8 Jenis Burung Dengan Ekor Super Panjang

Jenis Burung Dengan Ekor Panjang – Selain burung murai batu ternyata di belahan dunia ini terdapat cukup banyak burung yang memiliki ekor yang super panjang mulai dari 25 cm hingga lebih dari 40 cm, seperti burung Merak india, Lady Amherst’s Pheasant, Sakabula, Long-tailed Paradise, Resplendent Quetzal, Astrapia Ekor-pita, Pin-Tailed Whydah, Murai Batu dan juga masih banyak jenis burung lain yang memiliki ekor super panjang.

Keindahan burung memang tidak hanya terletak pada suara kicauannya saja, akan tetapi juga pada warna, dan bulu yang dimilikinyasalah satu daya tarik burung yang cukup menonjol adalah warna dan ekor yang dimilikinya seperti keindahan pada burung merak maupun burung cendrawasih. bisa anda bayangkan bagaimana bentuk burung jika tidak memiliki ekor dan mungkin anda akan merasa seperti ada yang kurang, bukan begitu ?

Baca juga : 6 Jenis Burung Murai Batu Lengkap dengan Motif Ekornya

pada kesempatan kali ini kita akan share beberapa jenis burung yang memiliki ekor yang super panjang. burung yang memiliki ekor panjang memang akan terlihat lebih gagah dan menarik kita ambil contoh burung murai batu yang dimana semakin panjang ekor yang dimilikinya biasanya harganya juga akan semakin tinggi, selain burung murai batu ada juga burung Pin-Tailed Whydah yang ekornya bisa lebih dari 20cm, ada juga burung  Long-tailed Paradise yang memiliki ekor lebih panjang.  Dan berikut daftar lengkap burung yang memiliki ekor super panjang yang perlu anda ketahui :

Burung Ekor Panjang

1. Merak india

Burung Ekor Panjang Merak

Burung Ekor Panjang Merak

untuk burung merak biru / merak india berdasarkan informasi dari wikipedia panjang tubuhnya dapat mencapai sekitar 2 meter lebih, dengan ukuran tubuh yang lumayan besar burung merak india juga memiliki ekor yang bisa dikatakan sangat panjang, selain panjang motif bulu pada ekor burung merak ini juga sangat indah bahkan bulu ekor merak yang sudah lepas bisa di jual dengan harga yang cukup menarik.

2. Lady Amherst’s Pheasant

burung ekor panjang Lady Amherst’s Pheasant

burung ekor panjang Lady Amherst’s Pheasant

yang kedua adalah burung Lady Amherst’s Pheasant menurut informasi yang terpercaya panjang ekor burung ini bisa lebih dari 80 cm akan tetapi pada umumnya yang memiliki ekor panjang hanyalah burung yang berjenis kelamin jantan. burung ini kalau tidak salah berasala dari china (tiongkok) di bagian barat daya dan juga bisa ditemukan di burma.

3. Sakabula (The Long-tailed Widowbird)

burung ekor panjang Long-tailed Widowbird

burung ekor panjang Long-tailed Widowbird

burung yang di dominasi oleh warna hitam pekat ini merupakan burung yang berasal dari benua afrika, burung sakabula ini bisa memiliki ekor dengan panjang 3 kali dari panjang badan yang dimilikinya,  sakbula jantan bisa memiliki ekor dengan panjang sekitar 50 cm, dan menurut penelitian burung sakabula betina akan memilih burung sakabula jantan yang memiliki ekor panjang.

4. Long-tailed Paradise

Burung Ekor Panjang Long-tailed Paradise

Burung Ekor Panjang Long-tailed Paradise

yang keempat adalah burung Long-tailed Paradise yang bisa memiliki ekor sepanjang 36 cm, warna burung ini juga didominasi oleh warna hitam mulai dari kepala sampai ekor, sedangkan pada bagian tubuh dan sebagian lehernya memiliki warna lain.

5. Resplendent Quetzal

burung ekor panjang Resplendent Quetzal

burung ekor panjang Resplendent Quetzal

tidak kalah dengan burung lainnya burung Resplendent Quetzal ini juga memiliki ekor yang sangat panjang. bulu burung Resplendent Quetzal di dominasi oleh warna hijau mengkilap dari kepala hinga ujung ekornya, kecuali pada bagian ujung sayap dan dadanya. panjang ekor dari burung Resplendent Quetzal jantan bisa mencapai lebih dari 66 cm.

6. Ribbon-tailed Astrapia

burung ekor panjang Ribbon-tailed Astrapia

burung ekor panjang Ribbon-tailed Astrapia

yang ke enam adalah burung Ribbon-tailed Astrapia yang memiliki panjang ekor lebih dari 90 cm. burung Ribbon-tailed Astrapia dapat ditemukan di bagian barat pegunungan papua nugini. cukup menarik bukan ?

8. Burung Murai Batu

Burung ekor panjang Murai Batu (sumber : DDS)

Para kicau mania di indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis burung yang satu ini, burung murai batu memang dikenal bisa memiliki panjang ekor lebih dari 30 cm akan tetapi tidak semua burung murai batu bisa memiliki ekor yang sangat panjang ada juga burung murai batu yang panjang ekornya hanya mentok di kisaran 17 cm, sedangkan murai batu yang punya ekor panjang pada umumnya di sebut dengan murai medan, murai malaysia, murai singapur dan juga murai tahiland.