Hobi Burung

Suara Emprit Gantil Dengar dan Download Gratis

Suara burung emprit gantil memang kurang familier di telinga para kicau mania. Namun jika tujuannya adalah untuk memperkaya varian lagu burung kesayangan Anda, maka silahkan download suara burung emprit gantil pada halaman ini.

Burung emprit gantil atau juga dikenal dengan sebutan burung wiwik kelabu memiliki suara yang menawan. Bunyinya “Tii…tut..twiiitt…,tii…tut…, twiiitt…” begitu seterusnya dengan kecepatan dan nada yang bertambah tinggi.

Jika kita amati dengan seksama, burung ini memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil, yaitu sekitar 21 cm. Pada burung dewasa, bulu kepala hingga dada atasnya berwarna kelabu. Sedangkan pada punggungnya diisi dengan bulu berwarna merah, dan perutnya kuning jingga.

Pindah ke bagian ekor, warna bulunya berganti menjadi putih di ujung bulu yang kehitam-hitaman.

Download Suara Burung Emprit Gantil

Bagi Anda yang mencari-cari suara burung emprit gantil sebagai isian mastering, kami telah menyediakannya dan akan membagikan secara gratis pada link di bawah ini.

Agar tidak kecewa atau pun ragu-ragu, Anda dapat memutarnya terlebih dahulu sebelum mendownload kumpulan suara burung emprit gantil ini.

Suara Burung Emprit Gantil

Suara Burung Emprit Gantil Download Sekarang

MP3 Suara Emprit Gantil

MP3 Suara Emprit Gantil Download Sekarang

Habitat dan Pakan Emprit Gantil

Seperti halnya burung hantu, burung emprit gantil dikenal sebagai burung parasit alias burung yang suka meletakkan telur-telurnya di sangkar burung lain. Telur-telurnya yang berwarna kebiru-buruan atau berbintik keputih-putihan kerap diletakkan pada sarang milik prenjak, pijantung, cinenen, atau burung kecil lainnya.

Untuk lebih mengenal burung emprit gantil ini, mari kita simak penjelasan seputar habitat, pakan, serta jenis burung emprit gantil berdasarkan turunannya.

Habitat emprit gantil

Burung emprit gantil tergolong sulit ditemukan di alam bebas, kebiasaannya adalah berkicau di sela-sela tajuk pohon tanpa berubah posisi sedikitpun. Saat musim kawin, burung emprit gantil akan aktif berkejaran sambil berkicau pendek-pendek. Bahkan ketika malampun, kita masih bisa mendengar burung emprit gantil berkicau.

Untuk habitatnya, burung emprit gantil suka tinggal di daerah hutan terbuka, hutan sekunder, tepi hutan, tegal, hingga masuk pemukiman penduduk. Baik itu di desa maupun di kota, sebagai konsekuensi tergusurnya habitat asli mereka di hutan.

Pakan

Burung emprit gantil menjadikan serangga, laba-laba, juga buah-buahan kecil sebagai makanan sehari-hari. Jika kita amati tingkah lakunya di hutan, tidak jarang emprit gantil akan turun ke rerumputan untuk mencari pakan

Turunan emprit gantil

Burung emprit gantil memiliki empat anak jenis yang hidup di alam bebas, diantaranya:

C. m. meulinus adalah anak jenis emprit gantil yang hidup di pulau-pulau besar di Filipina.

C. m. querulous adalah anak jenis emprit gantil yang tersebar mulai dari India timur laut, Bangladesh, China selatan, Myanmar, Thailand, Kamboja, Laos, serta Vietman.

C.m lanceolatus adalah anak jenis emprit gantil yang menyebar di Semenanjung Malaya, Sumatera, serta Borneo.

C.m. lanceolatus adalah emprit gantil yang tersebar di wilayah Jawa, Bali, dan Sulawesi.

Sementara itu, burung emprit gantil perut kelabu atau C. passerines dari India dan Srilanka yang sebelumnya masuk ke dalam anak jenis emprit gantil kelabu, kini dianggap sebagai jenis lain yang terpisah.

Penting

Terima kasih telah berkunjung ke situs kami, dapatkan aneka suara burung dan hewan lainnya pada halaman yang tertaut di bawah ini. Jika pembaca memiliki saran atau kritik, jangan sungkan-sungkan untuk menyampaikannya pada kami, sesegera mungkin kami akan memberi balasan.