Seputar Burung Kenari Lengkap mulai dari jenis, harga sampai suara kicauannya

Burung Kenari sudah cukup banyak jenis kenari yang ada di indonesia seperti burung kenari yorkshire, Kenari norwich, kenari roller, kenari spanish timbrado, kenari waterslanger dan jenis kenari lainnya. Burung ini cukup diminati karena warnanya yang menarik dan cerah. Selain itu, kemampuan berkicau menjadi nilai tambah tersendiri sehingga burung ini bisa memiliki harga yang tinggi. Berbagai jenis Kenari hasil persilangan bisa membentuk spesies baru yang lebih menarik.

Kita tentu pernah menonton film Silvester and Tweety yang legendaris. Karakter Tweety merupakan citra dari burung Kenari yang telah lama populer di dunia. Burung mungil ini tidak hanya populer di Indonesia, namun juga sangat terkenal di dunia internasional.

Asal burung ini dari kepulauan Canaria yang terbentang di sekitar Afrika. Persebaran burung ini dibantu oleh perdagangan antar benua yang terjadi ratusan tahun silam. Hingga saat ini, burung Kenari telah tersebar di berbagai belahan dunia dan memiliki beragam jenis yang berbeda.

Kenari mulai diperdagangkan dan dikembangkan pada 1478. Burung ini juga memiliki berbagai jenis yang cukup populer. Jenis Kenari yang ada meliputi Kenari Holand, Norwich, Yorkshire, Gloster, dan jenis Kenari lain. Setiap jenis akan memiliki corak dan keunggulan berbeda, serta rate harga yang juga berbeda.

Burung Kenari

Burung kenari

Burung kenari

Kenari merupakan tipe burung kicau yang sangat berisik dan rajin berkicau. Namun dengan latihan yang tepat, maka suara kicau bisa dinikmati dengan baik. Dengan latihan sekedarnya saja suara Kenari sudah bisa dinikmati karena keindahan dan kemampuan burung secara alami. Sedangkan dengan latihan  maksimal tentu suara bisa optimal.

Burung ini memiliki tipe petarung yang sangat memiliki kecenderungan bersaing. Untuk itu, bila kita sandingkan dengan burung lain, maka Kenari akan beraksi lebih aktif. Dengan sifat yang dimiliki ini, mental burung Kenari terkenal kuat hingga mudah untuk diadu dalam hal suara.

Ada cukup banyak kenari yang ada di indonesia semua sudah kami rangkum sebelumnya di halaman 7 jenis kenari yang populer di indonesia. di halaman tersebut sudah kami lengkapi dengan gambar burung kenari.

Ragam Pakan untuk Kenari

Pakan campuran untuk kenari

Pakan campuran untuk kenari

Pada habitat alami, burung ini biasa makan biji-bijian, buah, dan serangga. (jarang) Apabila kita tangkarkan atau jinakkan, kita bisa memberi makanan dengan variasi tersebut. untuk memudahkan pembaca berikut beberapa pakan yang sering diberikan untuk burung kenari :

Biji-bijian untuk kenari

  • Canary seed / biji kenari
  • Milet
  • BIji sawi
  • Biji lobak
  • biji bunga matahari

Makanan Tambahan

  • Sawi
  • Telur puyuh
  • Gambas / oyong
  • Mentimun
  • Jagung Muda
  • Buah Apel
  • Buah Pir
  • Bayam

Dari sekian banyak biji-bijian yang ada pada umumnya kenari mania hanya memberikan canary seed sebagai makanan pokok untuk burung kenari. Pemberian makanan yang bervariasi sebagai pendamping makanan pabrikan akan membuat kesehatan burung Kenari bisa terjaga.

Untuk pemberian makanan pada Kenari, sangat disarankan untuk tidak dicampur. Beragam makanan yang diberikan pada waktu yang sama akan mengganggu pencernaan burung Kenari. Selain itu, pembatasan waktu makan juga sangat dianjurkan agar burung bisa lebih sehat.

Suara Kicauan Burung Kenari

Dari segi durasi, kicauan Kenari memang luar biasa panjang dan konsisten. Untuk memberi warna pada kicauan, kita bisa memperdengarkan isian suara burung. Dengan kelakuan yang agresif, maka Kenari akan memiliki kecenderungan untuk pamer kekuatan dan keunggulan.

Kita bisa menggunakan perangkat audio yang mumpuni agar bisa menghasilkan suara yang mantap. Dengan demikian, Kenari akan terpicu untuk ngoceh dengan lebih semangat. Silahkan dengan suara murai di bawah ini untuk masteran hingga Kenari bisa lebih lihai ketika ngoceh.

Video Burung Kenari Pilihan

Untuk mengamati kondisi burung, kita bisa melihat video sebagai pembanding. Burung Kenari yang sehat akan terlihat lincah dengan gerakan yang mantap. Mata burung akan memancarkan cahaya dan terlihat tajam menandakan burung dalam mood yang baik.

Dengan memperbanyak referensi, maka kemampuan kita untuk merawat burung Kenari akan meningkat. Kita juga bisa sharing pengetahuan yang kita miliki hingga perkembangan Kenari penggemar lain akan bisa dengan pesat memperbaiki pengetahuan yang ada saat ini. Dan berikut video kenari pilihan dari hobi burung yang saya rasa cukup bagus untuk dilihat.

Burung Kenari yang memiliki kualitas prima akan tampak pada postur secara fisik. Kenari akan terlihat gagah dan manis disaat bersamaan. Kilauan bulu yang cemerlang menandakan burung dalam kondisi sehat dan cukup secara nurtisi.

Beragam jenis Kenari akan menampakkan keindahan dan kekhasan corak yang dimiliki. Selain suara, corak atau motif bulu juga akan menentukan kualitas burung itu sendiri. Kita bisa membandingkan harga burung dengan corak yang ada hingga bisa lebih jelas.

Kisaran Harga Kenari

Apabila ditinjau dari ukuran burung tersebut, kenari merupakan jenis aves yang memiliki nilai jual tinggi. hal ini karena permintaan terus meningkat baik dari dalam maupun luar negeri. Setiap jenis burung Kenari akan memiliki range harga yang berbeda antara satu dan lainnya.

Burung Kacer

Burung Pleci

Burung murai jawa

Untuk burung Kenari jantan akan memiliki harga yang lebih tinggi daripada betina. Bagi Anda yang berniat membiakkan, maka akan lebih menguntungkan. Harga Kenari jenis Yorkshire cukup tinggi dan stabil. Di pasaran saat ini kisaran harga dipatok pada 4,5 juta hingga 10 juta sesuai dengan kualitas. sedangkan untuk kenari lokal super memiliki harga yang berkisar antara 90 ribuan sampai 400 ribuan. untuk lebih informasi lebih lengkap seputar harga burung anda bisa melihatnya di halaman berikut Harga burung lengkap.

Sumber Gambar dan referensi :

http://img.21food.com/img/product/2013/3/19/placias-18000470.gif

http://www.rojasbirds.com/photos/NIROC-Winners-and-Oth/5409126585_0c75fe8eac.jpg

https://i.ytimg.com/vi/Y4i_KmHKvT4/maxresdefault.jpg

youtube.com/watch?v=FxnCghGUrM4