Kolibri

Penjelasan Burung Kolibri Ciri Fisik, Karakter dan Suara Kicauannya

burung kolibri sepahraja

Burung Kolibri Salah satu burung yang paling banyak di incar oleh penggemar burung tentu saja adalah burung Kolibri. Memiliki suara dan karakter tubuh yang unik, burung ini mampu menjadi pusat perhatian siapa saja terlebih di tahun 2014 – 2016. Perlu anda ketahui jenis burung kolibri Berasal dari wilayah Amerika, burung ini banyak ditemukan dan besar di Amerika  Utara dan Amerika Selatan. Burung Kolibri memiliki tubuh kecil dengan panjang sekitar 6,4 cm. Jenis burung ini merupakan salah satu burung terkecil di dunia.

Kolibri juga dikenal sebagai burung yang memiliki suara indah. Keindahannya menyebabkan banyak pemburu menginginkannya. Hingga saat ini burung Kolibri liar semakin berkurang jumlahnya. Dari seluruh jenis burung Kolibri yang ada di dunia, banyak di antaranya yang tinggal di hutan Amazon. Jenisnya lebih dari 300 spesies. Di Indonesia jenis yang terkenal di antaranya adalah Kolibri Ninja, Kolibri Sepah Raja, Kolibri Kelapa/Manggar, dan Kolibri Wulung.

Burung Kolibri

burung kolibri ninja

burung kolibri ninja (sumber)

Selain memiliki suara yang indah, burung Kolibri juga dikenal sebagai burung yang sangat cepat dalam terbang. Kepakan burung Kolibri ini sangat cepat, sayapnya dapat mengepak sebanyak 15 hingga 80 kali dalam satu detik. Karena mobilitas dan gerakannya inilah burung Kolibri juga sangat membutuhkan energi yang banyak. Makanan dari burung kecil ini adalah nektar atau madu pada bunga. Serangga kecil juga termasuk makanan yang sering dimakan oleh burung ini.

Biasanya burung Kolibri merupakan burung semi fighter yang sangat mempertahankan wilayah teritorialnya, terutama saat sedang berburu makanan. Mereka akan bertengger didahan pohon yang tinggi sambil mengawasi dan akan menyerang penyusup yang berani masuk ke wilayah kekuasaan mereka. Burung ini memiliki kebiasaan unik yaitu membuat sarang yang terikat seperti sarang laba-laba yang berhiaskan lumut kerak serta lumut daun.

Makanan Burung Kolibri

madu untuk kolibri

madu sebagai salah satu makanan untuk kolibri (sumber)

Kolibri adalah burung yang terbang dengan cepat, butuh tenaga ekstra untuk melakukan hal tersebut. Oleh karena itu, burung Kolibri sangat membutuhkan asupan makanan yang memiliki kalori tinggi seperti nektar atau sari bunga. Paruhnya yang kecil dan panjang mampu menghisap keluar madu pada bunga. Makanan lain yang bisa dijadikan alternatif adalah ulat dan kroto. Bagi Anda yang ingin memeliharanya, Anda juga bisa memberikan susu kental manis untuk multi vitamin tambahan burung Kolibri ini.

Suara Kicauan Kolibri

Burung ini dahulu kurang diminati, namun ternyata sekarang banyak sekali dicari karena memiliki suara yang tak kalah indah dengan burung yang lain. Kolibri mampu menghasilkan suara yang lantang dan juga merdu. Suaranya kerap kali menjadi isian burung seperti Pleci, Anis Merah, Anis Kembang, Kacer dan jenis burung lain. Banyak Kolibri yang ditemui saat perlombaan gantangan di berbagai daerah. Silahkan dengan suara burung kolibri di bawah ini di bawah ini.

Video Kolibri PIlihan

Burung Kolibri berkicau dengan suara yang lantang dan juga jelas, menjadikannya salah satu burung favorit yang banyak dilombakan. Jenis burung ini juga memiliki suara yang merdu. Beberapa spesies yang terkenal memiliki kemampuan tinggi dalam berkicau di antaranya adalah Jenis Kolibri Ninja, Manggar, Muncang, dan Sepah Raja. Selain kepiawaiannya dalam berkicau, ada beragam variasi suara yang dihasilkan oleh burung Kolibri dari jenis-jenis tersebut yang akan membuat Anda terpukau. berikut contoh dari salah satu jenis burung kolibri yang saya rasa cukup layak untuk anda tonton :


 

Kumpulan Gambar Kolibri

Burung Kolibri terkenal akan keindahannya yaitu memiliki bulu yang berwarna-warni dan sangat menarik. Dari mulai yang berwarna merah, ungu, hijau zaitun, dan abu-abu. Perpaduan warna tersebut menjadikannya salah satu burung dengan bulu yang cantik. Selain keindahan bulunya yang mencolok dan postur kecil namun sangat mantap, warna paruh dan kakinya yang gelap sangat kontras dengan warna bulunya yang cerah.

burung kolibri sepahraja

burung kolibri sepahraja (sumber : birdsgallery.net)

burung kolibri manggar

burung kolibri manggar (sumber : firso paris – tbparis.com)

Baca Juga : Seputar Burung Pancawarna Ciri Fisik, Karakter dan Suara Kicauannya

Selain burung Kolibri Anda juga pasti akan sangat terpukau dengan keindahan burung murai batu. Bentuk badannya yang panjang dan proporsi yang sangat proporsional sehingga urung murai batu terlihat begitu atletis. Warnanya pun sangat indah dengan paduan warna hitam mengkilap dan akan terlihat semburat biru saat memantulkan cahaya. Burung ini tampak cantik dengan highlight warna kuning di bagian perut serta warna putih di bagian belakang.

Kisaran Harga

Burung Kolibri dihargai cukup tinggi karena suaranya yang indah dan memiliki potensi untuk menjadi burung yang pantas diperlombakan. Selain itu, bagi pencinta burung kualitas bulu dan warna dari Kolibri ini sangat beragam serta indah, pantaslah Kolibri ini memiliki harga yang tinggi. pada umumnya harga burung kolibri di pasaran cukup beragam, untuk burung bakalan bisanya dijual dengan kisaran harga Rp. 100.000 sampai Rp 200.000 tergantung dari jenisnya. untuk burung yang sudah jadi bisa dihargai sampai Rp. 1.500.000 sesuai dengan jenis dan kualitas suaranya.untuk informasi lengkap seputar harga burung anda bisa membacanya pada halaman ini.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top
Inline
Inline