Murai Batu

Larwo Murai Jawa yang Mulai Terancam Punah

Murai Jawa atau Larwo

Murai Jawa atau yang sering di kenal dengan sebutan murai larwo adalah salah satu burung yang berasal dari tanah jawa. murai jawa / larwo adalah famili dari ordo Passeriformes seperti yang anda tau untuk jenis murai batu memang banyak sekali. Murai batu  tersebar dari berbagai daerah. Mulai dari Sumatra, Jawa hingga Kalimantan. Bahkan di luar negeri juga terdapat burung murai batu seperti di Filipina, Malaysia dan Thailand. Namun pernahkah anda mendengar Murai larwo, Murai Larwo adalah murai batu yang dulunya banyak terdapat di Jawa Timur yang masih satu genus dengan nama (murai batu Jawa) Copsychus malabaricus ssp. javanicus. Jadi burung larwo adalah sama dengan burung murai batu.

Murai Jawa / Larwo adalah termasuk dalam jenis burung kicauan yang pandai menirukan suara burung lain. Akan tetapi keberadaan burung jenis ini sudah mulai langka karena adanya pembabatan hutan dan secara bersamaan pula dengan terjadinya perburuan yang tidak terkendali. Namun tidak ada upaya untuk menangkarkannya. Sehingga burung yang banyak terdapat di hutan Jawa Timur ini sudah terbilang terbatas jumlahnya alias langka. Karena memang burung larwo sangat terkenal saat murai batu lainnya belum membanjiri pasaran di Indonesia.

Murai Larwo Mulai Susah di temukan

Namun kini semenjak munculnya murai batu yang berasal dari Sumatra dan Kalimantan maka penggemar murai batu larwo ini semakin sedikit jumlahnya dan ditinggalkan peminatnya. Karena memang kualitas akan suara kicauan burung larwo masih kalah merdu dan kurang bervariasi dengan murai batu lainnya yang berasal dari Sumatra dan Kalimantan. Jadi burung murai batu larwo sudah tidak digunakan lagi untuk kontes. Karena para kicau mania menggantinya dengan burung murai batu yang berasal dari Sumatra dan Kalimantan yang lebih merdu suaranya.

Burung murai batu larwo dengan murai batu lainnya memang memiliki beberapa perbedaan namun memang tidak terlalu mencolok. Jadi jika kita dapat memperhatikannya dengan seksama tentunya akan ada beberapa perbedaan pada murai batu larwo dengan murai batu yang berasal dari Sumatra dan Kalimantan.

Untuk ciri-ciri khas dari burung larwo adalah sebagai berikut:

  1. Murai batu larwo banyak terdapat di pulau Jawa khususnya Jawa timur. Akan tetapi terdapat juga di Jawa tengah dan Jawa barat namun tidak sebanyak yang berada di Jawa timur.
  2. Secara fisik jelas bahwa ukuran murai batu larwo memiliki tubuh yang relatif lebih kecil dan pendek. Tentunya hal ini sangat berbeda jauh dengan ukuran tubuh murai batu lainnya.
  3. Warna bulu pada dada batas garis hitam yang berakhir di perut, jika pada murai batu Sumatra atau Kalimantan batas bulu hitamnya diatas perut atau sedikit di bawah lehernya atau di bagian dada.
  4. Memiliki ekor yang lebih pendek yaitu sekitar 10 hingga 15 cm dan tidak seperti murai batu Sumatra dan Kalimantan yang bisa mencapai 25cm.
  5. Suara yang dihasilkan oleh murai batu larwo lebih rendah dan saya rasa kurang bervariasi sehingga saat ini sedikit sekali penggemar dari murai larwo ini (disamping karena susahnya menemukan burung ini). Karena penggemar burung murai beralih ke murai batu Sumatra atau Kalimantan. Akan tetapi menurut saya untuk menentukan kualitas burung murai batu pada umumnya berada pada karakter burung itu sendiri. Dan juga bergantung pada perawatan dan pemasteran sehingga burung murai larwo bisa juga memiliki suara yang bervariatif.
  6. Namun uniknya ketika bersuara maka bulu kepala murai larwo akan berdiri sehingga menyerupai jambul.

Update  : Kisaran Harga Murai Jawa / Larwo

walaupun larwo saya rasa masuk kedalam jajaran burung kicauan yang agak susah di temukan akan tetapi nyatanya harga murai jawa ini tidak setinggi burung jalak bali ataupun burung murai yang berasal dari sumatra. dari beberapa grup komunitas murai batu yang saya ikuti harga murai jawa / larwo berkisar di angka Rp 1.300.000 sampai Rp 1.700.000 itu pun untuk burung yang sudah jadi.

Tambahan : Download Suara Murai Jawa Disini

Jika anda punya larwo diharapkan agar bisa menangkarkan burung murai Jawa atau larwo ini demi untuk menjaga kelestarian burung jenis. Sekiranya demikian mengenai murai batu jenis larwo ini saya sampaikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

source :

harga burung murai larwo, suara burung murai larwo, murai larwo harga, harga burung murai batu larwo, video burung murai larwo, gambar burung murai batu larwo, jual burung murai larwo, cara merawat murai larwo, foto burung murai larwo, peternak murai larwo, suara burung murai batu larwo,murai larwo mp3, murai larwo betina, penangkaran murai larwo, ternak murai larwo, murai batu larwo betina, foto burung murai batu larwo, Murai Larwo, download suara burung murai larwo. gambar burung murai larwo

1 Comment

1 Comment

  1. Kenarok

    Februari 10, 2017 at 3:04 am

    share : pernah ada yang jual di olx burung murai jawa / larwo harganya kisaran 1 juta – 2 jutaan untuk jantan, kalo yang betina kurang tau -,-

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top