Seputar Burung Pancawarna Ciri Fisik, Karakter dan Suara Kicauannya

Burung Pancawarna adalah salah satu jenis burung yang hidup di wilayah Indonesia. Jenis burung ini dikenal sebagai burung master untuk beberapa jenis burung seperti Murai Batu, Cucak Hijau, dan Kacer. Burung ini terlihat sangat indah sesuai dengan namanya. Hal ini dikarenakan burung ini memiliki beberapa variasi warna yang menarik dan juga indah, sehingga menjadikan burung ini sebagai salah satu incaran para pencinta burung. Selain itu, kemampuan burung ini dalam berkicau tak perlu Anda ragukan.

Populasi burung Pancawarna hingga saat ini terus menurun diakibatkan oleh banyaknya penebangan liar di wilayah hutan. Selain itu perburuan liar juga menyebabkan keberadaan burung Pancawarna sangat terbatas. Jika dilihat dari tampilan fisiknya burung Pancawarna betina dan jantan dapat dibedakan dari warnanya. Burung Pancawarna jantan memiliki warna bulu yang cerah serta mengkilap dengan pangkal ekor merah. Sedangkan burung Pancawarna betina warnanya kusam dan pucat.

Burung Pancawarna

burung pancawarna

burung pancawarna betina (sumber @wikimedia.org Mae wong)

Burung Pancawarna memiliki habitat asli dihutan, ia memakan buah serta biji-bijian. Tak hanya itu burung ini juga mampu memakan serangga dan juga larva saat tak menemukan sumber makanan lain. Biasanya burung Pancawarna hidup berkelompok dengan jumlah satu koloni mencapai sekitar 30 ekor pada saat musim kawin tiba. Mereka juga biasa berburu makanan dengan terbang berkelompok dengan burung lainnya.

Burung Pancawarna merupakan salah satu burung yang dapat berbaur dan bersosialisasi dengan baik dengan burung lain. Dengan berburu bersama dengan berbagai kelompok burung, mereka tak memiliki teritorial khusus dalam mencari makanan. Saat musim kawin tiba, burung ini akan membuat sarang yang berbentuk mangkuk yang terbuat dari ranting-ranting kecil. Biasanya musim kawin terjadi saat bulan November hingga bulan Agustus. Sarang yang dibuatnya membutuhkan waktu sekitar 4 hari pembuatan.

Makanan Pancawarna

Makanan  utama Pancawarna adalah berbagai jenis serangga kecil seperti jangkrik, ulat, kutu, kumbang, belalang, dan laba-laba. Selain itu, mereka juga bisa memakan berbagai jenis buah-buahan dan biji-bijian kecil. Bagi Anda yang tertarik untuk memelihara burung Pancawarna ini Anda dapat menambahkan beberapa makanan tambahan sehingga burung ini tak kekurangan nutrisi. Dengan nutrisi yang baik kicauan burung ini akan semakin indah.

Suara Pancawarna

Suara burung ini pernah menjadi salah satu yang paling populer di kalangan pencinta burung. Meskipun saat ini banyak jenis burung yang mampu menghasilkan suara merdu, burung Pancawarna itu tak sepi peminat. Pancawarna sebenarnya tidak memiliki jenis variasi lagu seperti halnya jenis burung yang lain. Kicauannya hanya mampu menghasilkan sekitar 2 hingga 3 lagu saja secara berulang-ulang. Banyak yang menyebutkan bahwa suara kicauannya sangat monoton.  Silahkan dengan suara murai di bawah ini.

Video Pancawarna

Suara kicauan dari burung Pancawarna ini stabil dan juga lantang. Tak heran suaranya menjadi salah satu isian untuk berbagai jenis burung lain seperti Murai Batu, Kacer, dan Cucak Hijau. Namun yang menjadi kekurangan dari burung ini adalah variasi dari nada nyanyiannya yang tak begitu banyak. Hal ini menyebabkan kicauannya akan terasa sangat monoton. Terlepas dari hal tersebut, suara Pancawarna adalah salah satu kicauan dengan kualitas terbaik.


Kumpulan Foto Pancawarna

Keindahan fisik dari Pancawarna tak bisa diragukan lagi, dengan berbagai variasi dan perpaduan warna menjadikannya salah satu koleksi burung hias ataupun burung kicau terbaik. Bentuknya yang atletis pun menjadi daya tarik tersendiri. Anda mungkin akan sangat terpesona dengan bulu-bulu dari burung Pancawarna ini. Perawatan yang baik juga akan membuat tampilan burung Pancawarna ini semakin indah dan menarik. dan berikut ragam foto burung panca warna yang menarik untuk dilihat.

burung pancawarna (sumber flickr.com paulo link)

burung pancawarna (sumber flickr.com paulo link)

burung pancawarna JANTAN (sumber hbw.com by Mustafa Sozen)

Baca Juga : Seputar Burung Jalak Nias, Ciri Fisik, Makanan, dan Suara Kicauannya

Tak kalah dengan keindahan burung Pancawarna, burung Murai Batu juga secara fisik sangat menarik. Memiliki tampilan tegas dan atletis burung ini pantas menjadi salah satu burung peliharaan Anda. Warna dari burung Murai ini juga sangat menarik dengan didominasi warna hitam di bagian punggung dan kepala hingga ke bagian ekor. Pada bagian perut burung ini berwarna kekuningan. Bagian belakang dekat ekor berwarna putih.

Daftar Harga

Hal yang membuat burung Pancawarna ini memiliki harga yang lumayan tinggi adalah keindahan bulunya yang tak perlu Anda ragukan. Dengan lima variasi warna dan juga postur yang baik. Selain itu, kicauan burung Pancawarna ini masih menjadi daya tarik paling luar biasa. Dengan kisaran harga dari 200 ribu hingga jutaan rupiah. Tak kalah dengan Pancawarna, burung Murai Batu juga memiliki kisaran harga tinggi antara ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah perekornya.