Lainnya

6 Burung Endemik Tercantik Yang Ada Di Pulau Jawa, Pecinta Burung Harus Tahu

Burung Endemik merupakan burung asli dari Negara tertentu, di Indonesia sendiri juga ada banyak burung endemik yang sangat beragam dan bahkan terkenal sampai ke negeri seberang. Salah satu jenis burung endemik yang ada di Indonesia adalah burung Cendrawasih, jenis burung yang satu ini memang sudah sangat terkenal dan familiar diantara para pecinta burung karena tampilannya yang sangat memukau.

Namun tahukah Anda bahwa selain burung Cendrawasih, di Pulau Jawa juga ada banyak jenis burung endemik yang tidak kalah cantiknya dengan burung Cendrawasih. Burung apa sajakah itu? Silahkan disimak artikelnya sampai habis.

6 BURUNG TERCANTIK KHAS PULAU JAWA

Burung Gelatik Jawa

Burung Gelatik Jawa (source: bnsullivanphoto)

Ukuran bukanlah tolak ukur sebuah kecantikan, hal ini terbukti ketika kita melihat burung Gelatik Jawa. Meski memiliki ukuran yang kecil, namun burung yang satu ini memiliki bulu warna yang unik. Seluruh permukaan pada burung Gelatik Jawa ini berwarna abu-abu, putih, dan juga perak, namun tekstur bulu yang sangat rapat dan halus menjadikan kombinasi warna pada tubuh burung sangat indah. Pada bagian kepalanya berwarna merah, bagian pipinya berwarna putih dengan balutan paruh berwarna merah muda.

 

Burung Ekek Geling Jawa

Burung Ekek Geling Jawa (source: http://paradoxusik.livejournal.com)

Burung yang satu ini memiliki bulu dengan kombinasi warna yang menarik, seperti biru, cokelat, dan juga warna hijau tosca (lebih dominan). Pada bagian leher burung Ekek Geling Jawa ini terdapat warna kemerahan atau hijau, sedangkan bagian paruhnya sendiri berwarna merah. Pada bagian kaki burung, didominasi dengan warna biru dan juga merah.

 

Burung Luntur Jawa

Burung Luntur Jawa (source: pagiberkicau.com)

Burung dengan ekor panjang ini memang sangat menarik mata, meski ukuran tubuhnya hanya sekitar 34 cm namun balutan warna hijau pada bagian atas tubuhnya membuatnya terlihat mencolok. Jika dilihat dari kejauhan, bulu atas burung tersebut terlihat berwarna biru mengkilap.  Pada bagian iris matanya sendiri cenderung berwarna cokelat dengan lingkaran berwarna biru, paruh burung berwarna merah muda hingga cokelat.

 

Burung Trulek Jawa

Burung Trulek Jawa (source: keajaibanindonesia.web.id)

Burung Unik nan cantik ini memiliki kaki yang panjang berwarna kuning kehijau-hijauan, bulunya sendiri berwarna cokelat keabu-abuan dengan balutan paruh runcing berwarna serupa. Menurut penulis sendiri, burung yang satu ini terbilang unik namun sayangnya burung endemik jawa yang satu ini belum diketahui keberadaannya sampai saat ini.

 

Burung Paok Pancawarna

Burung Paok Pancawarna (source: orientalbirdimages.org)

Paok Pancawarna memiliki bulu tubuh dengan corak keemasan, pada bagian kepala burung berwarna hitam sedangkan alisnya sendiri berwarna kuning cerah. Pada bagian sayapnya didominasi bulu dengan warna cokelat bergaris putih, untuk karakter ekornya sendiri berbentuk lurus, tipis, dan membiru.

 

Burung Cekakak Jawa

Burung Cekakak Jawa (source: peburungamatir)

Ukuran tubuhnya sendiri sekitar 25 cm, pada bagian perut dan punggung didominasi bulu dengan warna ungu. Pada bagian sayapnya berwarna hitam denga bulu terbang yang berwarna kebiruan. Saat masih muda, warna bulu pada bagian leher yakni kecokelatan, setelah remaja warnanya berubah menjadi putih.

8 Jenis burung dengan ekor panjang

8 Jenis burung yang sudah punah

Ke-5 burung Endemik yang ada di Pulau Jawa ini terancam kepunahan, terutama untuk burung Ekek Jawa yang sering menjadi incaran pemburu liar. Bukan hanya itu saja, burung Trulek Jawa yang sampai saat ini juga tidak diketahui keberadaannya. Oleh karenanya, sebagai masyarakat yang baik terutama bagi pecinta dunia burung, agar kita bisa menjaga dan melestarikan ekosistem yang kita cintai ini. Bukan hanya pada dunia burung saja, namun juga untuk dunia hewan lainnya dan juga tumbuhan.

1 Comment

1 Comment

  1. Tanto

    Agustus 1, 2017 at 12:30 pm

    Mantap emang artikel di hobi burung lanjutkan mas admin

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top