bijian menjadi voer atau sayuran dengan kadar karbohidrat dan gula yang rendah.

Mitos: Untuk lovebird yang kegemukan, berikan millet putih saja tanpa ditambahi canary seed.

Fakta: Semua biji-bijian, termasuk pula millet mengandung lemak yang tinggi. Jadi diet tanpa pemberian sayuran tidak akan berhasil.

2. Kebanyakan kegemukan yang dialami oleh lovebird dipicu oleh sifat malas atau kurang gerak pada burung. Pindahkan lovebird tersebut pada kandang yang lebih luas sehingga lovebird bisa lebih leluasa dalam bergerak.

Dengan demikian, kalori tersimpan dari sang burung akan tersalurkan dan tidak ada lagi timbunan lemak. Jika tidak memiliki kandang berukuran besar atau kandang koloni, Anda dapat menambahkan mainan atau apa saja yang memancing lovebird untuk banyak bergerak.

Mitos: Burung yang rajin dijemur akan mengurangi kadar lemak dan obesitasnya.

Fakta: Lemak tidak akan hilang hanya dengan dijemur. Meskipun sama-sama mengeluarkan keringat.

Berjemur tidak sama dengan beraktivitas atau berolah raga, dan tidak dapat membakar kalori. Justeru lovebird yang terlalu lama dijemur bisa terkena heatstroke, sulit bernapas, hingga dehidrasi.

Kesimpulan

Itulah beberapa solusi untuk burung lovebird yang kegemukan. Meskipun tampak sepele dan menjadi masalah yang umum, obesitas atau kegemukan pada lovebird bisa berdampak fatal pada kesehatan sang burung.

Berikanlah pakan yang bergizi seimbang, serta biarkan lovebird Anda beraktifitas selama diperlukan.

Pelajari artikel menarik lainnya seputar lovebird dan juga burung peliharaan lainnya pada website ini. Sampaikan pula kritik serta saran agar kami bisa melakukan perbaikan.

Terima kasih atas kunjungannya. Jika memiliki pertanyaan atau topik yang ingin dibahas pada artikel selanjutnya, silahkan tulis pada kolom komentar yang tersedia.