Hobi Burung

Panduan Lengkap Tips Membeli Burung Anis Merah

Tips Membeli Anis Merah – Inilah panduan lengkap tips membeli burung anis merah mulai dari anis merah macet bunyi, trotolannya, anis merah jadi, hingga anis merah untuk lomba.

Kami menghimpun tips singkat ini dari sumber yang terpercaya serta berpengalaman, harapannya, tidak ada lagi pemain awal yang tertipu janji manis penjual anis merah.

Membeli anis merah macet bunyi

ilustrasi anis merah macet bunyi

ilustrasi anis merah macet bunyi (sumber : burungpedia)

Membeli anis merah yang macet bunyi harus dibekali dengan pengetahuan serta pengalaman agar kita tidak sekedar membuang-buang uang.

Perhatikan sejumlah tips memilih anis merah macet bunyi di bawah ini:

Jika Anda mengamati anis merah macet bunyi yang dijual di pasar, biasanya pada kakinya dipasang ring. Padahal ring tersebut tidaklah menjamin jenis kelamin sang burung adalah pejantan.

Banyak penjual yang memasang ring abal-abal, atau ring asli yang dipindahkan ke anis merah betina. Anda perlu waspada dan tidak percaya begitu saja.

Jika memungkinkan, lebih baik membeli anis merah macet bunyi yang kita tahu sejarahnya. Bahwa anis merah tersebut memang benar-benar sedang macet bunyi, dan bukanlah burung yang bisu.

Baca Juga : Kunci Utama Mengawinkan / Ternak Murai Batu

Hindari membeli anis merah yang kakinya sudah bersisik atau terlalu tebal, hal tersebut menandakan usia sang burung sudah menua. Siapa tahu, nantinya kita bisa memulihkan kondisi sang burung, dan menjadikannya berkicau kembali.

Akan sangat disayangkan jika usaha tersebut jadi sia-sia karena usia sang burung tidak bisa panjang.

Ciri anis merah yang sudah pernah gacor bisa kita lihat pada pangkal paruh hingga lehernya yang terlihat warna keputihan. Jika kita telaten, tidak mustahil burung tersebut bisa gacor kembali.

Sekedar informasi, kisaran harga anis merah macet bunyi adalah Rp. 500.000,- hingga Rp. 1.000.000,- . Harganya bisa jauh di atas itu, jika anis merah tersebut memilki sejarah yang bagus.

Membeli trotolan anis merah

Demikian halnya dengan membeli trotolan anis merah, ikuti tips berikut ini agar Anda tidak melakukan blunder.

Belilah trotolan anis merah di breedernya secara langsung. Cari referensi breeder yang sudah berpenglaman dan dapat dipercaya.

Jika kita tidak mengenal breedernya secara langsung, ada baiknya memilih tempat penangkaran yang sudah punya garansi. Biasanya, trotolan jantan akan diberi ring sebagai jaminan, namun tidak berarti anis merah non-ring adalah betina semua.

Mekanisme yang ada di breeder adalah memisahkan antara anis merah yang diprediksi berkelamin jantan dengan yang betina. Anis merah jantan akan segera disetorkan pada pengepul, disanalah anis jantan tersebut dipasang ring. Sementara yang betina langsung dilempar ke pasar.

New Project

Dengan demikian, tidak menjamin pula anis merah ring selalu berkelamin jantan, karena sesungguhnya yang tahu itu pejantan atau betina adalah sang penjual.

Kelebihan membeli anis merah trotolan adalah kita bisa melakukan perawatan serta adaptasi burung sedari awal, seperti pemberian EF, pengenalan lokasi, dan juga cuaca sekitar. Tentu ini memudahkan kita dalam hal perawatan dibanding dengan anis merah macet bunyi.

Harga anis merah trotolan berkisar antara Rp. 1 jt – 1,5 jt, lebih dari itu, sebaiknya ditawar agar kita tidak kecewa jika nantinya trotolan tersebut tidak sesuai dengan harapan kita.

Membeli anis merah jadi

Anis merah gacor

Anis merah gacor

Kendala yang sering dihadapi saat membeli anis merah yang sudah jadi adalah proses adaptasi yang harus dilalui burung terlebih dahulu. Simak tips berikut agar Anda tidak kagok saat membeli anis merah jadi.

Faktor pergantian cuaca atau suhu sangat menentukan keberhasilan perawatan anis merah. Pasalnya burung ini cenderung naik birahinya dan powernya turun jika kondisi suhu di tempat baru lebih dingin dibanding dengan rumahnya yang lama.

Itulah sebabnya di daerah dinging pakan yang diberikan berupa jangkrik dan kroto untuk mendongkrak staminanya. Sedangkan di daerah dengan suhu panas, birahi anis merah cenderung turun dan powernya naik. Pakan yang sesuai adalah cacing dan jangkrik dengan settingan tidak setinggi di daerah berhawa dingin.

Jangan tertipu oleh tampilan anis merah yang telernya bagus di video. Biasanya anis tempur yang demikian akan menyulitkan saat disetting. Burung seringkali menjadi over power ketika berada di lapangan.

Solusi untuk menyiasati proses adaptasi sang burung adalah dengan memandikannya 2 – 3 kali dalam sehari. Cara ini dinilai lebih efektif dari pada mengkrodong burung terus menerus.

Harga anis merah yang sudah jadi ini ada di bawah 5 jt, jika ada yang mematok di atasnya, maka sebaiknya kualitas anis merah tersebut benar-benar spesial.

Membeli Anis Merah di Latberan / Lomba

Lomba burung anis merah

Lomba burung anis merah

Membeli anis merah lomba lebih mudah dari ketiga jenis anis merah di atas. Kita tinggal memantaunya dalam 2 – 3 perlombaan, jika burung tersebut konsisten dengan peformanya, berarti anis merah itu memang bagus dan layak dibeli. Untuk harganya, tentu kualitas yang akan berbicara.

Kesimpulan

Jika Anda ingin membeli anis merah, belilah di tempat penangkaran atau breeder yang dapat dipercaya agar uang yang Anda keluarkan sebanding dengan burung yang didapat.

Itulah panduan lengkap tips membeli burung anis, jika ada tambahan, seperti biasa silahkan disampaikan di kolom komentar. Terima kasih atas kunjungannya.