Jalak Suren

3 Jenis Jalak Suren Lengkap dengan Gambar dan Ciri – Cirinya

Semua Jalak Suren

Hobiburung.org – Burung Jalak Suren adalah salah satu jenis burung peliharaan yang populer di kalangan pencinta burung karena memiliki banyak sekali keistimewaan. Perlu anda ketahui jalak suren ternyata memiliki 3 jenis yakni jalak suren india, jalak suren yunan dan juga jalak suren jawa. Bagi Anda yang masih belum mengenal lebih dekat tentang burung tersebut, kali ini Hobi burung akan mengulas lebih jauh tentang burung yang terkenal dengan kicauannya tersebut. ada pun 3 jenis burung jalak suren yang akan di bahas disini :

  1. Jalak Suren India / Gracupica Contra contra
  2. Jalak Suren Yunan / Gracupica Contra Superciliaris
  3. Jalak Suren Jawa / Gracupica Contra Jalla

Burung ini lebih banyak di pelihara karena beberapa alasan, seperti untuk menjaga rumah, menyalurkan hobi, memancing burung lainnya untuk berkicau, memelihara yang di maksudkan untuk di tangkarkan atau sebagai burung masteran. Namun dari ke semua alasan tersebut, burung ini lebih populer sebagai burung penjaga rumah karena kelihaiannya dalam menjaga rumah dengan kecerewetan dan kepekaannya terutama jika ada orang asing yang datang mendekat.

Burung Jalak Suren ini awalnya di masukkan ke dalam keluarga Sturnidae, namun seiring dengan berjalannya waktu burung ini kemudian masuk ke dalam keluarga Gracupica karena di rasa lebih cocok ke dalam kelasnya. Di kenal memiliki suara yang cerewet dan juga berisik serta memiliki kemampuan lebih seperti burung beo yaitu pintar dalam hal menirukan suara manusia. Namun burung ini akan sangat galak dan agresif terutama jika menghadapi orang yang baru di lihatnya pertama kali. Maka dari itu banyak orang yang menggunakannya sebagai burung penjaga rumah.

Prilaku Jalak Suren

Perilaku dari burung Jalak Suren ini di kenal sangat agresif dan lincah terutama untuk Jalak jantan. Meskipun kebanyakan burung Jalak yang ada di pasaran adalah hasil penangkaran, namun terdapat perbedaan mencolok untuk jenis Jalak non lokal. Jenis Jalak dewasa memiliki usia di antara 8 hingga 10 bulan di mana perbedaan bisa di amati dengan jelas. Namun untuk itu Anda benar-benar harus mengadakan pengamatan yang seksama sehingga bisa mendapatkan jenis Jalak yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Untuk Jalak jantan Anda akan mendapatkan hasil untuk perilaku yang lebih agresif dan juga lincah, selain itu Jalak jantan memiliki tingkat ocehan yang jauh lebih cerewet dan lebih bervariasi ketimbang Jalak betina walapun tidak 100% benar di karenakan malah banyak yang bilang jalak suren betina lebih cerewet jika di bandingkan jalak suren jantan. Satu lagi, burung Jalak suren yang sudah jadi akan mengembangkan bulu-bulunya jika sedang dalam kondisi sakit atau tidak fit selain akan menunjukkan tanda tidak mau berkicau.

Selain perilaku burung Jalak jenis Suren yang di sebutkan di atas, burung tersebut juga memiliki ciri khas perilaku lainnya seperti burung ini hidup secara berkelompok maka dari itu jangan heran jika dalam penangkaran burung jalak suren terdapat lebih dari satu pasang dalam 1 kandang besar. Burung ini akan mengeluarkan kicauannya yang merdu dengan cara saling bersahut-sahutan antar satu sama lain sehingga terdengar riuh kicau yang sangat indah. Burung ini di kenal mampu mengeluarkan suara yang sangat jernih sehingga selalu di cari oleh para pencinta burung kicau untuk di jadikan sebagai masteran terlebih lagi jika bisa menirukan suara cililin / suara burung lovebird.

Habitat Asli Jalak Suren

Burung ini termasuk jenis burung yang sangat berani karena sama sekali tidak takut dengan binatang yang memiliki tubuh lebih besar darinya. Seperti misalnya burung ini sering mencari makan di sawah, ladang, padang rumput atau jenis tanah terbuka lainnya dan merek sering mencari makan di antara kerumunan sapi atau kerbau yang sedang merumput. Mereka akan menggunakan paruh yang mereka miliki untuk mencongkel makanan yang berada di dalam tanah dengan mudah.
Burung Jalak Suren ini memiliki habitat yang sangat beragam seperti burung Jalak Jawa yang banyak di temukan di sekitar pulau Jawa, burung Jalak India yang memiliki habitat asli di sekitar India dan juga burung Jalak Yunan yang memiliki habitat asli di sekitar Yunani. Burung Jalak banyak di temukan di dataran rendah yang dekat dengan perairan di mana banyak terdapat pohon yang besar yang memiliki lubang yang bisa mereka gunakan sebagai tempat untuk bernaung.

Jalak Suren alam liar

Jalak Suren alam liar

Burung Jalak ini memiliki jenis pakan yang beragam mengingat burung ini doyan makan, namun jenis pakan yang saya rekomendasikan  jenis pakan voer yang mengandung protein tinggi. Pakan voer dengan kandungan protein yang cukup tinggi seperti voer ayam, voer lele atau jenis voer hijau biasa bisa Anda berikan untuk jenis pakan setiap harinya. Sebagai pakan tambahan Anda bisa memberikan pakan buah-buahan seperti buah pisang kepok, buah pepaya dan buah apel. Sedangkan ada beberapa jenis pakan yang mengandung protein tambahan lainnya yang bisa Anda berikan sesekali dalam seminggu seperti pakan jangkrik dan kroto. Pastikan untuk memberikan semua itu dengan seimbang dan juga imbangi dengan perawatan tubuh yang maksimal.

Baca : Makanan Wajib dan Tambahan untuk Jalak agar Rajin Bunyi

Jika burung Jalak yang Anda miliki terlihat malas berkicau atau mengembangkan sayap atau bulu-bulunya maka bisa di perkirakan burung Jalak Anda sedang sakit atau tidak fit. Maka Anda harus memastikan bahwa perawatan yang di berikan pada burung Jalak Anda sudah maksimal dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan burung untuk perkembangbiakannya. Beberapa hal yang harus sangat di perhatikan adalah di mana Anda bisa melakukan proses penjemuran burung dengan rutin, memastikan kuantitas dan kualitas pakan yang baik, serta adanya extra food dengan varian buah dan serangga yang berkualitas dengan baik dan juga rutin.

Suara Burung Jalak Suren

dengan ukuran serta bentuk paruh yang besar burung jalak suren memang memiliki kicauan yang cukup keras selain itu ketika sedang berkicau ada beberapa burung jalak suren yang kadang mengeluarkan gaya khasny yang sering di sebut dengan istilah ngompo hal ini di tandai dengan burung jalak akan mengembangkan bulu du dada dan kepalanya sambil bergerak naik turun seperti orang sedang Ngompo. Gaya khas tersebut bisa di lakukan oleh jalak suren jantan dan betina karena saya rasa antara jalak jantan dan betina tidak memiliki perbedaan yang cukup mencolok keduanya sama – sama bisa berkicau dengan merdu dan memiliki warna bentuk dan ukuran yang hampir sama


 

3 Jenis Burung Jalak Suren

Burung Jalak Suren memiliki beberapa jenis yang populer di kalangan pencinta burung. Kebanyakan burung jenis tersebut di cari untuk di tangkarkan atau sekedar menjadi hobi saja. Namun harga yang lumayan fantastis untuk seekor burung membuat banyak orang yang kemudian tertarik untuk memelihara atau menangkarkan burung jenis tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis burung Jalak yang banyak di cari oleh para pencinta burung kicau.

1. Jalak Suren India

Jenis burung Jalak dari India ini merupakan jenis Jalak yang terkenal dengan sebutan brahmana atau Gracupica Contra contra yang di kenal memiliki ciri khas yang sama dengan burung Jalak dari Bali yaitu dengan rambut jambul yang berjumbai. Adalah salah satu burung Jalak yang di impor dari India dan memiliki habitat di timur laut Afghanistan, Nepal, India Pakistan dan Srilanka. Jenis Jalak ini sering di gunakan untuk memaster burung Jalak lainnya agar supaya memiliki suara kicau yang berkualitas.

Jalak SUren india

Jalak Suren india

Ciri Fisik Jalak Suren India

Adapun ciri fisik yang di miliki burung Jalak Suren dari India ini adalah :

  • Beberapa ciri khas Jalak India yang bisa Anda amati dengan mudah adalah dengan warna bulu yang hitam, memiliki bercak putih di bagian pipi dengan besar yang lumayan serta melebar ke sisi bagian tengkuk burung serta hampir memiliki kemiripan seperti burung Gracupica Contra Sordida hanya saja perbedaannya adalah bagian pundak dan tengkuknya tidak memiliki motif yang terlalu bergaris mencolok.
  • Burung ini identik dengan warna dominan hitam dan putih yang menjadi salah satu ciri khususnya.
  • Burung ini juga memiliki ciri khas dengan bentuk sayap yang agak bulat dan cara terbang yang mirip dengan kupu-kupu.

Dan jika Anda mencari burung Jalak India untuk di tangkarkan maka carilah burung Jalak yang memiliki ciri pandangan mata yang tajam, postur tubuh yang tegap serta dengan gerakan yang cukup gesit dan juga lincah. Selain itu Anda juga bisa mencari burung Jalak jantan dengan gerakan yang cukup lincah, memiliki suara yang lantang atau keras, serta nafsu makan yang tinggi sehingga baik perkembangbiakannya ke depan nanti.

2. Jalak Suren Yunan

Di kenal dengan nama ilmiah Gracupica Contra Superciliaris, burung ini memiliki habitat di wilayah timur laut India, wilayah timur Myanmar dan wilayah barat daya China (Yunan). Merupakan burung yang menjadi simbol keindahan dan kecintaan para dewa dan dewi Yunani di mana para bangsawan memelihara jenis burung ini sebagai salah satu kebanggaan mereka.

Jalak Suren Yunan

Jalak Suren Yunan

Ciri Fisik Jalak Suren Yunan

Burung Jalak Suren Yunan memiliki ciri fisik yang sangat khas yaitu :

  • Warna bulu kepala yang sebagian hitam dan sebagian putih, bagian atas mata atau bagian alis memiliki bulu yang berwarna putih serta bercak bulu putih di bagian pipi yang tidak terlalu besar namun melebar hingga ke sisi bagian tengkuk adalah beberapa ciri khas yang bisa di amati dari burung yang mirip dengan Gracupica Contra Floweri ini. Hanya saja burung Gracupica Contra Floweri memiliki
  • ciri lain yaitu bulu putih yang berada di atas kepala dengan jumlah yang lebih banyak.
  • Perilaku burung ini juga sangat agresif dan sangat tangkas, hal ini lebih dikarenakan burung Jalak Yunan yang ada di pasaran adalah burung Jalak Yunan hasil tangkapan dari hutan bukan hasil penangkaran. Tentu dari jenis, kualitas dan perilaku akan sangat menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan mengingat hampir mayoritas burung Jalak lokal yang ada di pasaran adalah burung Jalak hasil penangkaran.
  • Perlu anda ketahui Nama Superciliaris di ambil dari warna putih pada bulu di atas kepala yang terlihat memanjang.

3. Jalak Suren Jawa

Dan burung jenis Jalak Suren yang terakhir adalah jenis Suren Jawa yang di anggap sebagai salah satu burung Jalak yang memiliki kualitas yang terbaik di antara berbagai jenis burung Jalak lainnya. Burung yang memiliki nama Latin Gracupica Contra Jalla ini akan lebih banyak di temukan di wilayah Jawa, Sumatra dan Bali.

Jalak Suren Jawa

Jalak Suren Jawa

Untuk menyediakan rumah atau kandang bagi burung Jalak jenis Suren Anda perlu untuk menyediakan tempat yang sesuai atau seperti habitat aslinya. Burung ini akan menyukai tempat bertengger dengan bentuk yang meninggi seperti dengan adanya tanaman yang tinggi, memiliki dahan atau cabang yang lumayan banyak serta berdaun yang lebat. Tempat yang tinggi dan besar akan sangat bermanfaat sebagai tempat untuk perkawinan serta berkembang biak yang terbaik untuk burung jenis ini.

Ciri Jalak Suren Jawa

Burung ini memiliki ciri khas sebagai berikut :

  • dengan bulu di atas kepala yang berwarna hitam, dan bulu di sekitar mata berwarna orange
  • dan ciri yang terakhir adalah di mana bercak di sekitar pipi burung yang umumnya berwarna putih terlihat lebih sedikit ketimbang warna putih yang di miliki jenis burung Jalak lainnya.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa burung jenis Jalak Suren ini menjadi salah satu burung kicau yang cukup di favoritkan dan banyak di cari pencinta burung yang ada. Namun sayangnya karena ulah para pemburu burung yang menjadikannya alat untuk meraup keuntungan pribadi semata membuat populasi burung di alam liar ini kain hari kian mencemaskan. Kita melihat bahwa jumlah burung ini setiap harinya semakin berkurang meskipun sudah ada peraturan khusus terkait perlindungan terhadap jenis burung yang satu ini. Maka dari itu sudah mulai banyak di lakukan penangkaran untuk burung jenis Jalak yang di maksudkan untuk mengimbangi populasi antara burung Jalak hutan dengan burung Jalak tangkaran.

Di tambah lagi dengan kelebihan dan keistimewaan yang di miliki burung ini yaitu memiliki suara kicau yang sangat merdu dan juga jernih dan dapat menirukan berbagai suara burung lain. Tentu saja harga dari burung Jalak ini menjadi lebih mahal jika di bandingkan jenis jalak lain. Harga untuk burung Jalak jenis Suren Jawa yang merupakan burung Jalak jenis Suren yang terbaik mencapai kisaran Rp 600 sampai jutaan rupiah. Sedangkan untuk harga anakan burung Jalak mencapai ratusan ribu rupiah. Maka dari itu Anda harus memastikan bahwa Anda membeli burung Jalak di tempat yang terpercaya sehingga akan terhindar dari penipuan jenis burung Jalak yang di perjual belikan.

Harga Jalak Suren

Pastikan sebelum anda membeli burung jalak suren anda mengetahui kisaran harga jual burung jalak suren. karena seperti artikel yang sudah saya tulis sebelumnya mengenai harga jalak suren. Harga jalak suren cukup bervariasi dari ratusan hingga jutaan rupiah tergantung pada umur, usia, gacor tidaknya burung jalak suren tersebut dan juga isian burung jalak suren tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa membeli burung Jalak Suren dengan kualitas yang bagus dan terbaik.

  • Tempat terpercaya. Pastikan tempat Anda membeli burung Jalak jenis Suren tersebut adalah tempat penangkaran burung yang resmi dan bisa di percaya. Adanya kebijakan pemerintah mengenai perlindungan burung Jalak jenis Suren membuat adanya peraturan baru tentang jual beli burung Jalak bahwa penjual harus memiliki izin khusus untuk melakukan jual beli tersebut. Maka Anda harus memastikan bahwa penjual yang Anda tuju telah memiliki surat izin resmi untuk menjual burung Jalak sehingga Anda bisa terhindar dari berbagai penipuan dan kecurangan yang banyak terjadi saat jual beli burung.
  • Ketahui ciri khas. Beberapa jenis burung Jalak jenis Suren memiliki ciri khas yang menunjukkan bahwa burung tersebut adalah burung yang asli bukan yang hasil manipulasi. Banyak penjual burung yang tega melakukan manipulasi pada burung yang mereka jual hanya untuk mendapatkan keuntungan semata. Padahal jika kita bisa mengetahui ciri khas asli dari sebuah burung yang ingin kita beli maka kita benar-benar bisa mendapatkan jenis burung dengan kualitas asli yang terbaik.
  • Garansi. Anda juga bisa meminta garansi pada penjual untuk kualitas burung yang Anda beli. Jangan sampai Anda membeli burung Jalak jenis Suren yang ternyata sama sekali tak bisa berkicau hanya karena sudah dalam kondisi sakit atau stress yang berasal dari pemilik aslinya. Garansi ini umumnya ada di setiap penjual burung resmi untuk menjamin bahwa setiap burung Jalak Suren yang mereka perjual belikan memang benar-benar dalam kondisi sehat dan baik sehingga layak untuk di perjual belikan.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top