Penjelasan Lengkap Burung Nightingale / Sikatan Londo

Hobiburung.org – Burung Common Nightingale (Luscinia megarhynchos) merupakan burung pemakan seranga yang bisa di temukan di sebagian negara di eropa dan juga di asia barat daya. Di indonesia sendiri banyak yang menyebut Common Nightingale dengan sebutan sikatan londo. 

secara umum burung ini memang agak terlihat mirp dengan burung sikatan. Sesuai dengan namanya burung nightingale sering berkicau pada malam hari dan juga pada siang hari dengan suara yang lantang dan bervariasi, tidak jarang banyak orang yang menjadikan suara burung ini untuk di jadikan sebagai masteran untuk burung murai batu / burung kacer.

Burung Nighitngale / Sikatan Londo

Perlu anda ketahui ada 2 burung yang memiliki nama nightingale kedua burung tersebut adalah Common Nightingale dan Thrush Nightingale keduanya bisa dikatakan memiliki kemiripan muali dari bentuk fisik dan juga kicauan yang dimilikinya akan tetapi pada artikel ini kita hanya akan membahas mengnai burung Common Nightingale.

Walaupun burung ini di katakan berasal dari wilayah utara dan barat amerika akan tetapi saat ini malah jarang di temukan di daerah tersebut akan tetapi burung ini berkembang biak cukup pesat di sebagian negara di eropa dan kawasan asia barat daya. Di alam liar burung ini membangun sarang di semak belukar dan bisanya burung nighitingale betina bisa bertelur 4 sampai 5 butir telur.

Ciri Fisik Nightingale

Secara fisik burung Common Nightingale memang memiliki kemiripan dengan burung lokal yakni tledekan pring betina jadi anda jangan samapi tertipu jiaka ingin membeli burung sikatan londo ini. burung Nighitinagale dewasa pada umumnya memiliki panjang tubuh sekitar 15-16.5cm.

sedangkan untuk waranya sendiri burung ini didominasi warna coklat pada bagian punggung dan sayap sedangkan untuk dadaya burung ini memiliki warna agak keabu abuan. sedangkan pada bagian dalam paruh / mulutnya berwarna kuning.

dan jika anda memperhatian lebih detail lagi pada bagian mata burung ini terlihat memiliki mata yang berwana hitam dan di sekitarnya seperti terdapat kacamata tipis mirip dengan burung pleci akan tetapi lebih tipis lagi.

Burung Tledekan Pring dan common nightingale

Burung Tledekan Pring dan common nightingale

Sedangkan untuk burung tledekan pring betina biasanya memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil selain itu bulu di bagian dadanya biasanya berwarna agak kekuning kuningan seperti gambar di atas.

Burung common nightingale dan thrush nightingale

Burung thrush nightingale dan common nightingale

untuk burung trush nigitingale juga hampir sama dengan burung Common Nightingale perbedaanya berada pada warna tubuh dan bentuk tubuhnya jika anda amati gambar di atas trush nighitingale memiliki warna yang terkesan lebih gelap dan bentuk tubuh yang lebih panjang dari Common Nightingale.

Suara dan Video Burung Nightingale

Seperti yang sudah saya tuliskan di atas. ketika sedang berkicau burung ini membuka lebar- lebar parhunya tidak heran jika volume yang di keluarkan lumayan keras. selain keras dan nyaring lagu yang di bawakan oleh burung ini juga sangat bervariasi dan kadang juga di kombinasikan dengan tembakan-tembakan khas yang dimilikinya.

suara lantang dan tembakan khas tersebut lah yang menjadi daya tarik tersendiri khususnya untuk para kicaumania di indonesia suara tembakan sikatan londo ini dinilai bagus untuk di jadikan masteran untuk burung kicauan lain, dan berikut suara dan video burung sikatan londo ini :

Video Nightingale

 Suara Nighitingale

Download disini

Harga Burung Sikatan Londo

untuk harganya sendiri saya kurang begitu tahu karena minimnya informasi yang saya dapat. setahu saya burung ini oleh pemerintah setempat (asal burung ini) tidak boleh di tangkap ataupun di perjualbelikan maka dari itu saya juga kurang tahu masalah harga jual burung ini.

akan tetapi saya pernah lihat burung ini di jual di tahun 2013 di salah satu situs jual beli burung luar negeri birdexpress.net di situ tertulis harganya $750 akan tetapi saat ini sepertinya burung ini sudah tidak di jual lagi. jadi jika kalian menemukan ada penjual lokal yang menjual burung nightingale / sikatan londo dengan harga murah tentu saja hal ini perlu di pertanyakan. sekian penjelasan tentang burung ini semoga bermanfaat untuk anda semua dan anda bisa mendownload suara burung lainya di halaman suara burung.