Hobi Burung

Inilah Murai Batu HItam, Burung Endemik yang Langka

Murai hitam – apa yang anda pikirkan jika mendengar sebutan murai hitam ? apakah anda membayangkan burung murai yang memiliki warna bulu hitam pekat seperti burung gagak ? ya benar sekali murai hitam memang benar adanya dan memiliki bulu hitam layaknya burung gagak. Burung Murai Hitam ini merupakan burung endemik yang berarti hanya terdapat di tempat tertentu saja. Murai hitam  atau biasa juga di sebut murai cebu ini hanya bisa di temukan di pulau cebu filipina.

Gambar murai hitam / murai cebu

Gambar murai hitam / murai cebu (sumber gambar : omkicau.com)

Secara fisik murai hitam ini cukup mirip dengan murai jawa hanya saja warna bulu yang dimilikinya berwarna hitam dari ujung kepala samapi ujung ekor. ukuran tubuhnya bisa dikatakan hampir sama dengan murai jawa / murai kalimantan yang agak kecil. panjang ekronya pun juga hampir sama denganmurai jawa maupun murai kalimantan.

Pakan / Makanan Murai HItam

makanan murai

Jangkrik pakan untuk murai batu

Baca Juga : Murai Ekor Panjang Lebih mahal dari Motor 150cc ?

Hampir sama dengan jenis burung murai lainnya.  Burung murai ini juga merupakan pemakan serangga di alam liar burung ini kerap memangsa seranga kecil seperti jangkrik, ulat dan serangga kecil lainnya.

Suara Murai HItam

Dari segi suara kicauan burung murai hitam juga bisa dikatakan cukup pandai menirukan suara burung lain. Hali ini bisa di buktikan setelah anda melihat / mendengar suara murai hitam di bawah ini :

Harga Murai Hitam

Sampai saat ini saya masih belum menemukan harga akurat dari jenis burung ini. hal ini di karenakan burung murai hitam termasuk dalam salah satu burung endemik yang dilindungi oleh pemerintah filipina. Sehingga sangat jarang orang yang menangkap, menjual ataupun memelihara burung ini.

Kesimpulan

murai hitam ini hanya bisa di temukan di pulau cebu, secara fisik burung ini mirip dengan murai jawa yang cenderung memiliki ukuran yang tidak terlalu besar hanya saja warna murai cebu dominan warna hitam mengkilat. perbedaan murai cebu jantan dan betina bisa di lihat dari warna bulunya. harga murai hitam masih belum di ketahui menginggat burung ini merupakan burung yang dilindungi.