Kacer

2 Jenis Burung Kacer Di Indonesia Lengkap Dengan Gambar

Burung Kacer Ireng dan poci

Ada 2 jenis burung kacer yang cukup populer di indonesia yang pertama kacer jawa atau sering di sebut dengan kacer ireng, dan yang kedua kacer dada putih atau yang sering di sebut dengan kacer poci. kedua jenis burung tersebut seperti yang tertulis di wikipedia masuk kedalam genus xxx.  Ciri Khusus dari burung kacer ireng ini yang membedakan dengan kacer poci adalah warna pada bulu dadaya, jika kacer poci memiliki warna dada putih maka sebaliknya kacer ireng memiliki dada yang berwarna hitam.

Saat ini yang Burung kacer yang paling banyak beredar di pasaran adalah burung kacer poci / kacer dada putih hampir di setiap pasar burung pasti anda bisa menemukan pedagang yang menjual jenis burung ini dengan cara ombyokan kebanyakan kacer poci ini masih di datangkan dari kalimantan dan sumatra sedangkan kacer jawa masih berasal dari pulau jawa.

Burung Kacer Poci / Kacer Dada Putih

Burung Kacer Poci Ngobra

Burung Kacer Poci Ngobra (IG :kacer_kicau)

Ciri fisik Burung Kacer Poci :

  • Memiliki tubuh berwarna hitam mengkilap kecuali di bagian dada dan sedikit warna putih pada bagian sayap.
  • Ukuran Tubuh standar tidak terlalu besar / terlalu kecil

Perbedaan Jantan dan Betina : 

  • Kacer Poci jantan biasanya memiliki warna yang hitam mengkilap.
  • Kacer Poci Betina memiliki warna hitam agak keabu-abuan.

Suara Khas : ciiiiiiiiiii cawwwwwwwwwww

Burung Kacer Ireng / Kacer Jawa

Gambar Kacer ireng

Gambar Kacer ireng (Segalahobi.com)

Ciri fisik Burung Kacer Ireng:

  • Memiliki tubuh berwarna hitam mengkilap di seluruh tubuhnya kecuali di bagian sayapnya
  • Ukuran Tubuh hampir sama dengan kacer poci standar tidak terlalu besar / terlalu kecil

Perbedaan Jantan dan Betina : 

  • Kacer Ireng jantan memiliki warna yang hitam mengkilap.
  • Kacer Ireng Betina memiliki warna hitam agak keabu-abuan.

Suara Khas : ciiiiiiiiii cawwwwwwwwww

Sedangkan untuk harga mulai dari yang bakalan sampai yang sudah gacor, kacer dada hitam memiliki harga rata – rata yang lebih mahal dari kacer poci dan ini tidak berlaku untuk kacer prestasi. Walaupun harga kacer poci bisa di katakan lebih murah untuk burung bakalan / gacoran di rumah malah saat ini kebanyakan yang ikut serta dalam lomba berkicau dan sering juara adalah burung kacer poci.

Dari segi fisik dan bentuk tubuh kacer poci dan hitam hampir sama yang membedakan hanyalah warna bulu pada bagian dada.

Hal di atas bisa anda buktikan sendiri ketika datang atau menghadiri even Latber di kota anda kebanyakan burung kacer yang di turunkan adalah kacer poci. Salah satu alasan kenapa kacer poci lebih sering diturunkan menurut pandangan saya pribadi hal ini di karenakan kacer poci memiliki volume suara yang lebih keras dan ketiak berkicau kacer poci akan lebih tahan lama.

Sedangkan penyebab kenapa harga jual kacer ireng bisa lebih mahal dari kacer poci adalah saat ini jumlah kacer ireng jauh lebih sedikit dari kacer poci dan juga suara kicauan yang dimiliki oleh kacer ireng cenderung lebih enak di dengarkan tanpa membuat kuping seolah olah nyelit.

Salah satu perilaku burung kacer yang kurang di sukai oleh kicaumania adalah gaya Mbagong / kudalaut yang kerap di tunjuka ketika burung kacer down /over birahi, ketika Mbagong / Kuda laut kacer akan mengembakan bulu dadanya sambil mengeluarkan suara yang khas dan juga kadang kacer akan lompat -lompat di tangkringan, Hal tersebut tentu saja bisa mengurangi harga jual burung kacer tersebut maka dari itu perlu di lakukan cara agar kacer tidak mbagong.

Sekian Perbandingan antara 2 jenis burung kacer yang cukup polpler di indonesia, Jika di ambil kesimpulan setiap burung memiliki kelebihanya sendiri-sendiri semua tergantung selera anda pribadi jika ingin cari gacoan untuk lomba saya sarankan pilih kacer poci, sedangkan jika untuk gacoran di rumah anda bisa membeli burung kacer ireng.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top