Manyar

Seputar Burung Manyar Ciri-Ciri, Harga dan Suara Kicauannya

Jenis burung manyar

Burung Manyar merupakan salah satu burung yang memiliki habitat asli di hutan, rawa, hingga padang rumput. Ada beberapa jenis burung Manyar yang terkenal di Asia Tenggara, tiga di antaranya hidup di Indonesia yaitu Manyar Tempur, Manyar Jambul dan Manyar Emas. Burung ini memiliki keunikan tersendiri yaitu dapat membangun sarang hingga mencapai berat 1 ton. Sarang ini digunakan oleh burung Manyar jantan untuk menarik perhatian burung betina pada saat akan kawin.

Fisik Manyar muda dapat dibedakan dari warna paruh yang cokelat hingga berwarna kehitaman. Pada bagian kepala, warna bulu burung Manyar ini terlihat seperti semburat warna kekuningan. Bulu pada bagian punggung didominasi oleh warna hitam. Pada bagian dada bulunya akan nampak berwarna kekuningan. Bentuk tubuh jantan biasanya lebih besar dibandingkan dengan tubuh betina. Sedangkan suara yang dikeluarkan pun memiliki ciri khas dibandingkan dengan burung lain.

Burung Manyar

Jenis burung manyar

Jenis burung manyar

Burung Manyar hidup berkelompok dan memiliki sifat gotong-royong yang tinggi khususnya untuk membangun sarang dicabang pohon. Ada sekitar 300 pasangan yang dapat tinggal dalam satu koloni. Makanan utama burung Manyar adalah biji-bijian dan serangga kecil. Mereka biasanya berburu makanan di antara semak-semak dan juga akasia bersuri. Burung ini juga sangat protektif terhadap keluarga dan kawanannya.

Manyar dikenal sebagai burung yang pekerja keras. Mereka akan menjalin rumput kecil menjadi sarang yang aman untuk ditempati keluarganya. Umumnya burung Manyar hanya istirahat sebentar yaitu sekitar 1 jam sehari. Sisanya mereka akan terus menenun sarangnya hingga siap untuk ditinggali. Burung Manyar dikenal sebagai burung penenun yang mampu membuat sarang dengan indah. Pada sarang tersebut terdapat pintu jebakan agar para predator tertipu.

sarang burung manyar

sarang burung manyar

Makanan Manyar

Makanan dari burung Manyar terdiri atas biji-bijian yang biasa ditemukan diwilayah pedesaan yang masih memiliki lahan pertanian yang luas dan juga hutan-hutan. Manyar juga terkadang memakan serangga-serangga kecil yang bisa mereka temukan sebagai pengganti biji-bijian. Jika Anda ingin memelihara burung Manyar, ada baiknya juga menambahkan extra food sebagai tambahan agar burung Manyar dapat tumbuh sehat dan berkicau dengan baik.

Kicauan Manyar

Mungkin masih banyak yang memandang sebelah mata kemampuan burung Manyar ini dalam berkicau. Tapi Anda jangan salah, burung ini jika dilatih dan diberikan nutrisi yang tepat suaranya sangat menjanjikan. Tak akan kalah dengan suara burung sekelas Kenari, Mozambik, ataupun Blackthroat. Burung ini juga dikenal dengan kemampuannya menyanyikan nada dengan sangat merdu, yang membuat banyak orang mulai tertarik untuk memeliharanya. Silahkan dengan suara murai di bawah ini.

Video Manyar

Suara burung Manyar ini sangat nyaring dan juga indah. Namun perlu perawatan yang tepat agar burung Manyar dapat berbunyi dengan baik. Pemasteran burung Manyar ini harus disesuaikan dengan burung yang cocok agar suara yang dikeluarkan juga indah. Misalnya menggunakan suara burung Gelatik Wongko, Ciblek, Kenari ataupun Prenjak. Keindahan kicauan burung Manyar ini juga sangat potensial untuk diikutsertakan dalam perlombaan.

Kumpulan Foto Manyar

Keindahan burung Manyar ini tak kalah dengan keindahan suaranya. Memiliki tubuh atletis dan juga berwarna indah burung ini sangat pantas menjadi peliharaan terbaik Anda. Burung ini sangat lincah, sifatnya yang ulet dan pekerja keras membuatnya terkesan tak bisa diam dikandang. Ini salah satu kelebihan tersendiri dari burung Manyar.

burung manyar emas jantan

burung manyar emas jantan (sumber Photo@ Swiss W)

Burung manyar tempua

Burung manyar tempua (sumber gambar : wikipedia.org)

Baca Juga : Seputar burung kolibri lengkap

Burung lain yang tak kalah hebatnya adalah burung Manyar batu yang memiliki karakteristik fisik atletis. Warna yang cantik dan terkesan tegas dengan di dominasi warna hitam pada bagian punggung dan warna kekuningan pada bagian perut.

Harga Burung Manyar

Harga burung Manyar dikenal sebagai salah satu burung dengan harga yang lumayan mahal. Hal ini dikarenakan kualitas fisik dan suara burung Manyar sangat baik. Memiliki suara indah dan bulu yang bagus menjadikan burung ini diminati oleh kicaumania. Selain itu, burung ini juga semakin langka, proses pembudidayaannya pun tak sesederhana yang dibayangkan. berdasarkan informasi dari olx dan jualoharga burung manyar anakan / muda berkisar di angka Rp 25.000 sampai RP 50.000 sedangkan untuk manyar yang sudah dewasa / jadi kisaran harganya antara Rp 100.000 hingga Rp 300.000.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top