Inilah 8 Burung yang sudah Punah / tidak bisa ditemukan di alam Liarnya

Burung yang sudah punah memang cukup banyak sebabnya, mulai dari dikarenakan penyakit, hama sampai perburuan besar-besaran yang mengakibatkan populasi burung di alam liar yang berkurang drastis yang mengakibatkan kepunahan pada spesies tertentu. selain hal tersebut kepunahan hewan juga bisa di sebabkan karena lamanya masa yang dibuthkan dalam fase perkembangbiakan mulai dari kawin hingga mempunyai keturunan.

saat ini di dunia mulai dari ujung barat sampai timur sudah cukup banyak hewan yang masuk dalam daftar PUNAH yang mungkin kita hanya bisa melihat foto / gambar burung yang telah punah tersebut. di indonesia sendiri berdasarkan data yang saya peroleh dari burung.org saat ini ada sekitar 22 jenis burung di indonesia yang masuk dalam kategori Critically Endangered / Terancam punah seperti : Ibis karau, Elang flores, Trulek jawa, Dara-laut cina, Merpati-hutan perak, Enggang gading, Udang-merah sangihe, dan masih banyak lagi.

mungkin anda masih kurang familiar dengan jenis-jenis burung yang terancam punah di atas, untuk informasi lebih detailnya mengenai jenis burung di atas anda bisa melakukan pencarian di google.

8 Burung Yang Sudah Punah

Kembali lagi ke topik utama mengenai 10 Burung yang sudah punah. punah sendiri dalam kamus besar bahasa indonesia berarti habis semua hingga tidak ada sisanya. dan semoga saja satwa di indonesia tidak termasuk kedalam daftar burung yang sudah punah terutama untuk jenis burung murai batu dan burung Kacer dan di hobiburung kali ini kami sudah merangkum 10 jenis burung yang sudah punah dan berikut daftar lengkapnya :

Burung Emu Tasmania

Emu tasmania

Emu tasmania (sumber)

Sesuai dengan namanya burung ini memang memiliki habitat asli di pulau tasmania (Australia). burung ini di perkirakan punah pada pertengahan abad ke 19 akan tetapi sampai sekarang belum ditemukan alasan kenapa burung ini bisa punah.

Burung Merpati Penumpang

Merpati Penumpang

Merpati Penumpang (sumber)

Burung Merpati Penumpang memiliki habitat asli di amerika serikat dan diperkirakan punah pada abad ke 19. menurut sumber terpercaya burung ini punah di karenakan perburuan besar besaran yang kemudian di jadikan sebagai makanan selain itu punahnya burung ini juga di akibatkan oleh mulai hilangnya habitat burung ini.

Burung Parkit Carolina

Parkit carolina

Parkit carolina (© Ryan Somma /Wikimedia Commons)

burung parkit ini di kabarkan punah pada tahun 1904, burung yang berasal dari amerika serikat bagian timur ini kalau dilihat dari gambar di atas memang memiliki warna yang cukup menarik. salah satu penyebab mengapa burung ini bisa punah adalah perburan yang dilakukan untuk mendapatkan buunya selain itu burung ini dikabarkan juga cukup mudah untuk di tangkap. kemudian asumsi kedua kenapa burung ini bisa punah adalah habitat aslinya yang sudah mulai menyempit.

Burung Mandar Merah

Red Rail mandar merah

Red Rail mandar merah (© after George Hoefnagel wikipedia)

tidak banyak informasi yang bisa saya dapatkan dari jenis burung ini. akan tetapi deiketahu burung ini punah sekitar tahun 1700, burung ini dikabarkan memiliki habitat asli di pulau maurititus.

Burung Grebe Alaotra

Grebe Alaotra

Grebe Alaotra (sumber)

jika dilihat sepintas burung ini memang agak mirip bebek, akan tetapi grebe alotra ini memiliki ciri khas warna merah bata yang terdapat di lehernya. burung yang memiliki habitat asli di danau alotra madagaskarini secara resmi sudah dinyatakan punah pada tahun 2010 kemarin

Burung Pelatuk Paruh Gading

Burung Punah Pelatuk Paruh Gading

Burung Punah Pelatuk Paruh Gading (sumber)

Pelatuk paruh gading / dalam bahasa inggris disebut dengan Ivory-billed woodpecker. burung ini berdasarkan informasi dari wikipedia masuk dalam pertimbangan punah pada tahun 1920. salah satu penyebab kenapa burung ini bisa punah adalah perburuan ang dilakukan oleh para kolektor yang dilakukan pada akhir tahun1800 an.

Burung Moa Raksasa

moa raksasa

moa raksasa (Sumber)

menurit informasi yang saya dapatkan dari wikipedia burung ini memiliki tinggi sekitar 3 m dan berat 300kg burung terbesar di dunia ini memiliki habitat asli di selandia baru. dan di kabarkan punah pada tahun 1500.

Burung Pelatuk Raja

Pelatuk raja

Pelatuk Raja (sumber)

Pelatuk raja atau dalam bahasa inggris disebut juga dengan Imperial woodpecker ini merupakan burung pelatuk yang memiliki ukuran paling besar jika di bandingkan dengan jenis pelatuk lain. berdasarkan informasi dari wikipedia burung ini memiliki ukuran sekitar 60 cm dan bisa jadi menjadi burung pelatuk terbesar (jika tidak punah).

Penyebab Burung Punah

seperti yang sudah saya katakan di awal artikel cukup banyak alasan kenapa suatu burung bisa punah salah satu penyebabnya adalah perburuan yang dilakuakn secara besar-besaran tanpa mempedulikan jumlah keberadaan hewan. jika praktik ini terus-terusan di lakukan bukan tidak mungkin semua hewan yang kita tehaui saat ini bisa punah jika tidak ada upaya untuk mencegahnya. di indonesia seiring dengan bertambah banyaknya kicaumania perburuan burung di alam pun juga semakin tinggi sebagai contoh burung pleci ataupun burung prenjak yang dalam beberapa tahun terakhir mulai di buru oleh yang katanya pecinta burung.